Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan GPS

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan GPS

Cara melacak HP yang hilang dengan GPS  bisa dilakukan oleh kita sendiri dengan cukup mudah. Bila Anda sering lupa meletakkan atau menyimpan HP, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mencari keberadaan HP Anda dengan mudah dan cepat. Dengan cara yang sama, Anda juga bisa melacak keberadaan anggota keluarga Anda untuk kepentingan keamanan dan keselamatan. Selain itu, bila HP Anda hilang karena dicuri, Anda juga bisa melacaknya dengan cara ini.

General Positioning System atau lebih sering kita kenal dengan nama GPS adalah system informasi yang digunakan untuk menunjukkan posisi yang biasanya menggunakan bantuan satelit yang tengah aktif. Hal tersebut membuat posisi yang ada merupakan posisi terkini yang biasanya akan di update setiap 1 menit. Teknik melacak HP yang hilang dengan GPS juga menggunakan cara yang sama, yaitu dengan satelit, selain itu juga bisa dilakukan dengan triangulasi pemancar HP bila satelit tidak memungkinkan.

Cara melacak HP yang hilang dengan GPS bisa menggunakan banyak cara. Namun, bila HP atau smartphone Anda berbasis Android, maka Anda bisa melacak HP yang hilang dengan menggunakan aplikasi Google Setting yang ada pada HP Anda. Cara ini sangat mudah, karena semua aplikasi biasanya telah ada pada hp berbasis Android yang Anda miliki. Untuk dapat melacak hp Anda, Anda harus mengaktifkan fitur pelacakan agar HP Anda dapat terdeteksi.

Mengaktifkan Fitur Pelacak Pada Aplikasi Google Setting

Untuk lebih yakin bahwa cara ini bisa Anda gunakan, Anda bisa mencoba dengan menggunakan hp atau smartphone yang Anda miliki. Anda harus memastikan bahwa hp yang Anda gunakan berbasis Android dan memiliki Aplikasi Google Setting. Kedua hal tersebut adalah syarat utama untuk menggunakan teknik ini agar bisa dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan system pelacak pada Google Setting pada HP Android.

  1. Masuk dan buka Google setting pada HP atau smartphone yang Anda miliki.
  2. Lalu masuk menu “Android Device Manager”.
  3. Beri tanda centang pada “Remotly Locate This Device” dan “Allow Remote Lock and Factory Reset”. Hal ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui lokasi perangkat dengan menggunakan perangkat lain. Selain itu, setting ini memungkinkan untuk melakukan penguncian HP dan reset HP dari jarak jauh dengan perangkat lain.
  4. Kemudian Aktifkan GPS HP atau smartphone Android yang Anda miliki.

Fitur Pelacak Pada Aplikasi Google Setting 1

Setelah Anda setting HP Anda untuk mengaktifkan pelacak GPS, untuk mencari HP yang hilang dengan GPS, Anda membutuhkan perangkat lain. Perangkat yang bisa Anda gunakan untuk mencari hp Anda adalah HP, smartphone, maupun perangkat computer (termasuk laptop) yang memiliki akses ke internet untuk memberikan petunjuk berupa lokasi dalam peta. Berikut ini cara yang digunakan untuk mencari HP Android Anda.

  1. Masuk ke koneksi internet, kemudian buka google.com/android/devicemanager dan Anda akan masuk ke Pengelola Perangkat Android.
  2. Tampilan awal yang muncul, mengharuskan Anda untuk masuk ke dalam akun Google yang aktif dan Anda gunakan.
  3. Bila Anda memiliki akun lebih dari satu, gunakan akun pada HP Anda yang Anda pakai untuk download aplikasi-aplikasi Google Play.
  4. Setelah masuk, maka akan muncul mode pencarian untuk menemukan HP yang coba Anda cari tadi.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan 2

Cara melacak HP yang hilang dengan GPS bila berhasil, maka Anda akan melihat titik dimana Anda bisa mencari HP yang hilang. Lokasi yang ada biasanya berupa area yang memiliki radius sekitar 3 m dari posisi. Bila hp Anda hilang karena terjadi pencurian, sebaiknya Anda menghubungi pihak yang berwajib untuk mengambil kembali HP Anda.  Bertindak sesuai hukum, adalah langkah yang tepat demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

Deskripsi: Cara melacak HP yang hilang dengan GPS salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Google Setting terutama pada ponsel berbasis android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *