5 Perangkat untuk Akses Nirkabel

Jaringan nirkabel atau yang juga disebut sebagai wireless network berkaitan dengan sistem komunikasi antar komputer tanpa perlu menggunakan kabel. Jaringan ini seringkali dipakai untuk komputer pada jarak yang dekat hingga untuk jaringan jarak jauh. Ada beberapa jenis perangkat untuk akses nirkabel yang bisa Anda pilih. Untuk jaringannya sendiri yang cukup populer dalam nirkabel adalah wireless LAN serta WiFi. Mengingat semakin berkembangnya dunia internet seperti sekarang ini, akses jaringan nirkabel menjadi kebutuhan banyak orang karena ia memiliki manfaat untuk membantu berbagai aktivitas agar lebih mudah. Apa saja perangkat yang bisa digunakan? Simak penjelasan mengenai perangkat untuk akses nirkabel berikut ini.

Perangkat untuk Akses Nirkabel sesuai Jenis Koneksinya

Koneksi ADSL dan Dial Up: modem dan splitter

Perangkat untuk akses nirkabel 1

Perangkat untuk akses nirkabel yang pertama adalah dengan menggunakan koneksi ADSL dan Dial Up. Jaringan internet bisa diakses oleh komputer menggunakan jalur telepon di rumah atau kantor Anda yang disebut sebagai Dial Up conncetion. Adapun perangkat yang dibutuhkan adalah berupa modem dan splitter. Modem atau modulator demodulator adalah perangkat yang bisa mengubah data analog menjadi digital maupun sebaliknya. Ada modem internal dan eksternal yang bisa Anda pakai untuk keperluan ini. Sedangkah splitter merupakan alat yang bisa memisahkan frekuensi tinggi dan rendah, yaitu data dan voice.

Koneksi GPRS, HSDPA, dan 3G: modem USB, kabel data dan Bluetooth

Perangkat untuk akses nirkabel 2

Akses menggunakan jaringan tersebut memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan jaringan internet dengan komputer. Ia membutuhkan telepon selular dengan sim card dan modem GPRS built-in yang ada di dalamnya. Perangkat untuk akses nirkabel ini juga memerlukan kabel data, Bluetooth, atau sinar infrared agar bisa menghubungkan komputer dengan telepon genggam. Untuk perangkat keras yang digunakan adalah modem USB serta kabel data dan Bluetooth. Modem USB ini akan menangkap sinyal radio dari BTS operator telepon seluler. Untuk kabel data dan Bluetooth, keduanya mampu menangkap atau meneruskan sinyal data internet.

Koneksi jaringan WiFi: card WiFi

Perangkat untuk akses nirkabel 3

WiFi atau wireless fidelity adalah jaringan nirkabel yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi tinggi agar bisa mengirimkan data. Untuk keperluan WiFi ini, ada pula perangkat tambahan lainnya. Adalah card WiFi yang dipakai untuk membuat koneksi PC tersambung ke internet. Card WiFi akan menangkap sinyal WiFi dari radio WiFi atau access point.

Koneksi jaringa LAN: LAN card

Perangkat untuk akses nirkabel 4

Perangkat untuk akses nirkabel yang lain adalah menggunakan jaringan LAN atau local area network. Untuk membuat komputer bisa tersambung ke komputer server LAN, Anda perlu melengkapi perangkat tambahan yang diperlukan, yaitu berupa LAN card. Ia akan menerima data yang ditransfer lewat konektor RJ-45 dan kabel UTP. Kemudian ia diproses lalu diteruskan menuju CPU komputer Anda.

Koneksi jaringan satelit V-SAT: antena satelit, modem satelit, konektor RJ-45 dan kabel UTP, LAN card

Perangkat untuk akses nirkabel 5

Akses internet menggunakan jaringan satelit berbeda dengan akses lewat jaringan lainnya. Anda perlu menyediakan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk jaringan ini. Sementara itu, perangkat keras yang dibutuhkan dalam hal ini adalah berupa antena satelit, modem satelit, konektor RJ-45 dan kabel UTP, dan LAN card. Antena memiliki fungsi memancarkan serta menerima gelombang radio RF. Dalam komunikasi V-SAT, jenis antena yang digunakan berupa solid dish berbentuk parabola. Untuk modem satelit, ia mampu memodulasikan sinyal dari informasi digital menuju sinyal analog dan sebaliknya.

Perangkat untuk akses nirkabel tersebut berbeda-beda sesuai dengan jenis koneksi yang dipakai. Dengan adanya perangkat akses nirkabel di atas, Anda bisa memilih hendak memakai jenis koneksi yang mana lalu disesuaikan dengan perangkat yang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *