Cara optimasi website joomla dengan mudah

cara optimasi website joomla – Joomla adalah sistem manajemen konten (SMK) atau content manajemen systems (CMS) gratis terbaik yang ada saat ini, dibuat menggunakan bahasa PHP dan memilki basis data MySQL untuk berbagai macam keperluan internet ataupun intranet. Joomla memungkinkan kita untuk membuat dan mendesign website sendiri yang responsif dan SEO friendly. Joomla juga menyediakan banyak themes design gratis yang bisa anda gunakan untuk layout website dengan berbagai macam fitur sesuai kebutuhan.

Nah tutorial membuat website menggunakan joomla sudah banyak beredar anda bisa menemukannya di berbagai macam blog. Setelah selesai membuat blog langkah selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan blog/website tersebut agar memilki banyak visitor, Percuma kan punya situs keren tapi sepi pengunjung ? ,Pada artikel kali ini admin akan sharing mengenai cara optimasi website joomla yang mungkin bisa bermanfaat bagi agan-agan semua.

Cara optimasi website joomla

Cara optimasi website joomla 2

STEP 1 :

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengoptimalkan joomla adalah dengan membuat link url website joomla anda menjadi seo friendly, hal ini berguna agar website anda dapat dengan mudah terbaca atau terindex oleh mesin pencari seperti google ataupun Bing.

STEP 2 :

Langkah selanjutnya adalah SEO setting yang ada pada dashboard,di bagian SEO setting harus anda ubah ke link url joomla supaya menjadi search engine friendly (SEF), ubah link anda dari seperti ini

http://www.example.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1:contoh-link-joomla&catid=1:latest-news&Itemid=50

Menjadi seperti ini

http://www.example.com/index.php/the-­news/1-­latest­-news/1­-contoh-link-joomla

STEP 3 :

Ikutin settingan dibawah ini untuk SEO setting anda

  • Tandai Search Engine Friendly URLs di (YES)
  • Tandai Use URL rewriting (YES) *( Terlebih dahulu , ubah “htaccess.txt” anda menjadi “.htaccess” !!! untuk menggunakan mode ini)
  • Adds Suffix to URL (Opsional)
  • Unicode Aliases (Opsional)
  • Kemudian Save.

STEP 3 (cara ubah “htaccess.txt”) :

  • Masuk ke Cpanel anda, akses via namadomainanda.com/cpanel
  • Kemudian masuk ke file manager
  • Masuk ke folder public_html atau root folder dari joomla anda . kemudian ubah (rename) file “ htaccess.txt “ menjadi “ .htaccess “ .

Demikian adalah cara optimasi website joomla dengan mudah, cara di atas adalah merupakan metode paling simpel untuk mengoptimalkan website anda yang dibuat oleh joomla, setelah mengikuti cara-cara di atas, anda bisa melanjutinya dengan cara yang terdapat di kategori SEO. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *