Cara Membuat Database di Oracle dan Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Database di Oracle dan Excel Dengan Mudah

Cara membuat database bisa dilakukan dengan sederhana dan mudah menggunakan software. Software yang akan kita gunakan biasanya disesuaikan dengan besaran data, tipe data yang akan kita buat atau kita miliki. Untuk data yang memiliki kapasitas besar dengan menggunakan format SQL, kita bisa menggunakan software Oracle yang mampu melakukan manage terhadap semua data dalam bentuk SQL. Untuk data dan pengolahan data yang lebih kecil, kita bisa menggunakan Excel yang merupakan produk dari Microsoft yang telah lama kita kenal.

Cara Membuat Database di Oracle Langkah Demi Langkah

Cara membuat database di Oracle   perlu memperhatikan kapasitas perangkat computer yang Anda miliki. Jangan sampai perangkat yang ada akan terbebani dan menjadi lambat. Disarankan Anda menggunakan perangkat computer minimal 32 bit dengan OS Windows 7 SP1. Berikut ini langkah membuat database Oracle.

cara-membuat-database-1

  1. Buka Start Menu, kemudian masuk dalam Folder Oracle bagian “Configuration and Migration Tools”, pilih “Database Configuration Assistant”. Lalu ikuti prosedur yang ada secara berurutan dengan teliti.
  2. Prosedur yang pertama yang akan dijalankan adalah “Operation”, pilih “Create a Database”. Pada “Database Template” kita isikan “General Purpose” untuk membuat database Oracle dengan tujuan umum, kemudian klik next.
  3. Cara membuat database langkah berikutnya dengan mengisi “Database Identification” dapat dipilih “Default”. Pada “Management Options” pilih Configure The Database with Enterprise Manager”. Untuk mendapatkan notifikasi bisa memilih “Enable Email Notification.
  4. Selanjutnya, buat password pada “Database Credential” sesuai dengan kebutuhan. Lalu selanjutnya pada “Storage System” pilih “File System” untuk penyimpanan default. Untuk lokasi penyimpanan “Database File Location” pilih “Use Database file Location from Templates.
  5. Untuk pengaturan “Recovery Configuration” pilih “Specify Flash Recovery Area” lalu tekan Next. Pada “Database Content” pilih default, kemudian tekan Next untuk melanjutkan. Pengaturan “Initialization Parameters” pilih default lalu tekan Next.
  6. Pada pilihan “Database Storage” kita bisa mendapatkan informasi mengenai database yang kita buat. Selanjutnya kita akan masuk dalam “Create Option”, centang pada “Create Database” lalu kemudian tekan Finish.

Cara membuat database dengan menggunakan oracle bisa dikatakan dapat dilakukan dengan mudah. Namun demikian, kemampuan perangkat yang akan Anda gunakan menentukan tingkat kecepatan pembuatan database. Pastikan pada saat pembuatan listrik dalam kondisi stabil dan baterai memiliki cukup daya. Bila terinterupsi saat sedang melakukan pembuatan database, maka Anda perlu melakukan proses dari awal lagi.

Cara Membuat Database Langkah Demi Langkah Dengan Menggunakan Excel

Membuat database Excel bisa Anda lakukan dengan mudah untuk keperluan yang sesuai dengan kebutuhan. Misalkan untuk keperluan sekolah, kita bisa membuat database untuk mengidentifikasi setiap siswa dengan lebih baik. Berikut ini langkah yang diperlukan dalam membuat database dengan menggunakan Microsoft Excel.

cara-membuat-database-2

  1. Buka Program Excel kemudian persiapkan table dengan membuat Workbook baru, ganti nama sheet yang ada sesuai dengan kebutuhan, misalkan dengan nama “Database”.
  2. Masukan judul yang sesuai kebutuhan pada cell A1.
  3. Buat header data yang akan diisikan sesuai dengan format yang akan dibuat dan kebutuhan yang ada. Misalkan “Membuat Database Guru”.
  4. Selanjutnya kita akan membuat table yang akan digunakan untuk entry data yang ada. Untuk lebih sederhana, Anda bisa menggunakan fasilitas “Insert Tabel” .
  5. Buat table sesuai degan kebutuhan dan jenis data yang akan dientri. Usahakan table memiliki pola pengisian yang sama dengan draf manual agar mudah dibaca.
  6. Setelah pengisian selesai Anda bisa melakukan save data dan data Anda akan tersimpan sesuai dengan lokasi yang Anda inginkan.

Cara membuat database menggunakan Excel tentu akan sangat mudah, terutama bagi Anda yang terbiasa menggunakan produk Microsoft Office. Penggunaan excel juga bisa dilakukan untuk mengolah data, sesuai dengan kebutuhan. Format data pada Oracle dan Excel memiliki bentuk yang berbeda, karena itu, untuk membuka data dari file tertentu akan membutuhkan aplikasi yang sesuai dan dapat kompatibel sehingga akan memudahkan kerja Anda.

Deskripsi: Cara membuat database Oracle dan Excel bisa dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah demi langkah agar bisa berhasil dengan sempurna dan dapat berfungsi maksimal.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *