Panduan Lengkap Cara Membuat E Faktur

Sebagai masyarakat dan warga negara yang baik dan mentaati hukum, kita sudah seharusnya membayar pajak dengan tepat waktu. ketika kita membayar pajak kita membutuhkan faktur pajak. Faktur pajak merupakan bukti pungutan pajak pengusaha kena pajak (PKP) yang melakukan penyerahan barang kena pajak (BKP) atau penyerahan jasa kena pajak (JKP). Jadi ketika seorang PKP menjual jasa atau barang yang terkena pajak, maka dia harus menerbitkan gaktur pajak. Ada banyak sekali jenis faktur pajak. Tetapi pada saat ini kita akan membahas mengenai panduan lengkap e faktur atau bagaimana cara membuat e faktur secara online. Mari kita bahas dibawah ini.

Lengkapi Pengaturan E Faktur

panduan lengkap cara membuat e faktur

1 ) Lengkapi Informasi Dari DJP

Pertama anda harus sudah memiliki informasi dari DJP. Jika belum, anda harus datang ke kantor pajak terlebih dahulu. Informasi tersebut berupa sertifikat digital, kode aktivasi, password dan passphrase. Semua informasi tersebut pasti diberikan oleh DJP untuk semua pengusaha yang kena pajak (PKP). Nanti ketika masuk ke website, anda harus melengkapi semua informasi tersebut ke website. Anda harus mengupload sertifikat digital yang anda miliki.

2 ) Isi Database E Faktur

Untuk bisa menggunakan aplikasi E faktur, anda harus mengisi database dengan lengkap. Panduan lengkap e faktur ini harus anda lakukan secara berurutan. Database e faktur ini berisi riwayat transaksi. Selain itu anda akan menggunakannya untuk mengganti faktur pajak, membatalkan faktur pajak dan merekam nota retur. Jika semua pengaturan e faktur sudah anda lakukan, kini anda mulai membuat e faktur pajak secara online.

Cara membuat E Faktur Pajak Online

1 ) Rancangan Faktur Pajak Untuk Daftar Pembelian/Penjualan

Jika anda akan membuat PPN keluaran dalam panduan lengkap e faktur, berarti anda masuk ke menu penjualan. Jika anda ingin membuat pajak masukan, berarti anda masuk ke menu pembelian. Nanti di menu tersebut berisi faktur pajak atau dokumen pajak lainnya. Selain itu akan anda rancangan yang sudah di modifikasi dan ada yang sudah disetujui. Jika masih kosong, anda tinggal klik rakam faktur baru.

2 ) Lengkapi data faktur pajak

Membuat faktur pajak secara online dan melalui aplikasi e faktur DJP berbeda. Untuk membuat faktur di online pajak dibuat untuk konsep umum dari dokumen pajak. Sehingga membuatnya lebih adaptif dan fleksibel. Langkah yang harus anda lakukan dalam panduan lengkap e faktur, antara lain. Buat lawan transaksi, tentukan informasi PPN dari sebuah transaksi, menambah nomor seri dari dokumen pajak, lengkapi pelaporan PPN, dan menambahkan nama jasa atau barang yang sudah dibeli atau dijual. Jika belum memiliki nomor seri faktur pajak, anda bisa melihatnya di halaman website anda.

3 ) Approve Faktur Pajak

Jika semua panduan lengkap e faktur sudah anda buat. Kini anda harus menyetujui atau mengapprove faktur pajak anda. Langkah yang harus anda lakukan adalah menyimpan data dengan klik approve. Nanti sistem e faktur akan menanyakan beberapa informasi penting mengenai e faktur anda. anda bisa melakukan approval lebih dari satu dalam daftar utama.

Faktur Komersial Dan Tagihan Langganan

Selain membantu membuat e faktur pajak, proses online pajak juga bisa membantu proses invoicing. Jika banyak kustomer anda ingin membuat faktur komersial dan e faktur secara bersamaan, anda bisa meminta bantuan dari proses pembayaran online pajak. Sekarang semuanya bisa dilakukan dengan online dan lebih mudah. sekian artikel tentang panduan lengkap e faktor. Semoga bermanfaat.

Deskripsi:panduan lengkap e faktur dapat membantu anda membuat faktur pajak penjualan atau pembelian dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *