apa perbedaan internet dan intranet ?

apa perbedaan internet dan intranet ?

Untuk masyarakat modern teknologi adalah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan pada zaman ini, untuk kebutuhan berkomunikasi pun manusia pada era globalisasi ini perlu menggunakan yang namanya internet, agar bisa terhubung dengan yang lainnya. Namun selain internet ada juga intranet, mungkin bagi orang pada umumnya lebih familiar dengan kata internet dari pada intranet namun bagi ahli IT kata itu sudah tidak asing lagi, untuk pembahasan lebih mendalam anda bisa membaca artikel di bawah dengan tema apa perbedaan internet dan intranet .

Internet

Internet (interconnection networking) merupakan jaringan komunikasi yang sangat luas bahkan bisa mencangkup seluruh dunia. Internet terhubung oleh suatu sistem yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). Jaringan internet tidak terbatas dan  pemakainnya dapat dijangkau oleh semua orang di dunia asal terhubung dengan jaringan menggunakan internet Service Provider

Dengan adanya layanan internet yang sudah mendunia,memudahkan kita untuk saling terhubung satu dengan lainnya walau berbeda waktu atau tempat yang jauh. Pengiriman data juga bisa dilakukan dengan sangat singkat,seperti mengirim surat debgan menggunakan email. Manfaat internet juga semakin di rasakan di semua kalangan masyarakat , karena akses internet sudah mencapai pelosok daerah.

Intranet

Berbeda dengan internet yang jangkaunnya sangat luas dan dapat digunakan oleh semua orang, intranet dalam pemakainnya sangat sempit dan terlokalisasi. Intranet hanya dikhususkan untuk tim kerja yang komputer atau PC nya saling terhubung, biasanya yang menggunakan intranet adalah sebuah perusahaan dipakai sebagai alat komunikasi antar karyawan, bila komputer selain anggota ingin mengakses tidak akan bisa karena IP belum di daftarkan pada server.

Sistem kerjanya sama dengan internet, masih menggunakan TCP/IP untuk membuat jaringan. Hanya saja jaringan terbatas. Intranet boleh juga dikatakan sebagai internet lokal yang hanya bisa di akses oleh beberapa orang, perlu adanya Alamat IP untuk bisa mengakses, seperti HTTP.

Pengguna intranet masih bisa mengakses dari jarah jauh asalakan masih terhubung dalam jaringan internet yang sama.

Komunikasi yang dilakukan dalam intranet ini bisa juga disebarkan ke publik bila diinginkan. Misalnya suatu perusahaan membuat jaringan intranet kemudian mempersilakan public untuk melihatnya. Jaringan seperti ini disebut dengan esktranet. Publik dapat melihat komunikasi di dalamnya namun tidak dapat membenahinya atau mengelola jaringan tersebut. Sedangkan pemilik jaringan intranet bebas melakukan pengelolaan.

kesimpulannya internet dan intranet sebenarnya sama-sama dibutuhkan dalam dunia informasi teknologi dengan fungsi dan tujuan berbeda. Tentunya dua hal tersebut harus dimanfaatkan dengan baik untuk kebaikan bersama.

Demikian adalah penjelasan singkat dari pertanyaan apa perbedaan internet dan intranet, untuk penambahan tentang pengertian internet dan intranet bisa langsung ditambahkan pada kolom comment.

source :http://apaperbedaan .blogspot.co. id/2013 /08 /perbedaan- internet-dan-intranet. html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *