Alutsista Buatan Pindad Berteknologi Paling Canggih

Alutsista Buatan Pindad Berteknologi Paling Canggih

 Tak banyak masyarakat yang tahu apa itu Alutsista. Padahal istilah tersebut sangat sering dimunculkan ketika Indonesia sedang dilanda permasalahan hebat misalnya saja ketika terjadi peristiwa jatuhnya pesawat yang memakan banyak korban. Sebenarnya Alutsista merupakan sebuah singkatan yang diambil dari alat utama sistem persenjataan. Dan Alutsista buatan pindad lah yang terkenal menjadi pemasok utama senjata tentara RI.

Alutsista merupakan suatu komponen penting yang menjadi kekuatan militer suatu negara. Indonesia sendiri sudah berhasil membuat negara-negara besar dengan keberadaan Alutsistanya mulai dari persenjataan darat, air dan udara. Salah satu perusahaan BUMN yang membantu Indonesia dalam mempertahankan kekuatan militer adalah PT. Pindad. Perusahaan kelas tinggi ini telah berhasil menunjukkan pada dunia bahwa alat utama dari sistem persenjataan Indonesia didukung dengan teknologi tinggi dan bisa dijadikan andalan.  Setidaknya sudah ada banyak perlengkapan militer yang telah dibuat oleh PT. Pindad. Oleh karena itu, kali ini akan diulas terkait produk-produk paling canggih buatan Pindad yang berhasil membuat dunia terpukau.

Alutsista Buatan Pindad Paling Handal

1 ) Panser Badak

panser badak

Sejak munculnya rencana melengserkan tank Saladin yang dianggap sudah ketinggalan jaman, kini Pindad akan mengusung panser baru mereka yang diberi nama Panser Badak. Beberapa waktu lalu, panser canggih ini telah menjalani uji coba di daerah Cipatat dengan sangat sukses. Tembakan yang dikeluarkan panser hebat ini memiliki akurasi yang tinggi meskipun dilakukan dengan banyak posisi. Panser yang mendapat dukungan penuh dari Dislitbang TNI Angkatan darat tersebut dilengkapi dengan spesifikasi turrent 90mm yang dibawa langsung dari Belgia. Panser yang digarap anak bangsa ini rencananya akan diproduksi sebanyak 30 unit setiap tahunnya. Angka tersebut masih bisa meningkat sesuai dengan permintaan pihak militer. Saat dilakukan uji coba, Alutsista buatan pindad ini berhasil membuat pihak Dislitbang AD puas karena menyuguhkan performa yang luar biasa. Maka pantas saja jika panser terbaru yang akan diproduksi pada tahun 2016 ini disebut-sebut sebagai Alutsista tercanggih buatan Pindad.

Teknologi Terbaru TNI Mulai Diperhitungkan Dunia

2 ) Panser Anoa  

panser anoa pindad

Sebelum membesut Panser Badak, PT. Pindad diketahui menghadirkan Alutsista  canggih lainnya yaitu Panser Anoa. Saking terkenal karena teknologi dan perakitannya yang canggih, produk militer hasil buatan dalam negeri ini menarik minat negara lain. Keunggulan yang menjadi daya tarik panser ini ada pada bodinya yang dilapisi dengan baja yang terkenal anti peluru. Meski di tembaki berkali-kali oleh M-16 atau senjata lainnya, dijamin Panser ini tidak akan bisa ditembus. Oleh karena itulah Alutsista buatan pindad digunakan untuk misi mengangkut personel agar aman. Istilah yang sering digunakan adalah Armoured Personnel Carrier (APC). Di beri nama Anoa karena panser ini merupakan panser asli Indonesia, sama halnya dengan Anoa yang merupakan salah satu hewan  asli tanah air. Panser keren ini muncul pertama kali di mata publik pada tanggal 5 Oktober 2006, yang mana merupakan hari lahirnya TNI TI yang ke 61 di Mabes TNI, Cilangkap.

Daftar Alutsista TNI Angkatan Udara Tercanggih

3 ) Tank AMX-13

Tank AMX 13 Pindad

Satu lagi Alutsista besutan Pindad yang berteknologi tinggi yaitu tank AMX-13. Tank yang merupakan hasil modifikasi dari PT. Pindad ini mengusung teknologi terbaru yang memiliki kemampuan melebihi produk aslinya. Pasalnya Alutsista buatan pindad yang satu ini merupakan produk buatan Perancis yang kemudian dibeli dan di modifikasi agar lebih canggih dan tangguh.

Daftar Alutsista tercanggih milik TNI tahun 2015

Tak hanya bisa dipakai untuk keperluan TNI AD, tank ini juga bisa digunakan untuk keperluan Korps Marinir karena adanya kemampuan amfibi yang dikembangkan. Jika melihat Alutsista buatan pindad yang mengusung teknologi secanggih itu maka sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia berbangga diri memiliki persenjataan yang tak kalah dengan negara lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *