Perbandingan antara AMD dan intel dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya

Untuk Anda pengguna laptop atau PC, tentu sudah tidak asing lagi dengan dua processor yang paling banyak digunakan yakni AMD dan Intel Core. Nah, kedua processor ini jelas tidak sama dan punya keunggulan serta kekurangan masing-masing. Kali ini, perbandingan antara AMD dan Intel akan diulas secara lebih mendetail. Tentu penting bagi Anda untuk mengetahui hasil perbandingan diantara keduanya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda ketika harus menentukan pilihan.

Perbandingan Antara AMD dan Intel: Performa

perbandingan antara amd dan intel 1

 

AMD merupakan singkatan dari Advance Micro Device dan merupakan kompetitor terkuat bagi Intel Core besutan Microsoft. Kalau soal pamor, Intel memang menjadi pemenangnya namun AMD juga terus berinovasi dan mengeluarkan sejumlah produk baru secara terus-menerus. Kecanggihan teknologi diantara keduanya juga tidak terpaut jauh. Maka, tidak salah jika keduanya bersaing ketat dalam penjualan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Salah jika  Anda masih beranggapan bahwa AMD adalah processor yang lebih cepat panas sebab dalam beberapa tahun terakhir, AMD sudah menyematkan teknologi terbaru untuk mengatasi permasalahan unit yang cenderung cepat menjadi panas. Hasilnya adalah processor yang sekelas dengan Intel buatan Microsoft. Mari kita simak penjelasan mengenai perbandingan antara AMD dan Intel.

Kelebihan Intel

perbandingan antara amd dan intel 2

Sebagai awalan dari pembahasan lebih lanjut mengenai perbandingan antara AMD dan Intel, adalah membahas soal kelebihan Intel terlebih dahulu yang diantaranya adalah:

  • Mampu mengatur sendiri suhunya. Jika menjadi terlalu panas, maka secara otomatis prosesornya akan mengurangi laju kerjanya menjadi lebih lambat
  • Intel lebih kuat dalam aplikasi multimedia dibandingkan dengan prosesor lain
  • Intel menggunakan teknologi heatsink yang menyebabkan kinerja prosesor tidak berisik dan tidak perlu menggunakan pendingin aktif tambahan seperti kipas
  • Popularitas Intel lebih unggul dibandingkan dengan prosesor lain termasuk AMD

Kelebihan AMD

perbandingan antara amd dan intel 3

Ulasan mengenai perbandingan antara AMD dan Intel beralih pada AMD dan keunggulannya yakni:

  • Tangguh ketika menjalankan aplikasi dengan basis 64-bit
  • AMD lebih unggul dibandingkan dengan Intel dalam urusan grafis
  • AMD mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan prosesor lain termasuk Intel
  • Mempunyai sistem yang disebut dengan Enhanced Virus Protecion Teknologi yang berfungsi untuk mendeteksi virus secara otomatis. Ketika virus terdeteksi, maka secara otomatis pula tidak akan diproses.

Kekurangan Intel

Tentu tiap prosesor juga punya kekurangan termasuk prosesor Intel. Berikut adalah sejumlah kekurangan dari prosesor ini.

  • Lemah dalam urusan grafis dibandingkan dengan AMD
  • Harga lebih mahal apalagi jika Anda menginginkan prosesor dengan spesifikasi yang lebih unggul
  • Membutuhkan biaya perbaikan yang cukup banyak apabila terjadi kerusakan. Hal ini dikarenakan motherboard dan prosesor menjadi satu.

Kekurangan AMD

Seperti halnya Intel, AMD juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • AMD kalah popularitas jika dibandingkan dengan Intel sehingga kurang dikenal oleh masyarakat kecuali mereka yang memang mengetahui banyak hal tentang prosesor
  • Tidak semua game compatible dengan prosesor ini. Sehingga, bagi Anda yang gemar bermain game, pastikan terlebih dahulu bahwa game pilihan Anda dapat dimainkan di laptop dengan prosesor AMD
  • Beberapa tahun lalu, prosesor AMD memang dikenal sebagai prosesor yang mudah panas. Namun hal ini tidak lagi terjadi sebab kini AMD sudah dilengkapi dengan teknologi ice cooler untuk menjaga suhu agar tetap stabil

Perbandingan antara AMD dan Intel memang cukup kompetitif maka tidak heran jika keduanya kini bersaing ketat dan mampu menorehkan hasil penjualan yang cukup seimbang. Nah, sekarang tergantung kebutuhan Anda untuk menentukan prosesor mana yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *