Cara menghapus backlink yang tidak berkualitas dari blog sampah

Backlink adalah link masuk dari blog lain menuju blog kita, semakin banyak backlink sebenarnya semakin baik ,namun backlink yang tidak berkualitas akan menjadi boomerang bagi blog kita. Backlink yang tidak berkualitas biasanya datang dari blog yang memilki reputasi yang buruk, Nah bagaimana cara menghapus backlink yang tidak berkualitas tersebut?

Ada beberapa metode atau cara menghapus backlink yang tidak berkualitas, ada yang cara manual dan ada juga yang melalui layanan yang di sediakan google, untuk mesin pencari lainnya seperti Bing dan yahoo Admin sendiri kurang tahu, tapi google punya fasilitas ini.

Backlink yang buruk menjadi penyebab jatuhnya SEO dan SERP ,bisa juga kita sebut sebagai kecelakaan ,karena sumber backlink buruk tadi datang tanpa kita kehendaki, blog yang memberikan backlink tersebut sudah di cap buruk oleh google, biasanya mereka memilki konten yand dilarang oleh google. Baiklah di bawah ini aka nada ulasan tentang cara menghapus backlink yang tidak berkualitas.

Menghapus backlink dengan cara manual

  • Meminta pada pengelola website sumber backlink

Ini cara yang benar-benar manual, kita melakukan cara birokrasi dengan mengirimkan email kepada pengelola website sumber backlink tadi. Ini memang tidak muda, karena sangat tergantung pada kemurahan hati si pengelola. Namun tidak ada salahnya mencoba, bisanya saja cara ini berhasil.

  • Menghapus konten

Cara yang satu ini lebih berat dari yang di atas, menghapus konten seperti merelakan pacar di ambil orang lain. Membuat konten bukan hal yang mudah perlu kerja keras, namun ini adalah jalan untuk menghapus backlink sampah tadi. Caranya anda menghapus konten dan lalu menjadikanya konten yang baru release, cara ini akan memakanbanyak waktu apalagi kalau kontennya banyak.

Jika anda keberatan dengan cara di atas, anda bisa mengabaikannya karena masih ada cara menghapus konten yang tidak berkualitas lainnya.

Baca juga Tips dan trik seputar backlink

Meminta Google Menghapus Backlink

Google bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini, Google algoritma page rank adalah bukti bahwa mesin pencari google sangat memperhatikan sumber backlink dan menjadi salah satu faktor jelek atau bagusnya SEO sebuah website.

Selain itu google webmaster juga sangat baik dalam mengindeks berbgai beackling yang menuju ke website, jadi mereka dapatmendeteksi apabila kita mendaftarkan website ke google websmaster.

Cara Menghapus Backlink Buruk Melalui Webmaster Google

Tindakan ini emang belom bisa menghapus sumber backling dari blog yang mengutip, namu setidaknya cara ini telah memprjelas bahwa pengelola website yang bersangkutan tidak menginginkan adanya backlink-backlink tersebut. Dan kita meminta google untuk tidak mencatat backlink yang tidak kita kehendaki kehadirannya tersebut ,dan dengan langkah ini anda bisa sedikit lega karena google tidak akan mengindeks sumber backlink tersebut.

Mendaftarkan Ke Google Webmaster

Anda harus mendaftarkan website yang di milki ke Google webmaster, mengingat ini adalah fasilitas yang mereka sediakan. Caranya tidak sulit anda hanya akan diminta untuk melakukan verifikasi beberapa hal. Anda bisa mendaftarkan sitemap.xml atau feed website, itu memudahkan google untuk mengindeks website anda.

Memeriksa BackLink pada Website Anda

Cara menghapus backlink yang tidak berkualitas berikutnya adalah, memeriksa backlink pada website anda. Backlink di indeks dengan baik oleh google ,kita bisa memeriksanya melalui google webmaster yang telah tedaftar, namun jika baru daftar kita perlu menunggu beberapa saat sampai google selesai mengindeks semua konten kita.

Meminta Menghapus Backlink dari indeks Google Webmaster

Setelah kita memeriksa backlink, kita bisa melihat manakah website yang tidak anda inginkan sebagai sumber backlink. Dan bisa meminta kepada google webmaster untuk menghapusnya.

Demikian adalah Cara menghapus backlink yang tidak berkualitas yang bisa admin sampaikan dan bagikan, semoga dengan adanya layanan dari google bisa memperbaiki website atau blog kita di SERP, selamat mencoba.

Check also Sumber backlink dan teknik link building yang berbahaya

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *