Cara Memasang Google Map di Joomla

Cara Memasang Google Map di Joomla

Cara memasang Google Map di Joomla akan membantu Anda menemukan atau menambahkan lokasi rumah, perkantoran atau segala jenis tempat lain dengan mudah dalam sebuah website.  Bagi Anda yang memiliki usaha atau berkepentingan dengan urusan publik, menambahkan lokasi peta dalam website menjadi suatu kebutuhan agar orang yang berkepentingan mudah mendapatkan alamat tertentu.

Keunggulan dan Kemudahan Cara Memasang Google Map di Joomla

Joomla merupakan sebuah aplikasi CMS atau aplikasi website yang menggunakan sistem konten yang memiliki fungsi membuat website instan. Joomla memberikan kemudahan untuk Anda memasang lokasi dari Google Map di dalam artikel. Anda bisa memasang lokasi tertentu dengan cara menyalin kode lokasi.

Aplikasi ini sangat memberi keuntungan bagi Anda. Jika Anda memiliki bisnis komersial, secara otomatis melalui website yang Anda buat akan mendatangkan pelanggan baru melalui map yang tertera dalam artikel atau website. Sebaliknya, jika Anda ingin menemukan lokasi tertentu dalam sebuah website yang menggunakan aplikasi ini yang terhubung dengan google map.

Cara memasang Google Map di Joomla terbilang mudah, karena tidak membutuhkan perangkat lain tidak seperti jenis CMS lain. Hal ini disebabkan karena Joomla memiliki sistem keamanan yang tangguh. Jika Anda menggunakan versi Joomla terbaru, Anda cukup mengubah setting default pada web bowser. Langkah yang bisa Anda ikuti untuk memasang Google Map pada Joomla adalah sebagai berikut:

Cara memasang Google Map di Joomla

  • Buka browser tertentu yang sering Anda gunakan, kemudian masuk ke Google Map lokasi yang Anda inginkan. Sebagai contoh Kuningan, Jakarta, Indonesia atau lokasi lain sesuai kebutuhan.

Cara memasang Google Map di Joomla 1

  • Klik link yang tertera dalam Google Map yang berguna untuk ditambahkan di artikel aplikasi Joomla. Menyalin kode bisa menggunakan bingkai iframe. Binglai iframe bisa diatur tinggi dan lebarnya dengan cara mengubah high dan width pada nilai atribut.
  • Selanjutnya Anda buka Joomla dan paste kode yang telah anda salin. Salin dalam kotak yang bertuliskan Tempelkan HTML agar masuk ke dalam situs web.

Cara memasang Google Map di Joomla 2

  • Cara memasang Google Map di Joomla selanjutnya yakni buka artikel yang Anda buat dalam aplikasi Joomla, maka akan muncul kode lokasi yang berasal dari Google Map dan klik HTML untuk membuat kode dengan mode edit HTML.
  • Tempelkan kode HTM yang Anda kopi di bagian belakang baris artikel, tekan tombol selesai.
  • Simpan perubahan Google Map dalam Joomla dengan klik tombol Save dan Close. Buka situs Joomla, maka pemberitahuan lokasi akan berjalan pada aplikasi yang ditempel Google Map, sekaligus untuk mengecek berhasil atau tidaknya penambahan peta lokasi. Jika berhasil akan tertera Fonted lokasi rumah, kantor atau instansi lain yang sudah ditambahkan.

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengikuti cara memeasang Google Map di Joomla. Anda tidak perlu menggunakan jasa IT untuk menambahkan aplikasi sederhana ini di Joomla. Namun, jika terjadi kesalahan penambahan Google Map atau belum terlihat pada artikel, Anda bisa melakukan langkah berikut: yang pertama, klik Extentions masuk ke Plugin Manager lanjutkan ke Editor TinyMCE. Kedua, lihat Basic Options mausk ke Prohibited Elements kemudian hapus iframe.

Langkah tersebut akan sangat memudahkan dan memberikan keuntungan bagi Anda pembuat artikel maupun penjelajah artikel untuk menemukan atau membuat lokasi tertentu agar mudah diakses. Itulah beberapa Cara memasang Google Map di Joomla yang bisa diinformasikan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *