4 Cara Mudah Convert apk menjadi exe

Sebelum kita membahas mengenai cara convert apk ke exe, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dari kedua format berkas tersebut. Format apk merupakan ekstensi aplikasi yang sering digunakan untuk ponsel pintar. Ketika Anda mengunduh aplikasi tertentu, maka aplikasi tersebut akan masuk ke dalam kapasitas penyimpanan ponsel pintar dalam format apk. Di sisi lain, exe merupakan ekstensi dari software yang digunakan pada komputer. Untuk menjalankan aplikasi apk di komputer, tentunya Anda perlu merubah dulu formatnya menjadi exe.

Bagaimanakah Cara Convert apk ke exe

 

Hal ini sangat disayangkan karena tidak ada cara convert apk ke exe. Baik aplikasi untuk ponsel pintar maupun software untuk merubah aplikasi dengan format apk menjadi exe. Hal sebaliknya juga tidak memungkinkan untuk dilakukan. Meskipun demikian, hal ini bukan berarti Anda tidak dapat menjalankan aplikasi dengan format apk dengan menggunakan komputer. Untuk melakukan hal ini, Anda memerlukan emulator. Berikut ini adalah empat jenis emulator yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan aplikasi ponsel pintar di komputer.

1 ) BlueStacks

cara convert apk ke exe 1

Pilihan utama untuk menjalankan aplikasi ponsel pintar di komputer adalah dengan menggunakan BlueStacks. Jenis emulator yang satu ini mampu menangani berbagai jenis aplikasi untuk ponsel pintar. Anda hanya perlu mengunduhnya dari situs resminya saja. Setelah proses installasi berhasil, Anda akan seolah-olah memiliki ponsel pintar di komputer Anda. Tentunya Anda perlu menggunakan kursor untuk berinteraksi dengan emulator ini. Satu-satunya kelemahan yang dimiliki BlueStack adalah RAM yang diperlukan. Untuk menjalankan aplikasi ponsel pintar, emulator ini memerlukan RAM dari 1 hingga 2 GB.

2 ) YouWave

cara convert apk ke exe 2

Karena tidak ada cara convert apk ke exe, beberapa orang lebih memilih menginstal emulator di komputer mereka untuk menjalankan berkas apk. Emulator YouWave tergolong sebagai emulator yang cukup baik dalam melakukan tugasnya menjalankan berkas dengan format apk. Selain performanya yang mulus, emulator ini juga memiliki proses instalasi yang cenderung lebih mudah. Kelemahan utamanya adalah tidak dapat menjalankan permainan tertentu dan beberapa media sosial. Selain itu, versi Android yang digunakan masih Ice Cream Sandwich.

3 ) Android SDK

cara convert apk ke exe 3

Emulator andalan lain adalah Android SDK. Emulator yang satu ini merupakan perangkat lunak bagi para programmer. Kegunaan utamanya adalah untuk melakukan pengujian terhadap aplikasi ponsel pintar dengan ekstensi apk. Bisa dibilang bahwa aplikasi ini dapat menjalankan aplikasi tersebut secara professional. Aplikasi tersebut dapat dijalankan dengan lancar dari komputer. Sayangnya, proses instalasinya terbilang rumit. Karena diperuntukkan bagi programmer, pengguna pada umumnya akan mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

4 ) Droid4X

cara convert apk ke exe 4

Meskipun tidak ada cara convert apk ke exe, Anda dapat menggunakan emulator terakhir ini. Emulator bernama Droid4X ini dapat diunduh secara langsung dari situs resminya. Secara umum, performa dari emulator ini cukup baik. Proses instalasinya juga cenderung sederhana. Terlebih lagi, aplikasi Google Play Store sudah terpasang dalam emulator ini. Meskipun dikategorikan sebagai emulator yang masih baru, emulator ini sudah memiliki tampilan pengguna dan sistem kendali yang cukup baik. Karena masih baru, tentunya ada beberapa bug minor yang ditemukan. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena emulator ini cukup mumpuni.

Beberapa orang terkadang salah memahami format apk dan exe. Mereka berpikir bahwa diperlukan cara convert apk ke exe agar aplikasi ponsel pintar dapat dijalankan di komputer. Tentunya proses konversi tidak dapat dilakukan karena kedua format tersebut menggunakan sistem yang berbeda. Solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan emulator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *