Ahok vs Haji Lulung, Dari Pujian sampai Makian

Ahok vs Haji Lulung, Dari Pujian sampai Makian

Haji Lulung menjadi sasaran bully para netizen karena sikapnya yang selama ini selalu bermusuhan dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Perseteruan Ahok vs DPRD DKI Jakarta pada umumnya dan khususnya Ahok vs Haji Lulung memang sudah terjadi cukup lama. Seperti yang terlihat beberapa hari terakhir. Ahok dengan segenap bukti yang dimiliki coba membongkar kecurangan anggota DPRD DKI yang memasukkan anggaran tambahan di APBD DKI tanpa sepengetahuannya. Yang paling baru, Kisruh yang terjadi di Kementerian Dalam Negeri saat rapat mediasi kemarin, Kamis (5/3), membuat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana terkenal.
Haji Lulung menjadi terkenal setelah Hashtag #SaveHajiLulung muncul setelah peristiwa rapat mediasi antara Ahok dan DPRD DKI berakhir panas pada Kamis kemarin. Hashtag #SaveHajiLulung bahkan menjadi trending topic dunia.. Apalagi, Lulung saat diwawancara, salah menyebut UPS (uninterruptible power supply) dengan USB (flash drive). Hal inilah yang langsung disambar netizen dan dijadikan olok-olokan yang berlangsung sejak Kamis malam. Pengadaan UPS sendiri merupakan proyek yang dipermasalahkan Ahok dalam APBD DKI 2015. 

Ahok vs Haji Lulung

Abraham atau akrab disapa Lulung mengungkapkan, dia tidak dapat membalas pengguna media sosial twitter. Untuk itu dia hanya mendoakan mereka yang menggunakan #savehajilulung hingga akhirnya menjadi trending topic. Lulung mengatakan, awalnya tidak mengetahui bahwa dirinya menjadi bahan pembicaraan di media sosial Twitter. Namun dia mengapresiasi warga yang berpartisipasi dalam #savehajilulung. Dia mengungkapkan, tidak pernah tertarik dengan adanya media sosial. Karena buat dirinya, media sosial tidak mendukung penegakan hukum di Indonesia. Bahkan politisi PPP ini tidak ingin memilikinya.
meme haji lulung
meme haji lulung
Sejak menjadi wakil gubernur di DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sudah mewakafkan dirinya untuk perang terhadap korupsi. Dia mengaku siap mati untuk memutus mata rantai korup utamanya di lingkungan pemprov yang selama ini dikenal dengan lahan basah. Ucapan itu tampaknya bukan isapan jempol belaka. Sejak diberikan mandat sebagai gubernur DKI yang ditinggalkan Jokowi, Ahok langsung menunjukkan taringnya. Ahok, sapaannya, tak perlu pikir panjang untuk memecat anak buah yang kedapatan main anggaran. Termasuk harus bersitegang dengan DPRD jika tak becus mengawasi pengelolaan anggaran. 
Keseriusan Ahok melakukan transparansi rupanya diapresiasi banyak pihak. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan dukungan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dukungan ini terkait polemik antara eksekutif dan legislatif dalam pembahasan APBD DKI Jakarta 2015. Pujian pada Ahok juga datang dari salah satu staf khusus Mensesneg, Refly Harun. Pria yang juga pengamat hukum dan tata negara itu berharap semua kepala daerah harus meniru keberanian Ahok.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *