Cara Mengetahui CCTV Aktif Atau Tidak

CCTV atau Closed Circuit Television adalah sebuah kamera pengintai untuk merekam gambar maupun suara. Gambar dan suara tersebut akan tampak dalam sebuah monitor dan tersimpan dengan adanya bantuan perangkat DVR atau Digital Video Recorder. CCTV banyak digunakan untuk menjamin keamanan rumah, kantor, toko dan fasilitas-fasilitas lainnya. Pada situasi tertentu, pemilik CCTV akan membutuhkan cara mengetahui CCTV aktif atau tidak sebagai fungsi kontrol.

Cara kerja CCTV sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara kerja kamera video yang lain. Merekam suatu aktivitas atau kejadian pada tempat dan waktu tertentu dilakukan oleh kamera video maupun CCTV. Yang menjadi pembeda adalah kemampuan CCTV sebagai sebuah kamera pengaman yang dapat diletakkan di dinding, plafon ataupun tempat-tempat yang tersembunyi. Kelebihan lain dari kamera CCTV adalah mampu merekam aktivitas atau kegiatan secara otomatis, serta melakukan perekaman secara terus menerus.

Karena CCTV bekerja secara otomatis dan terus-menerus, terkadang pemilik tidak melakukan kontrol apakah CCTV tersebut dalam kondisi baik, masih aktif atau tidak. Padahal cara kontrol tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu cara mendeteksi CCTV aktif adalah dengan melihat lampu warna merah yang berkedip pada kamera. Pergerakan dari kamera juga dapat menjadi indikasi CCTV yang sedang aktif. Pada CCTV tipe tertentu, pergerakan manusia yang ditangkap sensor inframerah akan direspon dengan pergerakan rotasi kamera menuju obyek, yang menandakan CCTV dalam kondisi aktif.

Cara Mengetahui CCTV Aktif Atau Tidak Lewat Internet dan Android

cara mengetahui cctv aktif-03

Ketika pemilik rumah atau bangunan sedang tidak ada ditempat, kontrol terhadap CCTV sangat perlu dilakukan. Kekhawatiran kamera yang lupa dihidupkan dapat teratasi dengan mengontrolnya dari jarak jauh. Cara mengetahui CCTV aktif atau tidak dapat dilakukan dengan bantuan jaringan internet dari sebuah modem ataupun wi-fi. Jaringan ini dapat dihubungkan pada laptop atau komputer. Dengan bantuan software Video Viewer bawaan DVR yang diinstall pada laptop ataupun komputer, maka tampilan DVR dapat terlihat.

Selain jaringan internet pada laptop ataupun komputer. Smartphone android juga dapat digunakan sebagai cara mengetahui CCTV hidup atau tidak. Ada beberapa aplikasi yang dapat diunduh untuk menunjang control CCTV tersebut. Salah satu aplikasi tersebut adalah Viewtron CCTV DVR Viewer App. Selain sebagai cara mengetahui CCTV aktif atau tidak, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang menguntungkan. Fitur tersebut diantaranya adalah mode portrait serta landscape. Terdapat juga fitur zoom serta resolusi hingga 1080p.

cara mengetahui cctv aktif-04

Aplikasi lain yang dapat dipilih untuk mengetahui CCTV sedang aktif adalah Meye. Aplikasi ini akan sangat memudahkan pemilik untuk mengontrol serta mengakses IP kamera yang terhubung pada smartphone android. Kinerjanya sangat baik dan cepat. Kelebihan lain yang dimiliki Meye adalah tampilannya yang sederhana sehingga mudah dioperasikan. Selain itu, aplikasi ini cocok digunakan pada semua versi dari OS android dan didukung oleh DVR. Terdapat juga streaming video secara live, pengambilan foto serta kontrol kamera melalui PTZ.

Selain kedua aplikasi diatas, terdapat juga berbagai aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut diantaranya adalah IP Cam Viewer Basic, IP Webcam, TinyCam Monitor Free serta IP CAM Controller. Pengguna dapat memilih aplikasi yang paling sesuai dengan DVR CCTV yang dimiliki. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki menjadi bahan pertimbangan dalam memilih aplikasi. Dengan bantuan aplikasi android dan software komputer, maka cara mengetahui CCTV aktif atau tidak dapat dilakukan dari jarak jauh dengan lebih mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *