5 Tips Agar Komputer Aman Dari Virus

5 Tips Agar Komputer Aman Dari Virus

Bagi Anda yang sedang mencari tips agar komputer aman dari virus, Anda dapat membaca uraian dibawah ini. Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Baik untuk bekerja, sekolah atau bahkan untuk hiburan, komputer menjadi bagian kehidupan yang saat ini sulit dilepaskan. Namun penggunaan komputer erat kaitannya dengan adanya virus. Virus yang menyerang komputer sangat banyak dan beragam serta dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada komputer. Untuk itu banyak pengguna komputer yang merasa resah berkat adanya virus tersebut.

Tips Jitu Agar Komputer Aman dari Virus

Jika Anda juga merasa terganggu dengan adanya virus, simak baik-baik uraian mengenai tips agar komputer aman dari virus berikut. Bayangkan saja jika Anda sedang sibuk-sibuknya mengerjakan tugas atau pekerjaan Anda. Kemudian secara tiba-tiba komputer Anda tidak dapat digunakan karena serangan virus. Tentu saja Anda akan kalang kabut terlebih lagi jika Anda diburu waktu untuk segera menyelesaikan tugas tersebut. Agar hal buruk tersebut tidak terjadi, lakukan tips jitu agar komputer aman dari virus berikut ini:

 1 ) Gunakan antivirus

tips-agar-komputer-aman-dari-virus-1

Semenjak semakin menjamurnya virus komputer, semakin banyak pula antivirus yang diciptakan. Anda dapat menggunakan antivirus untuk mengantisipasi adanya virus di komputer Anda. Namun penggunaan antivirus masih kurang efektif untuk beberapa jenis virus. Untuk itu, Anda harus menggunakan antivirus yang sesuai dengan jenis virus yang sering menyerang komputer Anda.

2 ) Scan media penyimpanan

tips-agar-komputer-aman-dari-virus-2

Jika Anda sudah memasang antivirus di komputer Anda, tips agar komputer aman dari virus selanjutnya yaitu lakukan scan media penyimpanan secara teratur. Bahkan jika perlu setiap saat Anda ingin menggunakan komputer. Jika di komputer Anda terdapat lebih dari 1 antivirus, Anda dapat melakukan scanning secara bersamaan untuk semua antivirus yang ada.

3 ) Lebih berhati-hati menggunakan komputer

tips-agar-komputer-aman-dari-virus-3

Virus dapat menyebar dari penggunaan komputer secara asal, misalnya saja karena browsing atau karena menancapkan flashdisk secara asal. Untuk itu, hindari membuka halaman-halaman yang tidak terlalu penting jika tidak ingin terserang virus. Selain itu, lakukan scan untuk flashdisk yang baru saja menancap di komputer Anda. Usahakan juga untuk tidak meminjamkan komputer Anda kepada orang secara sembarang. Jika perlu mintalah orang yang meminjam komputer Anda untuk melakukan scan virus sebelum dan setelah menggunakan komputer Anda.

4 ) Lakukan pembekuan partisi drive

tips-agar-komputer-aman-dari-virus-4

Ada aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan untuk membekukan partisi drive. Untuk tips agar komputer aman dari virus yang satu ini merupakan alternatif lain jika antivirus sudah tidak dapat Anda andalkan lagi. Jika Anda menggunakan cara ini maka tidak hanya virus saja yang tidak dapat masuk ke komputer Anda tetapi juga file-file lain. Misalnya saja Anda mengcopy data atau file dan disimpan di komputer. Jika komputer dimatikan dan dihidupkan kembali maka data tersebut akan hilang.

Secara garis besar, komputer Anda sudah dikunci sehingga tidak akan ada file yang masuk termasuk virus. Namun Anda tetap dapat membuka kunci tersebut dengan cara menon-aktifkan pembekuan data jika ingin menyalin file atau melakukan instalasi program.

5 ) Lakukan semuanya

Tips agar laptop aman dari virus yang terakhir yaitu dengan menerapkan semua cara-cara di atas. Lakukan pembekuan partis drive sekaligus lakukan scanning dengan menggunakan beberapa antivirus. Dengan melakukan semua cara-cara tersebut maka risiko komputer Anda terserang virus sangat kecil.

Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer atau laptop Anda dari virus. Jika Anda pernah merasakan betapa susahnya ketika komputer terserang virus, Anda tentu tidak akan ragu untuk melakukan cara-cara di atas. Lakukan tips agar komputer aman dari virus di atas sekarang juga untuk melindungi komputer Anda.

Deskripsi: Tips agar komputer aman dari virus yaitu dengan memasang antivirus. Setelah itu lakukan scan media penyimpanan secara rutin agar komputer tidak mudah terserang virus.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *