5 Serangan cyber terbesar yang menghebohkan dunia

Serangan cyber terbesar di dunia – Baru-baru ini dunia di hebohkan oleh serangan virus malware bernama ransomware wannacrypt yang sudah menelan banyak korban. Ransomware yang sudah merajalela berhasil menganggu sistem-sistem di perusahaan, Beberapa SPBU di china mengklaim bahwa sistem pembayaran digital mereka telah di ganggu oleh ransomware, kemudian stasiun kereta api yang berada di jerman juga tidak luput dari serangan, lalu russia yang dikenal dengan para hackernya ini juga di ganggu institusi perbankannya yang hingga sampai saat ini tidak diketahui sumbernya. Tidak terkecuali indonesia, beberapa rumah sakit juga di ganggu sistem pelayananya, bahkan dari kabar yang beredar si penyebar virus ransomware meminta tebusan jika ingin sistem mereka bisa kembali seperti semula.

Nah pada artikel kali ini admin akan mengulas kejadian atau fenomena semula yang mengegerkan dunia, yang mungkin dapat mengingatkan anda bahwa betapa berbahayanya serangan malware dan diharapkan kita semua bisa melakukan antisipasi sesuai anjuran institusi terpercaya dalam hal ini adalah institusi pemerintahan seperti kominfo. Berikut adalah serangan cyber terbesar di dunia.

5 Serangan cyber terbesar di dunia

1 ) Titan Rain

Serangan cyber terbesar di dunia 1

Yang pertama adalah serangan malware Titan rain dalam kasus ini china diduga kuat adalah pihak yang bertanggung jawab atas serangan cyber yang bertujuan untuk memata-matai negara lain khususnya amerika serikat. Kasus ini muncul pada tahun 2003, China telah dilaporkan melakukan serangan cyber besar-besaran terhadap amerika serikat yang berlangsung selama 3 tahun yang telah memasuki institusi-institusi di negeri paman sam tersebut.

Tidak tanggung-tanggung serangan yang dideteksi asalnya dari beberapa daerah di china ini telah mentargetkan serangannya ke NASA, Lockheed Martin, dan Sandia National Laboratories. Dan selain AS, operasi Titan Rain dilaporkan juga menyasar negara lain, seperti Inggris.

2 ) Stuxnet

Serangan cyber terbesar di dunia 2

Tahun 2010 adalah tahun yang mengegerkan bagi fasilitas nuklir di iran. Virus ini terdeteksi ketika adalah salah satu orang dari staff mendapatkan akses yang lama dan perlahan sistemnya membuat perubahan secara diam-diam dan perlahan. Dikatakan bahwa virus yang menghebohkan iran ini adalah virus yang sangat canggih dan sulit untuk di deteksi.

Pada awalnya pihak iran menganggap stuxnet adalah gangguan worm biasa yang cukup canggih, namun perlahan mereka menemukan sebuah polararisasi yang mentargetkan sistem khusus bernama “supervisory control and data acquisition” (SCADA)

3 ) Serangan Cyber crime ke NASA

Serangan cyber terbesar di dunia 3

Pada tahun 2002 nama pria Gary McKinnon yang pada waktu itu berusia 51 tahun menghebohkan Amerika khususnya NASA. Gary McKinnon pria asal inggris ini melakukan serangan cyber yang di klaim sebagai sebagai pembajakan komputer militer terbesar sepanjang masa. Hacker yang melaksanakan serangannya dari rumah pacarnya ini meretas 97 komputer milik NASA san juga militer AS, yang berlangsung selama 13 bulan.

Kejahatan cyber yang dilakukan oleh Gary McKinnon di antara lain adalah menghapus file yang sangat penting dan menon-aktifkan 2000 komputer selama 24 jam, bahkan hacker berpengalaman ini mengatakan bahwa sistem keamanan cyber milik NASA dan militer AS seperti sampah alias sangat payah. McKinnon juga diduga telah melakukan pengkloningan data dan password ke file pribadinya. Sampai sekarang kasus Gary McKinnon belum usai.

4 ) Estonia

Serangan cyber terbesar di dunia 4

27 April 2007 adalah hari-hari yang kelam bagi sistem pertahanan estonia yang berhasil dilumpuhkan oleh serangan malware, Serangan ini menyrang institusi yang sangat penting seperti parlemen, bank, kementerian, sampai media massa. Banyak pengamat menduga bahwa serangan malware ini dilakukan oleh profesional dan didukung oleh negara, dalam hal ini rusia dituding sebagai yang melakukan kejahatan cyber ke estonia. Pasalnya serangan ini sangat tesistematis dan di klaim sebagai serangan cyber terbesar di dunia yang pernah ada.

Dan pada awal tahun 2012, seorang hacker beretnis Rusia dihukum di Estonia. Dmitri Galushkevic adalah hacker pertama yang dihukum karena melancarkan serangan tersebut.

5 ) Flame

Serangan cyber terbesar di dunia 5

Serangan cyber terbesar di dunia yang kelima adalah untuk kesekian kalinya iran mendapatkan serangan cyber yang sangat canggih, yang diduga virus turunan dari stuxnet. Virus flame juga di duga sebagai malware paling perkasa saat itu. Iran mengklaim bahwa sektor minyak mereka diserang.

Penelitian mengatakan bahwa keamanan menyebutkan flame sejatinya disponsori oleh suatu negara. Analisis di Symantec menemukan virus kompleks tersebut menggunakan mesin ‘honeypot’ dan memperhitungkan ‘suicide code’ yang mereka kirimkan akan menghapus semua jejak keberadaan Flame pada komputer yang terinfeksi.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *