Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 di iPhone dan iPad

Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 di iPhone dan iPad

Beberapa waktu lalu, perusahaan Apple meluncurkan update sistem pengoperasian terbaru yakni iOS 9.3. Namun, kabarnya banyak pengguna yang mengalami beberapa masalah setelah mengupgrade system terbaru ini. Masalah tersebut membuat banyak pengguna Apple mencari informasi terkait Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1. Salah satu masalah yang cukup meresahkan penggunanya adalah munculnya bug system terkait mode aktivasi yang pada akhirnya membuat update system ini ditarik. Selain itu, mode akses tautan pada system terbaru ini juga bermasalah sehingga banyak pengguna iPhone dan iPad yang mengeluh ingin kembali ke iOS terdahulu. Bagi Anda yang ingin mengembalikan iOS sama seperti sebelumnya, kali ini akan diulas terkait tutorial untuk men-downgrade atau restore iOS pada iPhone dan iPad.

Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 Mudah dan Cepat

Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1

1 ) Periksa Kondisi Server

Langkah pertama dalam Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 adalah melakukan pengecekan  IPSW atau firmware dari versi iOS yang digunakan, apakah masih terdaftar atau tidak. Pengecekan ini dikenal dengan nama TSS Signing Status. Jika setelah dicek IPSW tersebut ternyata masih terdaftar pada server Apple, maka Anda bisa melakukan restore. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mendownload IPSW iOS 9.2.1 sesuai dengan perangkat iOS yang digunakan. Kemudian, pastikan bahwa Anda segala data yang ada pada ponsel telah di backup ke iTunes yang sebelumnya telah diunduh di komputer. Jika tidak ada iTunes, menggunakan iCloud juga bukan menjadi masalah.

2 ) Pengaturan

Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 selanjutnya adalah menonaktifkan “Find My iPhone” pada pengaturan. Kemudian, buatlah perangkat iOS Anda berada pada posisi Recovery Mode. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mematikan perangkat dengan cara menekan sambil menahan tombol power lalu pilih Slide to Power Off. Tahan dan tekan terus Home Button sambil menghubungkan perangkat iOS melalui kabel data pada komputer. Ingat, Anda harus tetap menekan tombol Home Button sampai layar menampilkan logo iTunes. Apabila telah selesai, silahkan dilepas.

3 ) Mulai merestore

Langkah selanjutnya adalah, diposisikan IPSW iOS 9.2.1 yang telah didownload pada Desktop ke bagian yang menurut Anda mudah diakses. Kemudian, Anda masuk ke aplikasi iTunes lalu akses tab menu untuk perangkat dan pilih list Summary yang ada pada sisi kiri. Lalu Anda tekan sambil ditahan tombol Option dan klik Restore. Menahan tombol ini berguna untuk melakukan pencarian file IPSW yang sebelumnya telah diunduh. Ingat, Anda harus mematikan bahwa komputer ada pada posisi terkoneksi ke internet. Jika langkah-langkah tadi sudah dilakukan, Anda hanya perlu menunggu proses restore ke sustem sebelumnya selesai.
Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 menggunakan cara ini memang belum diketahui apakah  data Anda akan ter-backup secara otomatis atau tidak. Hal ini dikarenakan setiap perangkat memiliki perbedaan pada struktur library. Sehingga perlu dilakukan pemindahan data menggunakan komputer untuk berjaga-jaga. Setelah restore yang dilakukan selesai, sebaiknya segera Anda coba apakah masalah bug yang tadi dialami telah hilang pada iOS 9.2.1.
Demikian ulasan terkait bagaimana cara untuk mengembalikan iOS 9.3 ke system sebelumnya yaitu 9.2.1. Semoga tulisan mengenai Tutorial Downgrade iOS 9.3 ke iOS 9.2.1 ini dapat membantu Anda yang mengalami masalah setelah mengupgrade system terbaru dan ingin mengembalikannya seperti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *