Cara Melanjutkan Proses Download IDM

Cara Melanjutkan Proses Download IDM

IDM

Apa itu IDM?

Internet Download Manager (IDM) adalah alat akselerator unduhan dan pengatur file unduhan di berbagai jenis file dari Internet.

Apakah anda pernah mengalami IDM tidak dapat menyelesaikan unduhan dengan sempurna? Mungkin berhenti di 99% atau angka yang mendekati 100% dan parahnya berhenti mengunduh sama sekali. Kemudian tentu saja file unduhan yang anda dapatkan akan benar-benar rusak dan tidak dapat digunakan untuk itulah kita akan membahas cara melanjutkan proses download IDM agar usaha unduhan anda sebelumnya tidak sia-sia.

IDM bekerja dengan cara membagi file menjadi dua dan sepuluh bagian untuk mempercepat pengunduhan. Di akhir unduhan, IDM menggabungkan semua bagian file ke dalam satu file. Terkadang, salah satu bagian file rusak, sehingga IDM tidak dapat menggabungkan file dan menyelesaikan unduhan.

Hal ini dapat membuat frustasi ketika Anda mengunduh file besar dengan koneksi yang terbatas. Kemudian anda menunggu beberapa jam untuk menyelesaikan unduhan Anda, dan macet ketika akan selesai, menyedihkan bukan apabila kita memulainya dari awal lagi.

Untungnya, saya memiliki solusi untuk masalah ini yang pernah saya kerjakan beberapa tahun lalu dan masih berjalan dengan baik sampai saat ini. Saya juga akan menyertakan beberapa solusi lain untuk masalah umum.

Cara Melanjutkan Proses Download IDM

Anda hanya perlu dua hal ini untuk menerapkan solusi cara melanjutkan proses download IDM:

  1. Sistem Anda harus memiliki kemampuan Capability to Resume Download, yang artinya ketika unduhan Anda berhenti, server harus dapat mendukung itu, sehingga dapat memulainya kembali pada titik di mana unduhannya berhenti.
  2. Anda membutuhkan aplikasi yang disebut file Splitter and Joiner. Berikut adalah dua jenis perangkat lunak bebas untuk dipilih: Splitter File Joiner 3.3 dan HJ Split.

IDM Temporary Location

idm
IDM

Langka Demi Langka Memperbaiki Unduhan Anda

Bagian Satu

  • Pergi ke lokasi file unduhan sementara IDM, di mana IDM menyimpan bagian-bagian file ini sebelum menyelesaikan download.
  • Cari dan pilih Options di IDM Toolbar.
  • Kemudian, temukan dan pilih opsi untuk "Save to" dan cari "Temporary Directory" (lihat gambar di atas).
  • Salin alamatnya. Misalnya: C: Users chief AppData Roaming IDM DwnlData

Catatan: Anda harusnya melihat banyak file di direktori IDM temporary, yang merupakan file IDM yang belum sempat diselesaikan.

Bagian Dua

  • Temukan folder file yang rusak (file yang tidak selesai terdownload). Misalnya, jika Anda mengunduh file bernama Ironman3_fullHD, harusnya ada folder dengan nama yang sangat mirip dengan nama file yang Anda unduh.
  • Anda dapat menemukan folder dengan mencari nama file dan kemudian membukanya. Sorting file berdasarkan ukuran file atau tanggal juga dapat membantu Anda menemukan folder.

Bagian Tiga

  • Setelah membuka file, Anda akan melihat file dibagi menjadi beberapa bagian, biasanya antara dua dan lima belas.
  • Tidak semua file ini rusak, dimana anda dapat menggabungkan beberapa file tersebut.
  • Perkecil ukuran tampilan dengan memilih Minimize dan lakukan unduhan lagi.
  • Anda harusnya dapat melihat progress bar IDM mengunduh kombinasi bagian file yang tidak rusak. Namun, sebenarnya IDM masih tidak dapat menyelesaikan ini karena masih ada bagian file yang rusak yang tersisa.
  • Tutup unduhan.
  • Sekarang Anda harusnya melihat beberapa bagian yang telah digabungkan dan hanya ada dua atau tiga file. Ini adalah bagian yang tidak dapat digabungkan karena filenya rusak.

Catatan: File log tidak penting karena bukan bagian dari unduhan. Anda dapat menghapus filenya.

Bagian Empat

  • Sekarang Anda harus menggunakan file splitter dan joiner untuk menghapus bagian file yang rusak. Saya tidak akan menjelaskan banyak tentang cara menggunakan file splitter dan joiner karena perangkat lunak ini biasanya sangat mudah digunakan. Silahkan membuka google referensinya!
  • Buka satu bagian file dengan perangkat lunak dan membaginya sehingga satu bagian mengandung 250 – 500 KB. Sebagai contoh, jika bagian file yang Anda pilih adalah 10 MB, gunakan file splitter dan joiner untuk membaginya menjadi 20 bagian sehingga masing-masing akan menjadi 500 KB. Jangan lupa untuk menghapus bagian file asli. Sekarang Anda memiliki 20 bagian dengan ekstensi nama seperti filename.001, filename .002, filename.003 […] filename.020
  • Ketika Anda mencapai titik ini, hapus nama file.020 (yang merupakan bagian yang rusak), dan gabungkan dengan 19 bagian lainnya kembali bersama lagi menggunakan perangkat lunak. Anda juga dapat menggunakan pengaturan perangkat lunak sehingga bagian file lainnya dihapus setelah Anda menggabungkannya lagi.
  • Lakukan ini untuk bagian yang tersisa, dan keluarkan bagian yang rusak.
  • Sekarang, kembali ke IDM dan lanjutkan pengunduhan dan unduhan Anda akan selesai dengan sempurna.

Itulah cara melanjutkan proses Download IDM yang sangat lengkap, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Dapatkan tips dan trik lainnya di link berikut tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *