Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Wanna Cry

Selama beberapa waktu belakangan ini, dunia diguncangkan dengan adanya virus Ransomware bernama Wanna Cry. Akibat dari kehadirannya, banyak pengguna IT yang mengalami kerugian besar. Bahkan di Indonesia, terdapat sejumlah rumah sakit besar yang menjadi korban dari virus berbahaya ini. Tidak mengherankan jika informasi cara mengatasi virus wanna cry sangat dicari masyarakat. Ransomware Wanna Cry adalah malware teroris ciber yang disebarkan secara acak  melalui jaringan internet kemudian menginfeksi komputer melalui sistem Windows yang diketahui memiliki kelemahan pada bagian SMB atau server message block untuk melakukan encrypt pada seluruh data dan file yang tersimpan di dalam komputer sehingga terkunci dan tidak bisa diakses oleh penggunanya. Apabila pengguna ingin file dan datanya kembali seperti semula, maka pengguna wajib membayarkan tebusan uang berbentuk Bitcoin sebanyak $300 hingga $600.

Inilah Cara Mengatasi Virus Wanna Cry dan Mencegahnya

Meski hingga kini serangan virus komputer ini hanya menyerang instansi atau perusahaan besar di dunia, bukan tidak mungkin jika komputer pribadi juga akan menjadi salah satu korbannya. Mengingat bahwa virus ini melakukan serangan pada komputer berbasis Windows. Oleh karenanya, sangat penting untuk Anda mengetahui cara mengatasi virus wanna cry. Selain mengupdate antivirus dan membackup data penting, dibawah ini adalah cara untuk mencegah virus Wanna Cry.

1 ) Putus koneksi internet

cara mengatasi virus wanncry

Tindakan pencegahan pertama yan harus Anda lakukan adalah mencabut kabel koneksi jaringan internet. Caranya adalah dengan mematikan perangkat Wifi atau router utama.

2 ) Matikan Autorun Macro pada program Ms Office

cara mengatasi virus wanncry 1

Cara mematikan autorun macro adalah Anda jalankan MS Word, pilih menu “File” lalu klik “Options”. Pilih opsi “Trust Center”, kemudian “Trust Center Setting” dan klik “Macro Setting”. Berikan tanda centang pada opsi “Disable all macro without notification”. Anda lakukan langkah-langkah yang serupa pada program MS Office lain seperti MS Excel, MS Powerpoint, MS Access, dan lainnya

3 ) Block port 139/445 dan 3389

cara mengatasi virus wanncry 2

Cara mengatasi virus wanna cry atau mencegahnya dengan blok port adalah Anda masuk ke menu “Control Panel”. Pilih “System and Security” dan “Windows Firewall”. Kemudian masuk ke menu “Advance Settings”. Klik “Inbound Rules” dan pilih “New Rules”. Pilih menu “Port”, klik “Next” dan pilih opsi “Specific local port. Pada menu ini, Anda isi angka “139, 445,3389” kemudian klik “Next”. Selanjutnya, klik “Block the connection”, pilih “Next”. Anda pastikan bahwa, “Private”, “Public” dan ”Domain” sudah tercentang. Ketikkan nama contohnya “Block Ransomware” lalu “Finish”.

4 ) Mematikan fitur Sharing data

cara mengatasi virus wanncry 3

Pertama, Anda masuk ke menu “Control Panel” lalu pilih “Program” dan “Program and Features”. Selanjutnya, Anda pilih opsi “Turn Windows features on or off” dan hilangkan tanda centang pada opsi “SMB 1.0/CIFS File Sharing Support” klik OK.

Setelah mengetahui tindak pencegahannya, berikut ini adalah cara mengatasi virus wanna cry:

  1. Masuk ke menu System Configuration. Caranya, klik Windows + R secara bersamaan lalu ketikkan msconfig. Pilih “Boot” dan beri tand centang pada opsi centang Safe Boot lalu pilih “Minimal”. Selanjutnyaa klik OK lalu restart komputer.
  2. Jika restart selesai, masuk pada menu Control Panel, pilih Folder Options lalu Show Hidden File dn klik Apply. Apabila sudah, masuk kembali pada menu System Configuration lalu pilih Startup. Kemudian hilangkan centang untuk program yang terlihat mencurigakan lalu klik OK kemudin pilih opsi Exit without Restart.

Cara mengatasi virus wanna cry terakhir, periksa folder untuk mencari file berbahaya dan mencurigakan kemudian hapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *