Cara Install WordPress di Hosting Idwebhost

Anda yang sering mencari informasi di search engine pasti banyak menemukan blog-blog wordpress. WordPress memang salah satu penyedia layanan pembuatan blog secara gratis yang cukup populer di berbagai kalangan karena kemudahan pembuatannya. Pembangunan wordpress menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Selain populer sebagai pemberi blog gratis, WordPress juga populer aplikasi open source.

WordPress juga bisa ditampilkan pada hosting idwebhost dengan cara yang mudah melalui Softaculous. Softaculous adalah fitur yang dihadirkan oleh Idwebhost dalam bentuk auto-installer. Tercatat, fitur ini mampu menginstall lebih dari 250 CMS di Hosting Idwebhost dan salah satunya adalah wordpress. Berikut cara install wordpress di Hosting Idwebhost melalui fitur Softaculous.

Cara Install WordPress di Hosting Idwebhost Melalui Fitur Softaculous

cara install wordpress di Hosting Idwebhost 1

 

1 ) Masuk akun cpanel

Cara install wordpress di hosting Idwebhost yang pertama adalah dengan masuk ke akun cpanel Anda. Pertama, buka cpanel dengan mengetik: domainanda.com/cpanel. Setelah berhasil mengakses cpanel, kunjungi http://member.idwebhost.com untuk mengetahui login dan password Anda. Cara lainnya adalah dengan mengecek login dan password di email yang terdaftar. Kemudian, Anda bisa mencari menu Softaculous dan mengkliknya. Terakhir, pilih menu CMS WordPress dari banyaknya aplikasi CMS lain yang bisa diinstal pada cpanel Anda dengan menggunakan fitur Softaculous.

2 ) Pilih menu install pada CMS WordPress

Cara install wordpress di hosting Idwebhost yang kedua adalah dengan memilih menu install pada CMS WordPress. Anda bisa melakukan proses instalasi langsung dengan mengklik “install”. Selain install, terdapat dua menu lainnya yang bisa dipilih yaitu overview dan demo. Jika memilih overview, Anda akan diberikan informasi mengenai CMS WordPress. Sedangkan, jika memilih demo, Anda bisa menemukan contoh tampilan wordpress agar lebih mantap lagi untuk melakukan proses penginstallan wordpress.

3 ) Isi informasi akun

Cara install wordpress di hosting Idwebhost yang ketiga adalah dengan mengisi informasi terkait akun. Pertama, Anda harus menghapus tulisan “WP” yang terdapat di kolom “IN DIRECTORY”. Kedua, Anda bisa mengisi kolom login sesuai keinginan. Ketiga, Anda juga harus memasukkan password yang mudah diingat sesuai ide Anda.  Keempat,  Anda harus memasukkan alamat email yang aktif di kolom Admin Email. Jangan sampai lupa semua informasi akun yang sudah Anda masukkan diatas.

4 ) Proses instalasi

Cara install wordpress yang keempat adalah dengan melakukan proses instalasi. Jika semua informasi akun Anda sudah selesai dimasukkan dan sudah sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa langsung melakukan proses penginstallan. Untuk memulai proses penginstallan ini, Anda cukup mengklik tombol “install” yang terletak di bagian paling bawah halaman. Setelah muncul diagram instalasi, itu artinya proses penginstallan Anda sudah benar. Tunggu hingga proses penginstallan selesai dan ditandai dengan diagram yang sudah penuh.

5 ) Masuk ke dashboard admin

Cara install wordpress yang selanjutnya adalah dengan masuk ke dashboard admin.  Tunggu hingga proses penginstallan telah selesai dan langsung menuju ke dashboard admin Anda.  Cara masuk ke dashboard admin yang telah Anda buat sebelumnya adalah dengan mengetik www.domainanda.com/wp-login.php  atau bisa juga mengetik www.domainanda.com/wp-admin  di mesin pencari. Jika sudah berhasil masuk ke akun dashboard admin Anda, Anda bisa langsung melakukan berbagai aktivitas seperti editing, pengubahan tema, posting artikel dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara install wordpress di hosting Idwebhost dengan memanfaatkan fitur Softaculous. Secara garis besar, cara penginstallan dengan softaculous tergolong mudah dan cepat. Namun, jika Anda terus mengalami kendala selama proses penginstallan, Anda bisa mengontak Idwebhost melalui email di [email protected]. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi baru di dunia SEO.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *