Cara cek rangking web di SERP Gratis unlimitted

Cara cek rangking web di SERP Gratis unlimitted

Cara cek rangking web – Sebagai seorang SEO spesialis atau blogger wajib bagi mereka untuk mengetahui rangking web/blog mereka di SERP(search engine result page) untuk memastikan apakah teknik atau trik-trik optimasi yang selama ini dilakukan bekerja dengan baik. Namun pengecekan secara manual akan memakan waktu yang tidak tentu, bisa sebentar (dengan catatan web ada di page one) atau bisa sangat lama bila blog berada di halaman belakang, nah cara ini tentunya akan memakan waktu saja.

Walaupun ada beberapa tools atau alat yang bisa melakukan pengecekan blog di SERP, tapi hampir semua berbayar, sekalipun ada yang gratis itu hanya ada dalam masa percobaan saja atau hanya untuk beberapa kata kunci, dan seterusnya akan berbayar seperti serpchecker. Tentunya walaupun cara cek rangking web tersebut cukup mudah dan instan, namun lama-kelamaan cara itu akan membuat pengeluaran membengkak.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena admin akan memberitahukan tools pengecekan web yang gratis, akurat, dan unlimited tanpa anda harus mengeluarkan uang. Dan tools ini juga banyak digunakan oleh para master SEO dan hasilnya cukup memuaskan mereka, untuk itulah admin juga akan merekomendasikan tools ini untuk kalian, dan berikut adalah toolsnya.

TOOLS GRATIS UNTUK CEK RANGKING WEB DI SERP

Dua tools gratis ini adalah :

  • Browser (Google Chrome)
  • Scraper (Chrome Plugin)

Tidak perlu khawatir kedua tools di atas bisa anda dapatkan secara gratis, dan untuk plugin scrapper sudah admin siapkan link dan tutorial penggunaanya.

Cara cek rangking web 1

1 ) Pertama download dan install plugin scraper

Plugin ini bisa anda dapatkan di chrome webstore gratis, dan klik link berikut ini scraper untuk mengunduhnya jika tidak mau ribet.

2 ) masuk ke searc engine google, lalu ketik keyword yang ingin anda cek.

3 ) kemudian tambahkan &num=100&pws=0 pada akhir url

Kode tersebut terdiri dari dua syntax, syntax yang pertama &num=100 lalu yang kedua &pws=0 ,masing fungsinya adalah jika syntax yang pertama berfungsi untuk menampilkan 100 pencarian blog dalam 1 halaman, jadi tidak perlu mengganti page apabila blog belum ketemu. Lalu syntax yang kedua berfungsi untuk menyembunyukan hasli pencarian pribadi, jadi cara kerjanya sama dengan mode private atau incognito, sehingga hasil pencarian akan lebih akurat.

4 ) klik kanan pada bagian title post dan pilih scrape similar

Disinilah peran scraper terlihat dan berfungsi, yang akan kita gunakan sebagai alat pengecek blog. Caranya mengaktifkan plugin ini di search engine juga sangat mudah yaitu dengan mengklik kanan pada title post, dan pilih scraper similar.

5 ) Masukkan //div/h3/a/@href dibagian xPath lalu klik scrape

Hapus kode yang ada dan ganti dengan kode di atas, perbedaanya dengan kode ini dengan yang sebelumnya adalah pada @href dimana ini berfunsi untuk mempersempit hasil pencarian scrape dan hanya menunjukan link saja tanpa title post.

6 ) CTRL + F, lalu ketik URL blog

Cara cek rangking web menggunakan plugin SERP Yang terakhir untuk dilakukan adalah mencari ada dimanakah posisi blog, untuk mempermudah dan mempersingkat pencarian CTRL + F lalu ketikan url blog, yang inigin anda cek posisinya di SERP.

Demikian adalah Cara cek rangking web di SERP yang bisa anda praktekan menggunakan plugin scraper, anda juga bisa menggunakan plugin gratis lainnya. Dan jika belum jelas berikut adalah video cara mengecek rangking web menggunakan scraper, yang bersumber dari berguruseo.blogspot.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *