Tips Membuat Baterai Laptop Anda Tahan Lama

baterai
Baterai

Tahukah anda ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda. Beberapa dari anda mungkin sudah melakukannya, tetapi ada pula orang lain yang mungkin tidak melakukan ini. Inilah tips membuat baterai laptop tahan lama.

Banyak laptop modern memiliki daya baterai yang cukup untuk bertahan seharian, tetapi jika Anda membaca ini, jelas laptop Anda tidak cukup lama untuk beraktivitas bersama anda. Dan banyak laptop bahkan tidak memiliki baterai yang dapat dilepas, namun dengan cara menukar baterai kosong untuk cadangan yang terisi penuh bukanlah pilihan yang tepat. Berikut adalah tips membuat baterai laptop tahan lama :

1. Aktifkan Mode Penghemat Baterai

Mode Hemat
Mode Hemat

Ketika Anda menggunakan laptop Anda saat di isi, Windows menunjukkan tingkat baterai Anda di taskbar. Klik pada indikator level baterai laptop dan pastikan semua fitur penghemat daya diaktifkan. Meskipun Anda mungkin mengalami kehilangan kinerja laptop, namun jika tidak bermain game, mengedit foto atau video, atau bahkan menyelesaikan tugas yang membutuhkan banyak daya baterai, Anda tidak akan melihat banyak perbedaan ini.

2. Cabut Periferal Yang Tidak Digunakan

Untuk tips membuat baterai laptop tahan lama saya menyarankan Anda mencabut periferal apa pun – misalnya hard drive atau webcam eksternal – saat menggunakan daya baterai. Selain mentransfer data antara perangkat Anda dan laptop Anda, ternyata kabel itu juga menarik daya ke perangkat itu sendiri bahkan ketika Anda tidak menggunakannya. Itu sangat jelas mengurangi baterai laptop Anda.

3. Masukkan Daya Sebelum Baterai Hampir Habis

PC World mencatat bahwa banyak dari kita suka menunggu sampai laptop kita mati total lalu mengisinya, melakukan ini buruk untuk baterai anda. Jika memungkinkan, jangan pernah menghabiskan baterai laptop Anda di bawah 20%. Ini akan memperpanjang masa pakai baterai Anda karena penggunaan ini memberikan muatan rendah dan mengurangi menempatkan beban pada baterai itu sendiri, dan akhirnya akan memperpanjang masa pakai baterai anda.

4. Jauhkan Laptop Anda Dari Panas Dan Dingin

Gunakan laptop Anda dalam situasi di mana suhu lingkungan tidak panas atau dingin, Temperatur yang ekstrem menyebabkan komputer Anda bekerja lebih keras, yang pada gilirannya menguras baterai laptop lebih cepat. Terlalu banyak pekerjaan pada laptop anda juga dapat merusak baterai itu sendiri, atau memperpendek masa penggunaanya.

5. Miliki RAM yang cukup

Menurut Produsen komputer Dell tips membuat baterai laptop tahan lama adalah dengan memastikan bahwa anda memiliki RAM yang cukup untuk melakukan banyak tugas. Jika komputer dapat menyimpan informasi dalam RAM Anda daripada di hard drive, itu akan mengurangi hard drive anda tidak beroperasi terlalu banyak yang artinya secara signifikan memperpanjang umur baterai laptop anda.

6. Jangan Biarkan Laptop Anda di Cas Sepanjang Hari

Rata-rata statistik menemukan adalah laptop yang dicolokkan terus-menerus sebenarnya memiliki jumlah siklus yang lebih sedikit (Bayangkan baterai yang dikeringkan, kemudian dicolokkan untuk mengisi ulang – itu adalah bagian dari siklus) jadi pastikan battery rendah dan tertinggi anda adalah kisaran 20% dan 80%.

Jadi, jangan merasa perlu untuk mengisi daya baterai Anda sepenuhnya, itu sebenarnya tidak diperlukan.

Catatan Beberapa komputer mungkin memiliki mode pengisian daya cerdas yang akan memprioritaskan kesehatan baterai, dalam hal ini Anda dapat tetap memasangnya.)

Itulah beberapa tips membuat baterai laptop tahan lama, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *