Penyebab Peringkat Alexa Rank pada Blog/Website Turun Drastis

Pengguna blog dari hari ke hari semakin meningkat. Menulis di blog atau website tak hanya berfungsi sebagai hobi saja, sebab aktivitas ini bisa menghasilkan uang jika dilakukan dengan benar dan rutin. Pengguna blog atau website tentu takkan senang jika ada penurunan trafik pada web yang dimiliki. Sebenarnya ada penyebab peringkat blog turun drastis. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan trafik blog tidak menurun.

Inilah Berbagai Penyebab Peringkat Blog Turun Drastis

1 ) Konten Kurang Menarik

penyebab peringkat blog turun drastis 1

Salah satu penyebab peringkat blog turun drastis adalah isi artikel atau website yang kurang menarik sehingga trafik para pengunjung semakin hari pun otomatis akan semakin berkurang. Usahakan saat memulai menulis blog, pilih topik yang bermanfaat bagi para pembaca. Konten sebaiknya yang orisinil dan tidak copy paste website milik orang lain. Selain isi website yang baik, keaslian karya pun harus dimiliki agar para pembaca lebih puas saat membaca. Untuk membuat tulisan yang bermanfaat, menarik, dan orisinil, pilihlah tema kesukaan Anda dan menulislah dari hati.

2 ) Jarang Mengupdate Blog

penyebab peringkat blog turun drastis 2

Jika ingin para pengunjung yang datang ke blog tak berkurang, teruslah menulis blog. Lakukan hal ini secara rutin agar trafik blog tidak turun. Para pembaca lebih senang mengikuti blog yang konsisten dalam memberikan bacaan. Akan lebih baik jika website diupdate setiap hari sehingga para pembaca merasa lebih dekat dengan tulisan Anda. Lalu apa korelasi antara jarang update dengan turunnya trafik blog?

Jika jarang update, otomatis para pembaca pun enggan kembali ke blog Anda. Sehingga blog Anda pun berubah posisi dari yang dulunya di halaman pertama bisa menjadi ke halaman yang selanjutnya. Bagi pemula, konsisten dalam menulis adalah hal tak mudah. Agar blog selalu hidup, buatlah jadwal agar Anda semangat dalam menulis blog.

3 ) Adanya Spam pada Komentar

penyebab peringkat blog turun drastis 3

Ada lagi penyebab peringkat blog turun drastis yaitu banyaknya komentar spam berupa link atau hal yang tak ada sangkut pautnya dengan isi blog Anda. Salah satu spam yang biasa terjadi adalah semisal Anda menulis tentang cara hemat traveling ke Pulau Lombok, akan tetapi ada komentar yang promosi obat pelangsing dan peninggi. Iklan ini tak ada korelasinya sama sekali. Tak hanya berkomentar dengan promosi, para spammer juga biasanya menyertakan backlink menuju website mereka. Jangan menyepelekan komentar spam yang ada di blog Anda. Sebab ini akan beresiko menurunkan trafik pada peringkat Alexa Rank.

4 ) Kurang Mempromosikan Blog

penyebab peringkat blog turun drastis 4

Sering update blog dan kontennya sudah menarik, namun tetap menurun? Mungkin Anda kurang mempromosikan website dengan benar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat website atau blog lebih dikenal orang banyak baik secara offline atau online. Cara online menjadi jalan alternatif karena cara ini bisa dilakukan hanya dengan sekali klik saja. Promosi blog secara online bisa dilakukan dengan membagikan link web Anda di media sosial seperti instagram, facebook, atau twitter.

5 ) Memasang Iklan yang Berlebihan

penyebab peringkat blog turun drastis 5

Tak ada salahnya memasang iklan atau iklan popunder di website Anda. Namun, jika berlebihan akan membuat para pembaca merasa jengah. Ini salah satu penyebab peringkat blog turun drastis. Sebab, tampilan website akan terlihat terlalu ramai sehingga tidak kondusif untuk membaca. Informasi yang dicari pun bisa-bisa tertutup oleh iklan yang bertebaran di blog Anda.

Itulah beberapa penyebab peringkat blog turun drastis yang harus Anda ketahui. Semoga informasi bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *