Inilah 14 tanda bahwa anda memilki kecerdasan emosional (EQ) yang baik

Selain kecerdasan inteligen atau IQ ada faktor lain yang menentukan kesuksesan anda ,yaitu kecerdasan emosional (EQ) .banyak yang mengatakan bahwa EQ lebih penting dari pada IQ yang tinggi.

Nah berikut ini adalah 14 tanda bahwa anda memilki kecerdasan emosional (EQ) yang baik, yang dilansir oleh huffington post, pada jumat 6 desember 2013.

 

Kecedasan emosional (EQ)
Kecedasan emosional (EQ)
  1. Penasaran terhadap orang-orang yang tidak di kenal.

Bila anda selalu tertarik pada orang baru yang belum anda kenal, lalu coba mencari tahu. Itu berarti anda memilki komponen dasar dari kecerdasan emosional (EQ), atau dengan kata lain anda memilki HEPs (Highly Empathetic People’s), kepedulian yang tinggi terhadap orang lain. Biasanya orang HEPs sangat peka terhadap sekitar dan lebih cepat memahami perasaan orang lain

  1. Good leader (pemimpin yang baik)

Seorang psikolog bernama Daniel Goleman melakukan peniliti apa yang membedakan pemimpin yang baik dengan orang biasa, jawabannya adalah karena 90 persen yang membedakan mereka dengan yang lainnya adalah kecerdasan emosional (EQ)

  1. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Tidak semua orang memilki kesadaran akan kekuatan dan kelemahan mereka, orang-orang dengan kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi bisa mengetahuinya karena mereka tidak hanya peka pada orang lain, tapi peka terhadap diri sendiri.

  1. Mampu fokus dan mempertahankan sesuatu

Orang yang mampu fokus pada sesuatu dan mempertahankannya ,adalah orang yang memilki kecerdasan emosional yang tinggi.

Contoh : “fokus bekerja dan tidak lantas membuka ponsel untuk membaca hal yang tidak lebih penting dari pekerjaanya.

  1. Mudah bergaul dan membaur dengan orang banyak

Bisa berteman dengan siapa saja, mampu mempertahankan persahabatan dengan orang adalah salah satu aspek kecerdasan emosional (EQ)

  1. Mengetahui alasan kenapa diri sendiri marah

Mereka dengan kecerdasan emosional dapat menganalisa diri mereka sendiri,misalnya saat mereka sedang marah ,lalu setelah itu mereka mengetahui sebab dari kemarahan yang muncul dari mereka, dan kenapa itu bisa terjadi dari mereka.

  1. Peduli kepada orang lain dan bermoral

Rasa kepudilian terhadap orang lain adalah sebuah hal yang bijaksana mendahulukan diriorang lain ketimbang dirinya sendiri adalah salah satu aspek dalam kecerdasan emosional (EQ)

  1. Rajin membantu orang lain

Ketika rasa kepudilian itu muncul maka seharusnya ada tindakan yang nyata pada diri anda,seperti membantu nenek yang sedang menyebrang jalan, itu menilai sejauh mana rasa kepedulian anda dan apa tindakan selanjutnya.

  1. Pandai membaca perasaan orang lain hanya dari waajahnya

Dinyatakan kembali oleh goleman ,peka terhadap orang lain dan memahami isi hatinya hanya dari melihat raut wajahnya, adalah salah satu aspek penting dalam kecerdasan emosional.

  1. Tidak mudah menyerah ,bangkit kembali ketika gagal.

Apa anda pantang menyerah? Dan selalu ingin mencoba dan mencoba walaupun telah gagal ribuan kali. Berarti anda memilki jiwa yang tegar dan kecerdasan emosional yang tinggi  ,karena tidak semua orang mau bangkit kembali setelah jatuh.

  1. Mampu membaca karakter orang lain

Mereka dengan kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi mempunyai intuisi yang baik terhadap penampilan orang lain, mereka dapat membaca dan mengenali orang lain dan mampu menilai orang tersebut.

  1. Mau mengikuti intuisi

Daniel goleman menegaskan orang yang mampu mengikuti dan nyaman pada intusi sendiri adalah orang yang memilki kecerdasan emosional (EQ)

  1. Mampu memotivasi diri sendiri

Untuk bangkit dari kegagalan butuh proses salah satunya adalah dengan memotivasi diri sendiri, setelah termotivasi mereka akan bangkit dari kegagalan ,mereka memilki kepercayaan diri dan rasa optimism pada tindakannya.

  1. Tahu kapan berkata ‘tidak’

Mereka dengan kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi dapat berpegang teguh pada  diri sendiri, dan mampu mendiplisinkan dirinya. Berkata tidak kepada sesuatu yang tidak sesuai dengan pendiriannya.

Demikian adalah 14 tanda bahwa anda memilki kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi, mungkin dari tanda-tanda itu ada yang anda milki, atau mungkin saja anda memilki semua aspek dalam kecerdasan emosional yang di kenal dengan EQ.

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *