cara mengakses file dari komputer lain

Dalam sebuah perusahaan, antara komputer yang satu dengan komputer lainnya bisa saling mengakses data atau file. Hal ini dikenal dengan akses komputer jarak jauh. Tak hanya di perusahaan, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mengakses langsung dua komputer Anda. Misalnya seperti ini, Anda menggunakan dua komputer yang berbeda untuk bekerja, Anda tentu membutuhkan semacam trik jitu untuk mengakses kedua perangkat Anda tersebut. Ada tiga trik efektif cara mengakses file dari komputer lain. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Tiga Cara Mudah Mengakses File dari Komputer Lain

1 ) Menggunakan Connect Remotely

cara mengakses file dari komputer lain 1

Untuk bisa mengakses file dari komputer lain, kedua komputer tersebut harus sama-sama mengaktifkan fitur Connect Remotely. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Start kemudian klik kanan pada bagian My Computer. Ini adalah langkah pertama dalam cara mengakses file dari komputer lain yang harus Anda lakukan.
  • Klik Propertis
  • Pilih bagian Remote Setting
  • Chekclist bagian Allow Remote Assistance Connections to this computer. Setelah itu, langsung klik OK pada bagian paling bawah.

Dengan cara yang pertama ini, Anda sudah bisa mengakses file dari komputer lain yang telah dihubungkan. Cukup mudah bukan?

2 ) Menggunakan Situs yang Menawarkan Fungsi Remote Acces

cara mengakses file dari komputer lain 2

Ada beberapa website yang menawarkan fungsi Remote Acces. Anda bisa menggunakan situs web ini untuk cara mengakses file dari komputer lain.  Keuntungan menggunakan situs adalah Anda tidak perlu menginstall program apa pun. Beberapa situs mungkin masih meminta Anda agar menginstall Plug-in, tetapi plug-in ini biasanya memiliki ukuran yang kecil. Berikut ini adalah beberapa situs populer yang dapat Anda pertimbangkan.

  • GoToMyPC

Situs ini dapat digunakan untuk Mac atau Windows. Saat ini, bahkan ada aplikasi GoToMyPC yang khusus dirancang untuk iPad. Jadi, Anda bisa mengakses iPad melalui komputer lain atau bisa juga sebaliknya.

  • LogMeIn

Situs web yang satu ini juga menawarkan fungsi yang sama yaitu Remote Acces. Beberapa layanan yang ada pada situs ini di antaranya adalah LogMeIn Backup. Layanan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan file pada komputer lain secara jarak jauh. Situs ini juga bisa dijadikan situs untuk mengelola komputer yang berbeda secara bersamaan melalui internet.

  • WebEx PCNow

Situs terakhir untuk mengakses file dari komputer lain adalah WebEx PCNow. Proses setup hanya beberapa menit saja. Dengan menggunakan situs ini, Anda bahkan bisa mengakses webcam dari komputer yang berbeda dan memanfaatkannya sebagai kamera keamanan.

3 ) Menggunakan Software Remote Acces

cara mengakses file dari komputer lain 3

Untuk cara mengakses file dari komputer lain yang ketiga, Anda bisa memanfaatkan perangkat lunak. Ada beberapa perangkat lunak yang memungkinkan akses file dari satu komputer ke komputer lain. Beberapa perangkat lunak yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

  • LapLink

Software ini bisa dipakai untuk komputer, laptop, bahkan ponsel. Komputer yang berbeda pun bisa diakses melalui browser internet seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, atau Netscape.

  • RealNVC

Ada tiga versi untuk software yang satu ini, yaitu Personal Edition untuk penggunaan pribadi serta usaha kecil. Enterprise Edition untuk perusahaan besar. Terakhir, Viewer Plus untuk kontrol tambahan ketika mengakses komputer jarak jauh.

Demikian adalah tiga cara mengakses file dari komputer lain. Pastikan Anda menjalankan langkah-langkahnya dengan benar agar sistem kontrol jarak jauh ini bisa dinikmati.

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *