Apa Itu Burnout ? Dan Apa Saja Gejala Bila Anda Mengalaminya ?

Apa Itu Burnout ? Dan Apa Saja Gejala Bila Anda Mengalaminya ?

Bekerja memang salah satu rutinitas yang harus dikerjakan oleh banyak orang terutama kepala rumah tangga. Namun, banyak juga yang belum menikah juga meniti karir untuk masa depan yang lebih cerah. Saat menjalani rutinitas tersebut, tentunya akan mengalami kebosanan atau depresi. bagi mereka yang bekerja sehari-hari, mungkin sudah akrab dengan istilah burnout.

Burnout adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan kelelahan baik emosional dan fisik yang dialami oleh seseorang. Burnout dalam bahasa gaul biasa disebut dengan bete. Hal yang harus dipahami adalah burnout bukan hanya sekedar kejenuhan atau bosan biasa namun mempunyai pengaruh psikologi yang cukup mendalam.

Saat ini, burnout disadari banyak orang sebagai permasalahan yang cukup serius serta dapat berpengaruh ke kehidupan sehari-hari. Faktanya, burnout tidak hanya dialami para pegawai, karyawan atau professional saja namun juga dapat dialami oleh mahasiswa, para pelatih, ibu rumah tangga, pelajar serta mereka yang tidak sedang bekerja juga dapat terkena resiko burnout.

Menurut para ahli, burnout adalah keadaan kelelahan pada fisik yang diartikan kurang energi fisik serta kelelahan emosional yang diartikan dengan adanya depresi, dan kelelahan mental yang diartikan sebagai kelelahan yang disebabkan rendanya penghargaan terhadap diri. Tentunya, burnout dapat diketahui sejak dini ketika anda mengetahui gejala-gejala burnout seperti berikut ini.

Gejala-gejala terkena burnout

burnout-adalah-2

Gejala burnout adalah menyerang fisik ataupun psikologis. Karena burnout adalah berkaitan dengan kelelahan fisik, maka gejala fisik untuk burnout antara lain adanya rasa mual, mabuk, serta serangan sesak napas. Terdapat perubahan selera makan yang signifikan bahkan sebagian orang tidak ingin menyantap makanan apapun namun ada yang sebaliknya yakni mengkonsumsi terlalu banyak makanan. Dilihat dari segi fisik, para penderita burnout akan seringkali mengalami gangguan sistem pencernaan seperti pada lambung dan mencret atau sembelit.

Selanjutnya, banyak penderita burnout yang menderita insomnia atau susah tidur serta seringkali terjaga saat dini hari. Mereka juga akan merasakan lelah lebih sering meskipun hanya mengerjakan hal-hal yang sederhana. Burnout adalah penyakit yang ditandai dengan adanya bosan yang berlebihan serta perasaan gelisah yang tidak beralasan.

Salah satu gejala fisik burnout tersebut adalah dapat dilihat dari seringnya gelisah bahkan untuk orang-orang tertentu mereka akan senang menggigit kuku, ragu mengerjakan sesuatu dan berakibat sering salah atau seringkali berjalan mondar-mandir. Gejala yang terdapat pada fisik yang lain adalah timbulnya bercak merah pada kulit, kesemutan, pegal-pegal, keringat dingin, mimisan, jantung berdebar-debar, dan pusing kepala.

Untuk gejala psikologis atau mental juga sangat beragam. Gejala psikologis burnout adalah hilangnya minat pada seks, marah sepanjang waktu, merasa menjadi pribadi yang gagal, tidak mampu menentukan keputusan dan seringakali merasa tidak mampu memecahkan atau menghadapi suatu masalah, Tidak menyukai diri sendiri dan orang lain, merasa bahwa tidak pernah diperhatikan.

Karena burnout adalah merasakan khawatir yang berlebihan, maka dari gejalanya pun juga menunjukkan akan adanya kekhawatiran terhadap sesuatu yang sangat mengerikan dan akan terjadi. Penderita burnout juga tidak mampu untuk berkonsentrasi dan kerapkali mengalami kesulitan saat menyelesaikan tugas.

Gejala lain yang dapat diamati yaitu menjadi pribadi yang pendiam secara mendadak karena tidak mampu menceritakan apa yang dirasakan dan dialami kepada orang lain. Selain itu, penderita burnout juga akan cenderung untuk selalu menyalahkan orang lain dan hilangnya rasa humor serta tidak adanya minat untuk melakukan aktivitas atau sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Karena burnout adalah suatu penyakit yang dapat diantisipasi sejak dini, sebaiknya anda segera mencari solusi untuk terlepas dari stress yang berlebihan tersebut karena dapat merusak sistem dan kesehatan tubuh.

Deskripsi: burnout adalah suatu penyakit yang dialami oleh orang-orang yang merasakan jenuh, depresi, atau kebosanan tingkat tinggi dan perlu ditangani dengan segera.

2 Comments

  1. Jika Anda merasa lelah, tetapi tidak ada hubungannya dengan kondisi medis, mungkin salah satu solusinya adalah olahraga. Penelitian menunjukkan, orang dewasa sehat tetapi kerap merasa lelah bisa memperoleh tambahan energi signifikan dari program latihan sederhana.
    Dalam sebuah penelitian, peserta mengendarai sepeda statis selama 20 menit dengan kecepatan ringan. Melakukan jenis latihan ini selama tiga kali seminggu sudah cukup untuk mengobati kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *