Tips Memilih Nama Domain Website

Domain
Domain

Pada postingan ini kita akan membahas tips memilih nama domain website yang tepat, tahukah anda bahwa nama Domain adalah cerminan dan kesan pertama web anda apabila dilihat oleh orang lain. Karena domain merupakan hal pertama yang dilihat setiap pelanggan mengakses internet, dimana ia harus melihat kesan yang tepat, dan karakteristik profesional yang sesuai. 

Oleh karena itu, menentukan domain yang benar dari awal sangat penting dimana Domain yang tepat adalah tentang bagaimana dia mudah di ditemukan dan berulang kali oleh mereka yang ingin mengunjunginya, namun untuk mencapai hal ini tidak sesederhana kedengarannya. 

Selain itu, nilai tambah jika memiliki domain adalah seakan memberikan kesan bahwa website anda terlihat jelas lebih profesional daripada yang berakhiran blogspot.com.

Berikut ini adalah tips memilih nama domain website untuk anda:

Buatlah Singkat

Nama Domain
Nama Domain

Semakin banyak situs website saat ini memberikan anda tantangan tersendiri agar bisa menonjol dari website saingan yang ada, mempersingkat judul website merupakan salah satu tips memilih nama domain website yang tepat, karena dapat mengurangi kesalahan saat mengetik alamat url website anda, ketik hal ini salah sedikit saja maka website anda gagal ditemukan. Panjang dua belas huruf sangat ideal, untuk judul website anda

Waspadai Pelanggaran Hak Cipta & Merek Dagang

Merek Dagang
Merek Dagang

Sebelum menentukan nama judul dan domain pastikan bahwa nama itu tidak dimiliki oleh sebuah perusahaan atau brand tertentu. Hal ini untuk menghindari nama yang sudah ada di luar sana. Jika nama website anda “cukup mirip” itu dapat membingungkan banyak orang, jadi sebelum hal ini terjadi maka pastikan bahwa nama judul website anda tidak melanggar nama merek dagang.

Setelah semuanya anda pahami bersiaplah untuk membuat judul. Ketika anda mendapatkan sebuah judul jangan menyerah apabila nama itu sudah diambil. Jangan putus asa, teruskan sampai Anda memikirkan nama yang lebih baik untuk website anda.

Periksa Domain Yang Ada

Google Domain
Google Domain

Jika Anda menemukan nama untuk situs Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah orang lain sudah mendaftarkan domain itu. Anda mungkin juga ingin memeriksa kesalahan eja yang jelas dari domain, hal tersebut dan mengurangi resiko pada saat mendaftarkan domain anda. 

Selalu perhatikan memiliki nama yang sangat mirip dengan situs web lain dapat berakhir dengan hukum dan membingungkan pelanggan di kedua sisi. Jadi berhati-hatilah untuk memilih nama judul website anda dan yang pasti bukan Amazoon.com atau Gooogle.com.

Pilihlah Ekstensi Domain Yang Tepat

Domain
Domain

Ketika internet pertama kali muncul sangat sedikit pilihan ekstensi (huruf terakhir dari URL). Sebagian besar website bisnis menggunakan .com sementara beberapa memilih .org sebagai alternatifnya. 

Saat ini setiap negara memiliki kode dua atau tiga huruf extension domain, dan jumlah variasi sangat berbeda antara satu dan yang lain. 

Ini adalah yang paling umum:

  • .co – Seringkali singkatan untuk perusahaan, perdagangan atau komunitas
  • .info – Website informasi
  • .net – Biasanya adalah situs infrastruktur internet
  • .org – Organisasi non-komersial dan nirlaba
  • .biz – Penggunaan bisnis atau komersial, bagi orang yang tidak suka .com
  • .me – Blog atau situs pribadi/perorangan dan masih banyak lainnya

Dan mungkin anda sering menemukan extension ini dikombinasikan dengan ekstensi geografis/negara, seperti di .co.uk (Sebuah perusahaan di Inggris). Apa pun yang Anda pilih, ingatlah bahwa memilih ekstensi yang tepat bisa menjadi perbedaan antara situs web anda dan orang lain.

Jika anda masih ragu, pilihlah .com karena masih dianggap sebagai pilihan terbaik untuk identitas komersial dengan kehadiran pasar global, dan memberikan anda kesan profesional.

Itulah tips memilih nama domain website yang bisa menjadi referensi saat memulai membuat judul domain website anda. Semoga infomasi ini dapat berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *