Piala AFF, Indonesia Bantai Laos

Bermain dengan 10 orang sejak babak pertama, ternyata timnas Indonesia masih memiliki taji di pertandingan akhir Piala AFF 2014. Timnas Indonesia memperoleh 3 poin pertama mereka dengan menumbangkan Laos dengan skor telak 5-1. 
5 gol Indonesia dicetak oleh Evan. Dimas 8′, R. Lestaluhu 20′, 50′, Zulham Zamrun 82′, dan K. Souksavanh 89′ (Gol bunuh diri). Sedangkan gol Laos dicetak melalui eksekusi penalti setelah Supardi melakukan pelanggaran kepada pemain Laos di menit ke 27. Khampheng Sayavutthi yang menjadi algojo sukses menyarangkan bola ke gawang I made Irawan dan dampak buruknya adalah Suoardi dikartu merah wasit akibat pelanggaran tersebut.

Indonesia vs Laos
Evan Dimas mencetak gol pertama timnas Indonesia

 Meskipun timnas Indonesia menang di pertandingan terakhir fase grup Piala AFF 2014, Namun harapan untuk lolos ke babak berikutnya sudah hilang lantaran di tempat lain Tuan rumah Vietnam berhasil mengamankan kemenangan ketika bermain melawan Philipina. Vietnam mampu mengatasi perlawanan Philipina dengan skor meyakinkan 3-1. Dengan demikian, Vietnam menjadi menemani langkah Philipina yang sudah lolos duluan ke babak semifinal Piala AFF. Vietnam menjadi juara grup A dengan poin 7 poin, sedangkan Philipina berada di peringkat kedua dengan 6 poin.
Dari tingkat junior hingga level utama, rapor merah patut diberikan untuk torehan timnas Indonesia tahun ini. Namun dengan 3 poin ini, paling tidak bisa mengobati kekecewaan masyarakat Indonesia atas buruknya prestasi tim sepakbola Indonesia di ajang Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *