Tips Premium dan Cara Riset Keyword dengan Semrush

Apabila Anda memiliki sebuah situs internet, website, atau blog  pribadi, salah satu hal yang harus Anda ketahui agar isi blog Anda menarik adalah cara riset keyword dengan semrush. Tentunya, salah satu tujuan Anda dalam membuat suatu website atau blog pribadi adalah agar dapat memberikan informasi kepada pembaca dan membuat tulisan dapat dibaca oleh banyak orang. Maka dari itu, Anda harus teliti mengenai topik apa yang sedang dicari oleh banyak orang. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan tanpa bantuan yang lain.

Dalam hal ini, semrush merupakan situs yang sangat berguna dalam pencarian keyword bagi website atau blog pribadi Anda. Berikut daftar cara riset keyword dengan semrush.

Daftar Cara Riset Keyword dengan Semrush

1 ) Masukkan keyword yang ingin Anda cari

cara riset keyword dengan semrush 1

Anda dapat mengecek apakah keyword tersebut cukup populer untuk menarik pembaca sebagai langkah pertama dalam cara riset keywod dengan semrush. Dalam hal ini, ketika Anda sudah mendaftarkan diri sebagai anggota di semrush, Anda dapat memasukkan keyword dalam kolom keyword yang berbentuk persegi panjang di bagian atas situs. Setelah memasukkan keyword yang ingin Anda cari, pilih negara mana yang menjadi target pembaca Anda dalam kotak yang ada di samping kanan. Setelah itu klik Enter.

2 ) Lihat trend dari keyword yang Anda masukkan

cara riset keyword dengan semrush 2

Selanjutnya, Anda akan disajikan sejumlah data statistik mengenai tingkat popularitas dari keyword yang Anda masukkan dengan target negara tertentu yang tentunya juga telah Anda masukkan sebelumnya dalam cara riset keyword dengan semrush. Tingkat popularitas tersebut ditunjukkan oleh grafik batang yang ada di bagian kanan bawah situs. Apabila grafik tersebut memiliki tingkat popularitas yang tinggi tanpa adanya fluktuasi yang signifikan, keyword yang Anda masukkan banyak dicari pengguna internet untuk dibaca. Dari grafik tersebut, Anda dapat menerapkan langkah selanjutnya yang harus Anda ambil untuk menarik pembaca dari negara yang Anda inginkan. Apabila grafik tersebut menunjukkan kenaikan yang stabil, Anda dapat menggunakan keyword tersebut.

3 ) Lihat alternatif pilihan keyword yang muncul

cara riset keyword dengan semrush 3

Langkah ketiga dalam cara riset keyword dengan semrush adalah Anda dapat melihat pilihan alternatif dari keyword yang Anda masukkan. Pilihan-pilihan tersebut masih memiliki kesamaan dengan keyword yang Anda inginkan, jadi jangan khawatir keyword tersebut akan sangat berbeda dengan keyword yang Anda masukkan. Dari pilihan keyword tersebut, Anda juga akan disajikan data mengenai volume pencarian keyword di negara target. Selain itu, apabila Anda mengelola website atau blog berbayar, data mengenai cpc atau cost per click juga akan sangat bermanfaat. Dari kedua data tersebut, Anda dapat melakukan kalkulasi kemungkinan pemasukan yang akan Anda terima selama sebulan apabila memutuskan untuk menggunakan keyword tersebut.

4 ) Lihat alternatif negara yang tersedia

cara riset keyword dengan semrush 4

Apabila negara yang Anda jadikan target sebelumnya tidak memiliki total pencarian yang memuaskan terhadap keyword yang ditetapkan, jangan kecewa karena Anda dapat mengubah negara target bagi keyword yang Anda pilih. Informasi mengenai cpc distribution dalam semrush akan sangat bermanfaat apabila Anda mengejar keuntungan melalui tulisan yang Anda buat. Lihat negara mana yang memiliki jumlah pencari terbesar terhadap keyword yang Anda pilih dan tetapkan negara tersebut sebagai target utama tulisan Anda.

Itulah cara riset keyword dengan semrush. Dengan begitu, tulisan Anda akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *