Berbagai Reaksi Kimia Yang Mengagumkan

Berbagai Reaksi Kimia Yang Mengagumkan

Waktu sekolah atau kuliah, anda pasti mengenal pelajaran atau mata kuliah Kimia. Banyak hal yang bisa dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dari bidang kimia.

Jika kita memiliki pengetahuan yang minim dengan bahan-bahan kimia, lebih baik jangan sekali-kali mencoba mencampur adukan bahan kimia jika akan berakibat fatal nantinya. Karena selain banyak manfaat yang bisa diambil, bahayanya pun tidak sedikit yang anda kira. Beberapa gambar dibawah ini merupakan demonstrasi reaksi kimia yang menakjubkan.

Inilah Berbagai Reaksi Kimia Yang Mengagumkan

Pasta Gigi Gajah

Pasta Gigi Gajah

Ambil silinder besar (500 ml) dan tempatkan sekitar 50 mL larutan hidrogen peroksida 30% kedalamnya. Tambahkan sabun cuci piring cair. Kemudian tambahkan satu sendok teh bubuk kalium iodida dan menauhlah. Reaksinya:
2 H2O2(aq) O2 (aq) + 2 H2O (aq)
Sebuah busa gelembung oksigen dan sabun akan naik dengan cepat dari dalam silinder dan keluar keatas, seperti pasta gigi yang keluar dari tabungnya. Jika kita memberikan sedikit pewarna makanan dibawah sisi silinder sebelum kita menambahkan iodida, busa yang keluar dari tabung akan bergaris seperti pasta gigi.
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa tidak ada iodida dalam reaksi di atas. Iodida bertindak sebagai katalis – yaitu, mempercepat reaksi tanpa diproduksi atau dikonsumsi dalam reaksi. Mangan dioksida juga dapat digunakan sebagai katalis .
Demonstrasi ini berpotensi berbahaya. Pakai sarung tangan dan kacamata. Larutan hidrogen peroksida 30 %, dapat menyebabkan luka bakar yang serius dan kerusakan pada mata. Juga dapat memutihkan rambut dan pakaian . Jika Anda menambahkan terlalu banyak iodida, peroksida akan menyemprot dengan sangat keras dari bagian atas tabung – dan akan mengenai anda dan seluruh ruangan.

Polimerisasi Nitroaniline

Polimerisasi Nitroaniline

Pada animasi diatas, sekitar 1/2 sendok teh p-nitroanline (yang merupakan kependekan dari para-nitroaniline, yang juga disebut 4-nitroaniline) diperlakukan dengan beberapa tetes asam sulfat pekat, dalam sebuah piring keramik, yang dipanaskan diatas tungku (Bunsen). Sekitar 50 detik kemudian, sebuah reaksi yang bisa digambarkan sebagai “ledakan polimerisasi” terjadi.

Pemadam Api yang Cepat

Pemadam Api yang Cepat

Carbon tetrachloride atau CCl4 dapat cepat memadamkan api dengan menggunakan semua oksigen yang tersedia (karena ia membutuhkan oksigen untuk reaksi sendiri, sehingga mencegah api dari mencapai oksigen pada tingkat molekuler). Ini bukan teknologi baru.  CCl4 secara umum digunakan untuk memadamkan api di paruh pertama abad ke-20, namun sekarang tidak digunakan lagi karena mereka sangat berbahaya.
Setelah diketahui bahwa suhu tinggi menyebabkan ia bereaksi untuk menghasilkan fosgen membuatnya sangat berbahaya bila digunakan terhadap kebakaran. Reaksi ini juga menyebabkan menipisnya oksigen. Carbon tetrachloride bertahan sebagai pestisida untuk membunuh serangga hingga pada tahun 1970, zat ini dilarang di Amerika Serikat.
Sebelum Protokol Montreal, sejumlah besar karbon tetraklorida digunakan untuk menghasilkan refrigeran freon R-11 (triklorofluorometana) dan R-12 (dichlorodifluoromethane). Namun, refrigeran ini memainkan peran dalam penipisan ozon dan telah dihapus. Carbon tetrachloride masih digunakan untuk memproduksi refrigeran kurang destruktif. Carbon tetrachloride juga telah digunakan dalam deteksi neutrino.
Carbon tetrachloride adalah salah satu hepatotoxins paling ampuh (beracun ke hati), dan secara luas digunakan dalam penelitian ilmiah untuk mengevaluasi agen hepatoprotektif.

Sendok Yang Hilang

Sendok Yang Hilang

Kita lihat pada gambar animasi diatas, sebuah sendok logam yang digunakan untuk mengaduk air, tiba-tiba kehilangan bentuknya. Apakah air tersebut adalah larutan asam?
Sama sekali Bukan! Air diatas adalah air hangat biasa, namun sendoknya lah yang bukan sendok logam biasa. Sendok diatas dibuat dari unsur logam bernama Gallium. Gallium adalah unsur logam yang titik leburnya hanya 29 derajat Celcius. Dan logam ini bila kita genggam cukup lama dengan tangan, dia akan mencair.

Nitrogen triiodide

Nitrogen triiodide

Nitrogen triiodida adalah senyawa anorganik dengan rumus NI3. Ini adalah peledak kontak yang sangat sensitif: sejumlah kecil saja dari zat ini akan meledak dengan keras, ketika disentuh bahkan oleh sentuhan ringan seperti bulu, melepaskan awan ungu uap yodium. Nitrogen triiodida bahkan dapat diledakkan oleh radiasi sinar alpha. NI3 memiliki struktur kimia yang kompleks yang sulit untuk dipelajar karena ketidakstabilan derivatif.

Hot Ice (Es Panas)

Hot Ice (Es Panas)

Dalam animasi diatas, kita lihat sepotong es batu dicelupkan kedalam segelas air, dan tiba-tiba air tersebut langsung membeku! Mengapa demikian?
Es batu tersebut memang es biasa, namun cairan di dalam gelas, bukanlah air biasa, tetapi adalah Sodium Asetat. Sodium Asetat memiliki sifat Supercooling, yang berarti sodium asetat tetap berada dalam bentuk cair meskipun telah didinginkan dibawah titik bekunya.
Kristalisasi atau perubahan bentuk cair menjadi padat akan cepat terjadi jika sodium asetat ini kita ganggu dengan hanya menyentuh permukaannya dengan jari, sendok dll. Atau dengan menuangkannya. Jadi pemberian es pada animasi diatas hanya sebuah upaya untuk mengecoh orang yang melihatnya.

One Comment

  1. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *