Cara Membuat Backlink Berkualitas dan Aman

Terdapat banyak cara membuat backlink berkualitas. Sebenarnya apa fungsi dari backlink ini? Begitu besarkah hingga banyak pengguna blogger yang banyak mencari tentang hal ini. Backlink memiliki keunggulan yang banyak terutama bagi pemilik website. Manfaat yang akan diperoleh diantaranya menaikkan peringkat di Alexa rank, membuat blog semakin populer, dan trafik website pun meningkat. Bisa dikatakan, backlink ini memiliki fungsi yang baik bagi keberadaan website. Para blogger dan pengguna website yang ingin menaikkan trafik maupun popularitasnya, tak ada salahnya mencoba cara ini.

Cara Membuat Backlink Berkualitas Tanpa Ribet

cara membuat backlink berkualitas 1

1 ) Guest blogger

Para blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia penulisan pasti telah menegnal istilah ini. Penulis tamu atau guest blogger adalah seseorang yang artikelnya berada di sebuah blog miliki orang lain dengan sepengetahuannya. Para guest blogger biasanya meletakkan artikelnya di website yang telah terkenal atau cukup populer. Kini telah banyak blog yang menawarkan jasa penerbitan. Anda yang tertarik menjadi guest blogger bisa mencari website-website tersebut.  Tentu hanya dengan kemauan saja tak cukup. Artikel yang dikirimkan haruslah yang berbobot dan lolos copyscape. Cara membuat backlink berkualitas dengan cara ini cukup mudah. Sebab menjadi penulis tamu di sebuah web akan otomatis memberikan link ke alamat website pribadi Anda.

2 ) Blogwalking

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak makna dari istilah ini. Ya, blogwalking adalah jalan-jalan ke blog lain. Jalan-jalan di sini maksudnya adalah mengunjungi dan memberikan jejak pada website tersebut baik berupa like maupun komentar. Blogwalking bisa menjadi cara alternatif mendapatkan backlink. Jadi, setelah Anda membaca postingan pada blog yang dikunjungi, berikan komentar positif dan jangan lupa untuk meninggalkan alamat website Anda.

Hindari memberi komentar menyerupai spam seperti “nice article” atau “pertamax”. Lebih baik berikan komentar yang positif dan membangun yang ada hubungannya dengan konten artikel. Jangan hanya berkomentar tanpa membaca, pahamilah artikel yang dibaca. Cara membuat backlink berkualitas dengan blogwalking cukup mudah, bukan?

3 ) Anchor Text

Ingin buat backlink tapi tak ingin repot? Anda bisa memakai cara ini. Cara ini tak rumit karena hanya terfokus pada blog Anda. Anchor text ini sangat mudah dalam proses pembuatannya. Meskipun demikian, perlu trik jitu agar anchor text ini menarik sehingga dapat membuat backlink secara tidak langsung. Saat akan memberikan link dari artikel yang satu ke artikel selanjutnya, buatlah internal linking menggunakan keyword yang menarik.

Hindari memakai internal linking seperti “klik di sini” atau “selanjutnya”. Jadi, fokuslah pada artikel yang dibuat dengan membuat internal linking yang tepat dan sesuai dengan artikel selanjutnya. Anchor text pada web sendiri merupakan salah satu cara membuat backlink berkualitas. Jika bingung memilih keyword yang sesuai, judul atau subjudul artikel selanjutnya bisa dijadikan salah satu pathokan. Ambil beberapa kata penting dari judul tersebut dan olahlah menjadi keyword unik untuk dijadikan ke artikel selanjutnya.

Itulah tiga cara membuat backlink yang bisa Anda lakukan. Backlink ini sangat penting kegunaannya terutama bagi para pemilik blog baru yang baru aktif dan ingin mempopulerkan websitenya. Cara membuat backlink berkualitas sebenarnya ada banyak, namun ketiga cara di atas relatif yang termudah dan tak memerlukan banyak waktu. Strategi menggunakan backlink ini cepat atau lambat akan membuat trafik web meningkat. Tak heran jika pengunjung pun lebih bersemangat melihat blog Anda. Bagaimana? Sudah memutuskan cara untuk membuat backlink?

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *