Belajar dari Rhein Mahatma, Cara membuat Blog/website yang sukses

Untuk membangun sebuah blog yang bagus kita membutuhkan strategi jitu agar konten-konten yang berada di website dapat dijangkau dan dilihat oleh banyak orang, dengan begitu konten yang kita buat dapat dibilang berhasil dan produktif. Dengan Blog/website yang sukses kita mampu menghasilkan uang atau mengembangkan bisnis digital.

Salah satu pembisnis digital atau juga bisa kita sebut sebagai master of start-up yakni Rhein Mahatma membagikan tips dan cara membuat blog yang sukses bagi para pemula yang ingin segera menjalankan bisnis digital. Menurutnya ada 10 kiat-kiat yang harus anda lakukan jika ingin membangun sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis digital melalui blog/web.

Dan pada ulasan kali ini admin akan memberikan 10 cara membuat blog yang sukses untuk kebutuhan bisnis digital langsung dari ahlinya Rhein Mahatma.

10 Cara membuat Blog/website yang sukses

cara membuat blog yang sukses 1

1 ) Menyasar kepada 2 target sekaligus

Pertama untuk manusia, dalam membuat konten bayangkanlah seperti anda sedang membuat buku best seller yang di jual di toko terkenal seperti Gramedia, Yang katanya kalo buku best seller itu bisa terjual minimal 3000 buku ke atas. Dan bayangkan juga ketika membuat konten bahwa buku ini akan dibawa ke tempat tidur, dan dibaca sebelum tidur.

Kedua untuk mesin pencari, yakni wajib mengandung kata kunci yang anda target.

2 ) Memberikan solusi kepada pembaca anda

Membantu memecahkan masalah penting yang sedang di alami oleh visitor atau pembaca anda, dengan begini memungkinkan anda dapat mengubah hidup banyak orang melalui konten yang dibuat, dan juga membantu orang lain menjadi sukses.

3 ) Selalu memiliki target(goal) dalam membuat konten yang terbaik di industri/bidang yang anda geluti.

Agar konten ada bisa terus berkembang dan improfe dengan progresif, anda bisa menggunakan konsep 70 20 10, apa itu? 70% konten basic/how to/kebutuhan dasar (jenis konten yang biasanya akan membentuk branding anda). 20% konten yang sedikit mengambil risiko (yang potentially menjadi the next 70%) 10% konten high risk yang sama sekali baru.

4 ) tetap Konsisten

5 ) Selalu temukan chanel-chanel terbaru, dan apabila anda mendapatkan chanel yang belum saturated, lalu bersegeralah naikkan budget anda di chanel tersebut. 

6 ) Melalukan kerjasama untuk building brand

Di kemudian hari nantinya brand yang anda buat bisa mempunyai valuasi yang besar. Pada dasarnya blog yang bukan personal brand (nama-anda.com) bisa lebih gampang untuk membangun kerjasama atau partnership, selain itu juga lebih mudah untuk mendorong UGC (user generated content).

7 ) Jangan dibiasakan membuat jaringan dengan yang itu-itu saja

Cara membuat blog yang sukses selanjutnya adalah Sebisa mungkin jangan terlalu membuat networking yang hanya itu-itu saja atau istilahnya nge-gank, seperti membuat meetup atau menulis konten yang hanya melibatkan/menulis tentang segelintir pelaku industry saja.

8 ) Selalu mencari dan meng-exploit / meng-close gap di industry dengan konten Anda (bahasa lain : memecahkan masalah)

9 ) Selalu mem-benchmark pada orang-orang di atas anda.

Misalnya jika saat ini sudah punya cukup banyak uang dengan bekerja 3-4 jam sehari, cari tahu kenapa & bagaimana caranya ada beberapa orang yang bekerja 16 jam sehari dan memiliki perusahaan dengan nilai triliunan dalam 3 tahun.

(note : tips ini hanya cocok untuk yang ingin change the world. Tidak cocok untuk yang ingin hidup santai banyak uang).

10 ) Pahami banyak bisnis media/digital

Pahami berbagai macam bisnis model media (blog itu media kan?) termasuk kenapa beberapa media diakuisisi. kenapa Amex mengakuisisi OpenForum? kenapa News Corp (Rupert Murdoch) mengakuisisi VCCircle di India? kenapa BuzzFeed diinvest Andressen Horowitz? kenapa TechCrunch diakuisisi AOL?

Dan demikian adalah 10 Cara membuat blog yang sukses dari seorang master of start-up business Rhein Mahatma, yang bisa kita semua jadikan referensi dan pelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *