Cara Budidaya Tanaman Aquaponik dan Ikan di Dalam Rumah

Cara Budidaya Tanaman Aquaponik dan Ikan di Dalam Rumah

Apakah Anda pernah mendengar istilah hidroponik? Hidroponik adalah teknik penanaman tanaman dengan menggunakan air sebagai pengganti tanah. Lalu apakah Anda mengenal istilah aquaponik? Apakah bedanya dengan hidroponik? Lalu bagaimana cara membuat tanaman aquaponik? Kali ini akan dibahas mengenai aquaponik sehingga Anda dapat mempraktekannya di rumah.

Pengertian dan Cara Membuat Tanaman Aquaponik di Rumah

cara-membuat-tanaman-aquaponik-3

Aquaponik sendiri merupakan perpaduan antara budidaya hewan air atau ikan yang biasa dikenal dengan istilah aquakultur dengan budidaya tanaman menggunakan teknik hidroponik pada satu sistem yang saling bermutualisme atau saling menguntungkan.

Anda dapat memelihara ikan-ikan dan juga menanam tanaman dalam satu waktu yang sama dan pada tempat yang sama pula. Adanya ikan, tanaman dan juga bakteri akan membuat suatu simbiosis mutualisme. Ikan akan membuang kotorannya pada air, kotoran inilah yang mengandung ammonia. Tugas dari bakteri adalah menyaring ammonia menjadi nitrat yang dapat berubah fungsi menjadi pupuk bagi semua tanaman hidroponik Anda.

Kemudian tanaman akan menghasilkan oksigen yang sangat berguna bagi keberlangsungan hidup ikan. Dengan cara membuat tanaman aquaponik yang benar Anda tidak perlu membeli pakan ikan dan nutrisi untuk tanaman karena mereka akan saling memberi satu sama lain.

Terdapat beberapa jenis atau model aquaponik. Baik model yang sederhana dan mudah dipraktekkan hingga model-model expert yang sudah mulai masuk pada tingkat yang lebih rumit. Disini akan dijelaskan cara membuat tanaman aquaponik yang sederhana sehingga Anda tidak kesulitan jika ingin mengikuti tata cara membuat aquaponik di rumah. Model yang akan digunakan adalah model dengan sistem pasang surut. System ini akan membuat air pada tanaman akan naik turun secara otomatis menggunakan alat bell siphon.

cara-membuat-tanaman-aquaponik-1

Alat-alat yang diperlukan dalam cara membuat tanaman aquaponik :

  1. Kolam / Bak untuk ikan
  2. Pompa air
  3. Wadah untuk menanam / grow bed
  4. Media untuk tanam
  5. Bell Siphon

Kolam ikan dapat dibuat dari berbagai macam bahan. Bisa menggunakan beton, fiber, terpal, box atau bahkan jika Anda sudah memiliki kolam ikan atau aquarium bisa dimanfaatkan. Kemudian pompa yang digunakan adalah pompa khusus untuk kolam. Dalam memilihnya pun tidak sembarangan, Anda harus menyesuaikan pompa dengan volume kolam.

Sebagai contoh jika volume air di kolam 1000 liter maka pompa yang harus Anda pilih adalah pompa dengan debit 1000 liter/jam atau lebih. Ketinggian pompa juga harus Anda perhatikan. Pompa setidaknya harus dapat mencapai ketinggian dari media tanaman yang akan dialiri oleh air.

Dalam memilih wadah untuk menanam atau yang disebut dengan grow bed harus tahan dari air, tidak boleh mudah sobek atau pecah dan juga tidak bocor. Hal ini karena wadah tersebut akan diisi oleh media bagi tanaman dan selalu tergenangi air kolam. Dalam hal ukuran sebaiknya memilih wadah yang tidak terlalu kecil juga tidak terlalu luas.

Media untuk menanam tanaman yang digunakan sangat bermacam-macam. Bisa menggunakan kerikil. Arang kayu, pecahan batu bata, remukan genting, atau batu kerakal. Media tanam ini diperlukan sebagai filter dan tempat untuk para bakteri nitrifikasi tersebut menempel. Terakhir adalah bell siphon. Ini adalah alat yang dapat bekerja dengan otomatis sehingga air yang ada di grow bed bisa pasang dan surut.

Itulah tadi beberapa cara membuat tanaman aquaponik dengan mudah di rumah. Selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *