6 Tips Menjadi Backpacker Handal

6 Tips Menjadi Backpacker Handal

Backpacker adalah istilah yang yang digunakan untuk para traveler dengan budget minim menjelajah tempat-tempat eksotik baik domestik maupun tempat di seluruh dunia, sambil berjalan kaki menikmati perjalanannya. Mencari yang serba murah dan sangat menikmati detail perjalanan. Untuk mengenalinya cukup mudah biasanya mereka memakai ransel punggung (backpack) dan berpakaian seadanya. Tas punggung atau yang dikenal sebagai backpack inilah yang menjadi ciri khas mereka.

Backpacker

Untuk menjadi seorang backpacker, anda harus melakukan perencanaan secara matang dalam beberapa hal jauh-jauh hari sebelum hari H. Ada beberapa tips menjadi backpacker yang dapat anda jadikan sebagai referensi sebelum melakukan backpacking dan travelling.

6 Tips Menjadi Backpacker Handal

1. Tentukan tempat tujuan

Tips menjadi backpacker yang pertama adalah menentukan tempat tujuan. Tempat tujuan yang anda pilih lebih baik merupakan daerah yang dipenuhi banyak tempat-tempat indah yang berdekatan. Ini dapat memudahkan anda mengunjungi banyak wisata dalam satu daerah.

2. Cari Alat transportasi yang tepat

carilah alat transportasi dengan budget paling murah untuk bisa mengangkut anda ke tempat tersebut. Lupakan kemawahan dan kenyamanan. Bahkan jika tempat tujuan anda masih di dalam negeri, anda bisa menumpang pada truk atau mobil box yang biasanya mengangkut barang. 

3. Cari tempat penginapan murah

Kemudian untuk tempat menginap, anda bisa memilih penginapan yang harganya paling murah atau bisa menumpang di rumah penduduk, bahkan beristirahat di musholla, masjid, stasiun, terminal, atau tempat-tempat umum lainnya bisa anda pertimbangkan juga untuk meminimalisir pengeluaran. Irit bukan berarti mengabaikan kesehatan dan keselamatan.

4. Siapkan Perlengkapan penting

Jika anda telah memutuskan tinggal di dunia luar, anda harus menyiapkan segala perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan nanti, seperti obat pribadi, kantong plastik untuk membedakan baju kotor dan bersih, pakaian secukupnya, alat mandi secukupnya, tisu basah untuk digunakan di perjalanan jika tidak menemukan sumber air untuk membersihkan diri, dan tempat minum

5.Manfaatkan apapun yang ada

Sebagai seorang backpacker anda harus tanggap dan pandai melihat apapun yang bisa dimanfaatkan di sekitar anda. Misalkan, menggunakan kamar mandi umum atau sungai bersih untuk mencuci pakaian. Setelah kering, cara penyimpanan baju yang tepat adalah dengan menggulungnya agar ransel dapat menyimpan banyak barang lain.

6. Wajib mengetahui letak kantor kedutaan besar Indonesia (jika tujuan ke luar negeri)

Tips menjadi backpacker yang tak kalah penting jika tempat tujuan anda ada di luar negeri adalah, wajib mengetahui letak kantor kedutaan besar Indonesia. Percayalah, di luar negeri sana, kantor ini akan sangat membantu anda dalam berbagai persoalan.
Itulah beberapa Tips menjadi backpacker, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada diantara sobat yang telah memiliki pengalaman dalam backpacker, silahkan di share pengalamannya di kolom komentar yang tersedia dibawah. Terima kasih!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *