Mengenal Lebih Jauh Sadiq Khan, Walikota London Muslim Pertama yang Dipuji Kinerjanya

Sadiq Khan walikota london muslim – Perdana dalam sejarah, Kota London, Inggris kini dipimpin oleh Walikota yang beragama muslim. Sadiq Khan, Walikota London Muslim yang pertama kalinya, ia terpilih dengan hasil perolehan suara terbanyak yang digelar  pada Sabtu, 7 Mei 2016 lalu. Suara yang ia dapatkan sebanyak 57% dari keseluruhan voting.

Untuk itu, ia berhasil melewati suara lawannya, Zac Goldsmith, yang berasal dari Partai Konservatif pada pemilihan umum putaran kedua. Sontak, berita ini pun menjadi bahan pembicaraan di berbagai belahan dunia. Terlebih lagi, Kota London adalah kota dengan minoritas penduduk muslim yang hanya memiliki persentase sebanyak 12%.

Fakta-fakta Tentang Sadiq Khan

Dengan terpilihnya ia sebagai Walikota muslim pertama di Kota London, Inggris. Media-media tidak pernah lepas untuk memberitakan berita terbaru tentangnya. Baik media besar hingga media kecil di seluruh penjuru dunia. Sejak saat itu, mereka tak pernah absen untuk menghadirkan berita tentangnya yang tengah jadi sorotan dunia. Oleh karena itu, mari kita mengenal sosok Sadiq Khan, Walikota London Muslim berdasarkan fakta-fakta berikut ini:

Sadiq Khan walikota london muslim 1

1 ) Seorang Pengacara Pembela HAM

Sadiq Khan menempuh pendidikan di Universitas London Utara dan lulus sebagai sarjana hukum. Setelah itu, ia mulai bekerja menjadi pengacara. Fokusnya adalah kasus-kasus pelanggaran HAM dan diskriminasi rasial yang terjadi di Kota London, Inggris. Kepeduliannya akan masalah tersebut membuatnya tak segan untuk membela korban-korban pelanggaran HAM yang diperlakukan semena-mena dan tidak adil.

2 ) Memiliki Orang Tua Seorang Sopir Bus dan Penjahit

Almarhum Ayahnya merupakan seorang sopir bus yang telah menjalankan profesinya lebih dari 25 tahun lamanya. Sang Ibu yang bernama Sehrun pun berprofesi sebagai penjahit. Sadiq Khan, Walikota London muslim yang lahir dari keluarga biasa-biasa saja ini, tumbuh menjadi individu yang mengabdikan dirinya untuk masalah-masalah sosial.

3 ) Menolak Memboikot Israel

Sebagai orang yang peduli akan masalah diskriminasi, Sadiq Khan merupakan salah satu yang menolak pemboikotan atas Israel. Baginya, tidak akan pernah ada perdamaian yang terjadi jika melakukan boikot untuk Israel. Dengan adanya pemboikotan, justru membuat keadaan menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Akan ada banyak pihak yang dirugikan.

4 ) Seorang Penggemar Liverpool

Sebagai orang yang tinggal di London, Sadiq Khan, Walikota London muslim pertama ini justru merupakan fans dari klub sepakbola Liverpool, yang notabene bukan klub yang berasal dari kota yang ia tempati sehari-hari. Moment pertama kali menonton sepakbola ia lakukan bersama kedua kakaknya.

5 ) Menteri Masyarakat

Tahun 2008, tepatnya saat kepemimpinan mantan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown, ia dipilih menjadi Menteri Masyarakat dalam kabinet yang dijalankan oleh Gordon Brown.

6 ) Tinggal di Lingkungan Kumuh dan Miskin

Pria berusia 45 tahun ini dibesarkan di sebuah rumah bersubsidi pemerintah yang berlokasi di Tooring, yang ditempatinya bersama sanak keluarganya. Saat itu, Kedua orang tuanya tak mampu membeli rumah sendiri, hingga ia dan saudara-saudaranya harus tinggal di lingkungan yang jauh dari kata layak.

Penjelasan diatas adalah fakta-fakta yang bisa dirangkum dari Sadiq Khan. Sebagai seorang pengacara yang kemudian menjadi politisi, jalan yang dilaluinya tidaklah mudah untuk sampai ke titik ini. Persaingan dengan lawan-lawan politiknya pun kerap terjadi. Saling sikut dalam dunia politik tentu menjadi hal yang biasa dialaminya. Sekarang ia telah berhasil melewati jalanan berkelok. Sadiq Khan, Walikota London muslim yang sedang jadi perbincangan dunia ini pun tetap harus mengemban tugas barunya.

Comments 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *