7 Tips Gratis Memilih Web Hosting (Advanced Tips)

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang tips memilih web hosting, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu web hosting. Web hosting adalah layanan jasa penyewaan yang ada di internet sebagai tempat untuk menyimpan file ataupun script. Layanan ini memungkinkan seseorang ataupun suatu organisasi untuk menampilkan produknya di dalam situs internet.

Web hosting ini juga bisa berarti tempat untuk menyimpan data yang berupa terabytes(tb) hingga megabytes (mb) yang terkoneksi ke internet sehingga data yang disimpan dapat diakses oleh pengguna dari manapun dan kapanpun. Hal inilah yang menyebabkan website dapat diakses secara bersama-sama dalam satu waktu oleh banyak pengguna.

Pada dasarnya, server pada web hosting juga menggunakan komputer biasa, namun komputer untuk server web hosting lebih istimewa karena dilengkapi dengan beberapa komponen yang memungkinkan untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, komputer server untuk web hosting ini juga harus bisa online selama 24 jam setiap hari tanpa dimatikan ataupun direfresh. Nah, setelah mengenal tentang web hosting berikut beberapa tips untuk memilihnya.

Tips Memilih Web Hosting Aman dan Kredibel

Tips memilih web hosting 2

1 ) Perhatikan jumlah client

Tips memilih web hosting yang pertama adalah perhatikan jumlah client. Jumlah client bisa mengindikasikan kualitas dari web hosting yang akan Anda pilih. Terlebih jika hosting provider yang akan Anda pilih memiliki client dari situs ternama. Hal tersebut bisa menjadi jaminan bahwa hosting yang Anda pilih merupakan hosting yang berkualitas.

2 ) Perhatikan spesifikasi dan kecepatan server

Kestabilan website akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang digunakan oleh server. Minimum spesifikasi yang harusnya dimiliki oleh server adalah Quad Processor dengan RAM minimal 8 GB, tergantung besarnya jumlah client.

3 ) Perhatikan lokasi server

tips memilih web hosting selanjutnya yang juga harus Anda perhatikan adalah lokasi server. Pasalnya lokasi server juga sangat berpengaruh pada kestabilan website. Karena itu sebelum memilih hosting Anda juga harus menentukan penggunaa Jika sasaran Anda adalah penggunaan dalam negeri maka server yang berlokasi di Indonesia akan sangat membantu.

4 ) Memastikan bandwith

Pastikan bandwith server yang disediakan memadai. Jangan sampai website Anda mengalami masalah di tengah penggunaannya karena ketersediaan hosting yang terbatas.

5 ) Pastikan space hosting yang diberikan memadai

Tentukan space hosting yang Anda inginkan sangatlah penting. Jangan sampai Anda mendapatkan server hosting yang menawarkan harga murah namun dengan space hosting yang sangat terbatas. Hal itu akan sangat merepotkan Anda sebagai pemilik website.

6 ) perhatikan dalam memilih web hosting adalah uptime

Salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah hosting adalah waktu saat server tetap berjalan dan terus online. Sebaiknya Anda memilih hosting yang memberikan layanan uptime hingga 99,5%.

7 ) Perhatikan harga

Tips memilih web hosting terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam memilih web hosting sudah pasti harganya. Jangan sampai Anda tertipu oleh penyedia yang menawarkan harga yang murah namun dengan kredibilitas yang tidak jelas. Anda juga tidak boleh tertipu dengan hosting berharga mahal namun pelayanan yang akan Anda dapatkan tidak sebanding.

Beberapa tips memilih web hosting di atas bisa jadi pertimbangan sebelum Anda memilih web hosting. Yang paling penting adalah cermat dalam memilih. Pastikan setiap layanan yang akan Anda dapatkan sesuai, apalagi jika Anda memilih hosting dengan harga yang mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *