3 Klub Indonesia Dihukum FIFA Gara-gara Twitter

3 Klub Indonesia Dihukum FIFA Gara-gara Twitter

Nasib kurang bagus tampaknya sedang mendera sepakbola Indonesia beberapa bulan ini. Dari kegagalan timnas U-19 di Piala Asia, Sepakbola gajah PSS vs PSIS, kegagalan Timnas senior di Piala AFF dan yang terbaru adalah 3 klub dari Indonesia diberi sanksi dan denda oleh FIFA mempublikasikan informasi terlarang di twitter. Ini menjadi yang pertama FIFA memberikan sanksi untuk kasus pelanggaran di media sosial.
Dikutip dari website resmi FIFA, FIFA.com , ketiga klub yang dimaksud yakni Persebaya Surabaya, Persires Bali Devata, dan PSIS Semarang. Persebaya dan Persires masing-masing didenda USD 25.800 atau setara Rp 318,2 juta karena dianggap telah menerbitkan data yang dianggap rahasia oleh FIFA di akun twitternya. 
Persires Bali Devata
Sedangkan PSIS didenda sebesar USD15.000 atau setara Rp185 juta karena telah menerbitkan surat rahasia yang dikirim FIFA kepada mereka. “Klub-klub ini telah melanggar kewajiban mereka untuk menyimpan data rahasia seperti yang diatur dalam FIFA Transfer Matching System,” tulis pernyataan di situs FIFA.
FIFA menambahkan, ini menjadi pertama kalinya Komite Disiplin memberikan sanksi untuk pelanggaran di media sosial. Menurut FIFA, setiap data yang bersifat rahasia tidak boleh dipublikasikan dalam bentuk apapun.
“Ini demi keamanan lebih dari 6.500 klub, dan 209 asosiasi anggota yang menggunakan sistem tersebut,” tutup pernyataan resmi dari FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *