Ciri-ciri undangan wawancara palsu by Jobstreet

Banyaknya lowongan pekerjaan yang ada di internet terutama situs-situs pencarian kerja seperti jobstreet merupakan angin segar bagi para pelamar, karena dengan adanya situs seperti dapat sangat membantu mereka dalam mendapatkan sebuah pekerjaan.

Walau demikian tidak jarang kita temukan iklan-iklan lowongan pekerjaan yang memanfaatkan layanan tersebut untuk melancarkan modus penipuan. Salah satu cirinya yang paling kelihatan adalah undangan berasal dari perusahaan ternama dan terkenal, hal ini dilakukan untuk menggoda si pelamar.

Lalu apa saja kerugian yang dapat menimpa seorang pelamar ketika terkena modus ini? yang paling nyata adalah kehilangan sejumlah uang yang "katanya" sebagai uang jaminan masuk. Nah agar kita semua terhindar dari modus tersebut, berikut kenali ciri-cirinya seperti yang disampaikan oleh Jobstreet.

5 Ciri-ciri undangan wawancara palsu

1 ) Tidak disebutkan posisi/jabatan

Lihat gambar dibawah adalah contoh undangan wawancara atau interview tidak terdapat keterangan posisi/jabatan seperti pada normalnya. Jika diperhatikan lebih seksama persyaratan juga tidak relevan dan juga tidak ada anjuran seperti diharukan membawa alat tulus dan berpakaian rapih.

Serta cap pada surat ini pada tanda tangan merupakan logo digital, bukan cap perusahaan asli.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

2 ) Mencantumkan semua nama kandidat yang dipanggil

Normalnya surat undangan interview bersifat personal, dari perusahaan langsung kepada pelamar. Pada gambar dibawah juga ditemukan keganjilan yang mana pada surat tersebut melampirkan semua nama kandidat. Modus juga terlihat pada deskripsi dibawahnya, yang mengharuskan kandidat untuk melaukan reservasi.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

3 ) Semua biaya ditanggung pelamar

Sebenarnya biaya transportasi memang normalnya tidak ditanggung oleh pihak perusahaan, namun jika seperti yang terjadi pada kasus dibawah ini yang mana pihak perusahaan berusaha merayu pelamar untuk mengeluarkan biaya dengan iming-iming bahwa akan ada penggantian biaya, itu patut dicurigai.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

4 ) Semua informasi tidak detail dan tidak relevan

Seperti yang dikatakan diawal bahwa salah satu ciri surat undangan wawancara palsu adalah tidak adanya informasi yang mendetail, yang padahal hal tersebut sangatlah penting bagi pelamar. Lihat gambar dibawah ini, semua jadwal dan menu pengembangan diri sangat general, tidak jelas pengembangan untuk bidang apa dan jabatan apa.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

5 )  Banyak hal yang disampaikan tidak perlu dan tidak biasa

Surat undangan wawancara resmi dan asli berisikan informasi yang mendetail, padat, dan tidak berbelit-belit. Pada contoh dibawah surat wawancara melampirkan deretan pertanyaan yang tidak perlu dan tidak lazim.

Pic by Jobstreet.co.id/career-resource

Demikian adalah ciri-ciri surat undangan wawancara palsu yang harus di waspadai, jangan sampai kita tertipu oleh modus yang dilancarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan perusahaan besar yang bonafit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *