Trik Cepat untuk Menghafal Bacaan dan Tidak Akan Lupa Lagi

Trik Cepat untuk Menghafal Bacaan dan Tidak Akan Lupa Lagi

Menghafal adalah salah satu teknik umum yang digunakan oleh banyak orang untuk mengingat berbagai jenis hal. Untuk menghafalkan sesuatu kadang membutuhkan waktu yang lama. Trik untuk cepat menghafal bisa dilakukan untuk menyiasati kekurangan dalam menyimpan informasi. Bagi Anda yang memiliki daya ingat tinggi mungkin hanya memerlukan waktu sekejap saja untuk menghafal. Sama sekali tidak memerlukan usaha ekstra. Bersyukurlah bila dianugerahi bakat tersebut. Namun, bagi yang tidak terbiasa menghafal karena memori otak yang terbatas ada baiknya sering-sering berlatih agar mulai terbiasa dan dengan mudah bisa menghafal cepat.

Trik untuk Cepat Menghafal Agar Tidak Mudah Lupa Lagi

Menghafal bacaan dengan cepat harus dilatih secara konsisten dan berkala. Anda dapat memanfaatkan berbagai cara mudah yang tidak terlalu menyulitkan seperti beberapa trik untuk menghafal cepat berikut ini.

trik-untuk-cepat-menghafal-1

1 ) Cari Waktu yang Tepat

Waktu menjadi trik untuk cepat menghafal yang perlu diperhatikan. Waktu menjadi alasan yang rasional agar proses menghafal bisa berjalan maksimal. Saat Anda sedang berada dalam waktu yang baik, ditunjukkan dengan kondisi tubuh dan pikiran yang tidak berada dalam tekanan atau sedang melakukan kesibukan, maka proses menghafal akan lebih mudah. Tubuh akan otomatis memberikan respon positif dan pikiran dapat menerima segala informasi yang digunakan untuk menghafal. Saat mood Anda baik tentunya kegiatan menghafal akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membebani. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda membangun suatu ritual untuk membangun mood sebelum mulai menghafal seperti bernyanyi, menonton video lucu, atau mengkonsumsi makanan dan minuman favorit.

2 ) Mempersiapkan Materi yang Dibutuhkan

Setelah merasa semangat untuk memulai agenda menghafal, Anda harus mempersiapkan segala materi yang akan digunakan. Kumpulkan materi yang benar-benar diperlukan. Mulailah menyusunnya dari yang paling mudah untuk dihafal. Trik untuk cepat menghafal ini dilakukan agar Anda tidak merasa berat di awal. Asumsikan saja tahap tersebut seperti pemanasan sebelum masuk ke materi-materi lain yang lebih berat dan rumit untuk  dihafal.

3 ) Tuliskan Kata Kunci Pada Buku Catatan

Sambil melakukan proses menghafal materi-materi yang ada, Anda bisa menuliskan catatan yang dianggap perlu di sebuah buku. Hal ini dilakukan agar bisa menjadi panduan saat harus mengulang materi. Teknik ini juga digunakan untuk menghemat tenaga dan waktu karena saat Anda lupa tidak perlu lagi membaca ulang semua materi. Buka kembali buku catatan tersebut saat Anda mulai melupakan suatu materi tertentu. Kata kunci yang dituliskan juga bisa menjadi pemancing Anda dalam menghafalkan sebuah teks yang panjang.

4 ) Mulai Melafalkan Secara Perlahan

Saat Anda telah selesai dengan semua materi dan berakhir dengan poin-poin penting yang telah dicatat, langkah selanjutnya adalah melafalkan semua materi tersebut dengan suara keras. Ucapkanlah setiap kata dan simulasikan seolah Anda sedang berbicara tentang materi tersebut dengan orang lain. Bila perlu lakukan latihan dengan teman untuk membantu mengoreksi hafalan Anda. Teknik ini dijamin bisa  membantu Anda lebih cepat menghafal.

5 ) Menulis Kembali Apa yang Telah Dihafal

Menulis ulang menjadi trik untuk menghafal cepat yang terakhir. Tulis ulang materi-materi yang telah dihafal membantu Anda semakin mudah mengingat. Teknik ini juga membantu Anda mengingat lebih lama karena semua materi kembali diulang lagi dan lagi. semakin sering suatu materi diulang kemungkinan untuk menghafal dan mengingat akan semakin cepat.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *