Tips Aman Transaksi dan Jual Beli Online Via FJB Kaskus

Di jaman yang serba modern ini jual beli sudah bisa dilakukan melalui online. Tetapi sebagai pelaku jual beli online, anda tetap harus waspada supaya tidak dirugikan suatu saat baik itu oleh penjual ataupun pembeli. Kaskus sebagai forum terbesar di Indonesia merupakan tempat strategis bagi para penjual dan pembeli. Di dalam kaskus ada sebuah forum jual beli (FJB) yang berfungsi untuk sarana transaksi jual beli barang dan jasa. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika bertransaksi , Semut Ijo akan memberikan tips dan trik transaksi dan jual beli online via FJB Kaskus .

Tips Aman Berjualan di FJB Kaskus

1. PELAJARI ATURAN MAIN FORUM
Bacalah aturan peraturan yang ada pada forum. Pada umumnya aturan forum dapat dilihat di halaman utama setiap forum. Jangan membuat lapak di forum yang tidak sesuai dengan kategori barang atau jasa yang dijual.
2. JUDUL YANG JELAS
Beri judul yang mewakili barang atau jasa yang dijual, sehingga dengan membaca sekilas, buyer bisa mengetahui isi dari lapak jualanmu.
3. BUAT LAPAK MENARIK
Buatlah thread lapak semenarik mungkin. Berikan informasi yang lengkap dan tampilkan foto asli dari produk tersebut secara jelas.
4. BANDINGKAN DENGAN LAINNYA
Riset barang atau jasa yang akan kamu jual, hal ini membantu untuk menentukan harga jual yang pas.
5. CANTUMKAN NOMOR KONTAK
Cantumkan nomor kontak yang jelas agar calon buyer dapat menghubungimu. Jika tidak bisa standby setiap saat, tuliskan rentang jam dimana kamu bisa dihubungi.
6. CANTUMKAN CARA PEMBAYARAN
Cantumkan metode pembayaran yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan Rekening Bersama (Rekber) atau Cash on Delivery (COD).
7. JAGA KOMUNIKASI
Beri pelayanan yang fast response dan memuaskan kepada buyer.
8. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS
Sebagai penjual, rekomendasi dan referensi dari komunitas yang berhubungan dengan produk tersebut sangat membantu untuk mendapatkan testimoni yang mendukung kepercayaan calon buyer.
9. SIMPAN BUKTI TRANSFER
Simpan bukti transfer dan bukti elektronik lainnya yang dilakukan dengan buyer. Hal ini sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi.

Tips Membeli Barang secara Aman di FJB Kaskus

1. PELAJARI
Cari barang atau jasa yang diinginkan. Bandingkan harga dan spesifikasinya. Waspadai barang dengan harga yang terlalu murah.
2. CEK REPUTASI SELLER
Lihat reputasi penjual dengan seksama. Good Reputation Point (GRP) atau cendol tidak menjamin bahwa penjual tersebut terpercaya. Perhatikan beberapa hal-hal berikut:
Testimoni 
Baca komentar atau testimoni dari Kaskuser yang pernah bertransaksi dengan seller tersebut.
Username 
Waspadalah dengan username yang menggunakan nomer urut atau menggunakan huruf acak tanpa makna namun isi lapaknya sama dengan lapak lain, karena hal tersebut dicurigai sebagai spam.
Join Date 
Lihat kapan penjual bergabung di Kaskus. Apabila baru, sebaiknya teliti kembali kredibilitas seller, misalnya dari postingan yang dibuatnya.
Nomor Kontak 
Search nomer kontak seller di mesin pencari. Cek apakah nomer kontak tersebut pernah bermasalah dalam transaksi penjualan sebelumnya.

3. METODE PEMBAYARAN
Gunakan metode pembayaran yang aman bagi keduabelah pihak, misalnya seperti menggunakan Rekening Bersama (Rekber) atau Cash On Delivery (COD) ditempat ramai. Jika ingin menggunakan transfer antar bank, pastikan bahwa seller sudah dikenal luas sebagai penjual terpercaya.
4. BERTANYA PADA KOMUNITAS
Rekomendasi dari komunitas yang berhubungan dengan produk tersebut akan bisa membantu mengetahui seller yang oke.
5. SIMPAN BUKTI TRANSFER
Simpan bukti transfer dan bukti elektronik lainnya yang dilakukan dengan seller. Hal ini sebagai bukti pendukung jika terjadi masalah dalam proses transaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *