Ini Soal Matematika Tersulit untuk Kelas 1 SD yang Bikin Pusing Dunia

Ini Soal Matematika Tersulit untuk Kelas 1 SD yang Bikin Pusing Dunia

soal matematika tersulit – Mungkin tidak hanya di Indonesia saja, bahkan pelajar di seluruh dunia bisa jadi menganggap bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran tersulit dibanding dengan pelajaran lainnya. Umumnya pada tingkat Sekolah Dasar, pelajarannya masih tergolong dalam pelajaran mudah. Karena memang disesuaikan dengan kemampuan belajar dari anak-anak. Namun, realitanya di beberapa negara tertentu tingkat kesulitan soal matematika yang diujikan untuk siswa Sekolah Dasar (SD) ini sama sulitnya dengan apa yang diujikan untuk materi olimpiade. Apa saja soal matematika tersulit yang sempat menggegerkan dunia? Berikut ulasannya.

4 Soal Matematika Tersulit

soal matematika tersulit 1

1 ) Soal Tentang Roller Coaster

Soal matematika tersulit yang pertama ini datang dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Ini merupakan soal yang diberikan untuk kelas 6 SD. Sebuah situs pembelajaran online pernah menggunakan soal yang membahas roller coaster ini untuk mengukur tingkat kecerdasan anak-anak yang mempunyai kemampuan berpikir di atas rata-rata.

Soal ini sempat disebarkan di dunia maya dan langsung saja membuat heboh orang banyak. Berikut soal matematika tersulit:

“Selama musim panas Calvin dan teman-temannya pergi ke Taman Bermain ‘Teng Flags’. Di taman permainan tersebut, ada 10 wahana roller coaster yang mana menurut brosur wajib untuk dicoba. Saat malam menjelang, Calvin dan teman-temannya hanya bisa mencoba 5 dari 10 wahana akibat dari antrian yang panjang. Dua orang dari rombongan Calvin tersebut setidaknya sempat untuk menaiki dua roller coaster yang sama. Berapa jumlah rombongan yang ikut pergi ke taman bermain bersama Calvin hari itu?”

2 ) Soal tentang Penjumlahan

Soal matematika yang tersulit selanjutnya yaitu sempat membuat geger para netizen khususnya para pengguna Facebook. Dalam soal tersebut terdiri dari penjumlahan, pembagian, serta perkalian sekaligus dalam satu soal. Soalnya adalah:

“7+77+7×7-7”

Untuk pilihan jawabannya yaitu: a) 00, b) 08, c)50, d)56

Apakah Anda bisa menyelesaikan soal anak Sekolah Dasar ini?

3 ) Soal Tes Masuk SD di Hong Kong

Pada situs jejaring sosial media di China sempat digegerkan dengan sebuah soal pada tahun 2014 silam. Soal matematika tersulit ini ternyata dipakai oleh Departemen Pendidikan Hong Kong untuk anak-anak yang akan tes masuk Sekolah Dasar. Inti dari soal tes masuk SD tersebut adalah:

“Ada sebuah mobil yang terparkir di baris kedua dari kanan, lahan parkir terbagi menjadi enam lajur. Dari kiri ke kanan, lajur tersebut diberi nomor 16, 06, 68, 88, lajur yang tertutup mobil, 98. Berapakah nomor lajur yang tertutupi oleh mobil yang terparkir tersebut?

4 ) Soal tentang tanggal ulang tahun

“Albert dan Bernard berkenalan dengan Cheryl. Mereka ingin mengetahui tanggal ulang tahun gadis ini. Cheryl kemudian memberikan 10 kemungkinan dari tanggal ulang tahunnya, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei

17 Juni, 18 Juni

14 Juli, 16 Juli

14 Agustus, 15 Agustus, 17 Agustus

Cheryl memberi tahu tanggal lahirnya kepada Albert dan Bernard secara terpisah. Kemudian Albert dan Bernar membuat pernyataan:

Albert: Saya tidak tahu kapan tanggal ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin jika Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard: Awalnya saya tidak mengetahui tanggal ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang mengetahuinya.

Albert: Berarti saya juga mengetahui ulang tahun Cheryl.

Pertanyaannya: kapan ulang tahun Cheryl?

Itulah beberapa soal matematika tersulit yang sempat membuat para netizen geger. Apakah Anda bisa mengerjakannya? dan jika anda mampu mengerjakannya silahkan tulis jawaban anda di kolom comment ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *