Indikator/Cara mengukur kepuasan pelanggan melalui sosial media

Cara mengukur kepuasan pelanggan – Sebagai pelaku bisnis online pastinya tahu bahwa sosial media adalah pasar modern saat ini. Hanya dengan berbekal smartphone atau laptop dan koneksi inernet, kita bisa melakukan bisnis ini kapanpun dan di manapun. Ada banyak sekali produk-produk yang merajalela di bisnis online, mulai dari produk fashion, kuliner, peralatan rumah tangga dan lain-lain.

Walaupun memulai bisnis online ini sangatlah praktis, tetapi sebagai pembisnis kita tidak boleh menebah ataupun berekspetasi terhadap pasar dan pelanggan. ada beberapa cara mengukur kepuasan pelanggan melalui sosial media yang bisa kita lakukan, dan di antaranya adalah :

Cara mengukur kepuasan pelanggan melalui sosial media

1 ) Pengukuran dari segi volume dan Topik

Cara mengukur kepuasan pelanggan yang pertama dengan melakukan pengukuran dari segi volume dan topik adalah salah satu metode yang paling gampang untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen di media sosial. kita dapat memprediksi kepuasaan konsumen kita melalui jumlahnya pesan pribadi serta notifikasi yang masuk ke akun sosmed kita. Respon yang diberikan oleh pengguna sosial media terhadap konten yang kita publish atau posting serta berapa banyak kata kunci/keyword bisnis kita disebut dan dibicarakan oleh para pengguna sosial media.

Jadi intinya adalah pengukur indikator yang satu ini dapat membuat kita dapat mengetahui kepuasan dari segi kuantitas komentar, dengan mengkategorikan respon dan pertanyaan yang biasanya di ajukan oleh pengguna sosial media, kita dapat merancang FAQ (Frequently Asking Question) agar memudahkan para calon konsumen dalam mencari informasi tentang bisnis online kita.

2 ) Indikator dari segi respon

Karakter dari indikator yang kedua ini mungkin lebih merinci untuk kita gunakan. Mengukur respon pertama, waktu respon rata-rata, waktu rata-rata untuk menanggapi respon juga tingkatatan pengabaian respon sangat perlu diperhatikan sebagai bahan evaluasi memperbaiki kualitas pelayanan bisnis kita. Jika dari pengukuran kepuasan konsumen tersebut kita menemukan bahwa tingkat respon yang di berikan oleh pengguna sosmed masih rendah disamping itu tingkat pengabaiannya tinggi, maka kita harus cepat mencari letak permasalahan dalam pemasaran melalui sosial media.

Masalah komunikasi atau pemasaran yang serius bisa membuat bisnis kita malah lama kelamaan ditinggalkan oleh para konsumen dan kalangan pengguna sosmed, jadi kesimpulannya segera selesaikan permasalahan dalam proses penanganan di akun sosial media.

3 ) Tingkat sentimen pada Bisnis online kita

Cara mengukur kepuasan pelanggan selanjutnya adalah dari segi tingkat sentimen dapat di kelompokkan sebagai salah satu alat atau kunci untuk menjalankan bisnis yang sukses. Bisnis online yang di kembangkan oleh kita pastinya bisa berjalan dengan lancar apabila mendapatkan apresiasi dan reaksi positif dari pengguna sosmed ataupun netizen. Mulailah untuk mencoba memberi perhatian kepada rating atau feedback yang kita dapat dari pelanggan-pelanggan terhadap produk dan pelayanan bisnis kita, Apakah ratiing tersebut memberikan nilai positif atau negatif. Nilai rating tersebut senantiasa menjadi patokan bagi dalam memperbaiki bisnis dan berinovasi.

Bukan sekedar itu saja, kepuasan para konsumen setia juga menjadi sebuah ukuran penting bagi suatu bisnis online. Itulah sebabnya pelanggan setia yang puas dengan servis kita dapat mempengaruhi orang lain untuk akhirnya bisa percaya dan memilih produk kita. Strategi untuk bisa mengambil hati dan memuaskan pelanggan yang berpengaruh besar haruslah di laksanakan secara cermat dan akurat. Dari aspek kompetitor, tingkat sentimen juga perlu di pertimbangkan dan dicar indikatornya untuk mengkomparasi apakah produk kita berhasil membuat kompetitor merasa tersaingi atau tidak. dan pesaing yang merasa tersaingi oleh produk kita pasti akan terus berupaya untuk mempertahankan eksistensi produknya.

Dan di atas tadi adalah 3 metode atau cara mengukur kepuasan pelanggan yang bisa anda praktikan, dengan mengetahui indikator kepuasan pelanggan maka hal tersebut dapat menjadi acuan kita untuk mengevaluasi pelayanan toko kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *