Cara Optimasi Instagram untuk Bisnis Online

Cara Optimasi Instagram untuk Bisnis Online

Bisnis online merupakan bisnis yang amat menjanjikan di abad yang sudah sangat modern ini. Tak hanya melalui FB, BBM atau Twitter, jualan juga bisa dilakukan melalui media sharing foto bernama Instagram. Media ini sangat cocok untuk jualan. Foto-foto produk bisa dishare di lahannya. Instagram memang diciptakan khusus sebagai media untuk berbagi foto dan video mini. Berikut adalah cara optimasi instragam untuk bisnis online supaya lebih menjual.

Enam Cara Optimasi Instagram untuk Bisnis Online

 

1 ) Perbarui Profil

Cara optimasi instagram adalah memperbarui profil. Carilah avatar yang menarik perhatian dan sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Jika media jualan tak hanya IG saja, usahakan semua avatarnya memiliki gambar yang sama agar mudah diingat pelanggan. Selain itu, gunakan juga username yang sama dengan twitter, bbm atau fb agar mudah dicari. Gunakan kata kunci yang banyak dicari orang dalam keterangan bio Anda supaya lebih mempermudah Instagram untuk melakukan pencarian. Lalu, jangan lupa untuk menggunakan emoji yang mampu menarik perhatian.

cara optimasi instagram 1

2 ) Siapkan Hashtag

Cara optimasi instagram adalah dengan memanfaatkan hashtag. Hashtag memang sangat membantu dalam proses pencarian di IG. Pastikan Anda menggunakan hashtag ini dengan benar. Caranya, gunakan 30 hashtag per gambar atau postingan yang diunggah. Agar tidak terlalu penuh, usahakan yang ada pada caption adalah hashtag yang paling penting dan hashtag lainnya di bagian komentar. Penggunaan hashtag ini harus selalu konstan. Ingat, gunakan hashtag yang sesuai dengan pasar bisnis Anda.

 

cara optimasi instagram 2.2

3 ) Siapkan Rencana Postingan

Rencana postingan juga harus disiapkan dengan baik. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi repost untuk membagikan foto. Untuk membuat video, Anda bisa menggunakan Flipagram. Sesekali Anda pun bisa mengunggah quotes yang bisa dibuat dari smartphone maupun desktop untuk mencari perhatian calon konsumen.

cara optimasi instagram 2

4 ) Berinteraksilah dengan Follower Anda

Follower juga manusia, sesekali Anda bisa berinteraksi dengan mereka layaknya dengan sahabat sendiri. Hapuslah komentar spam yang ada pada postingan kamu. Tag orang-orang ketika mengunggah foto supaya mereka juga mendapatkan pemberitahuannya. Akan tetapi, jangan terlalu sering supaya follower Anda tidak lekas kabur. Permudahlah orang-orang dalam mencari kamu di Medsos dengan.

cara optimasi instagram 3

5 ) Gunakan Geotagging

Cara optimasi instagram selanjutnya adalah dengan memanfaatkan geotagging. Fitur ini adalah fitur yang ada pada Instagram untuk memberitahukan di mana gambar yang diambil. Fitur ini berfungsi secara bersamaan dengan GPS yang ada pada smartphone Anda. Uniknya, di fitur Geotag ini, Anda bisa membuat tempat dengan sebuah nama yang dibuat sendiri. Anda bisa mengubahnya seunik mungkin untuk mengundang orang lain agar memberikan love pada postingan Anda.

cara optimasi instagram  4

6 ) Gunakan juga Call To Action

 

Cara optimasi instagram adalah dengan Call To Action. Fitur ini dapat meningkatkan konversi dari follower di IG. Call To Action mampu membawa follower selangkah lebih maju ketika mereka melihat postingan Anda sehingga mereka lebih dekat dengan Anda. Beberapa Contoh CTA ini adalah “Klik Link di bio untuk mengenal saya”, “Suka gambar ini? Hubungi saya di…”, “Hubungi saya sehingga Anda dapat..” Usahan setiap postingan memiliki CTA. Akan tetapi,jangan terlalu terlihat berjualan karena fungsi medsol sejatinya memang untuk bersosial yang nanti Anda konversi menjadi pembeli.

cara optimasi instagram 5

Demikian adalah cara optimasi instagram yang dapat Anda aplikasikan untuk membuat akun Anda lebih menarik. Dengan akun yang menarik dan informatif, pelanggan akan merasa nyaman mengunjungi laman Anda sehingga berpotensi meningkatkan pemasukan bisnis.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *