Cara Membuat Proyektor Sederhana untuk Kamu yang Suka Nonton Film di Rumah

Cara Membuat Proyektor Sederhana untuk Kamu yang Suka Nonton Film di Rumah

Cara membuat proyektor sederhana  – Tahukah Anda bahwa ada cara membuat proyektor sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah? Seperti yang diketahui harga proyektor memang cukup mahal karena berkisar di harga Rp 15 jutaan, bahkan ada yang lebih dari itu. Namun, hal ini ternyata bisa diakali dengan membuat proyektor sederhana sendiri. Tak perlu memakai banyak bahan dan alat, proses pembuatan proyektor ini begitu mudah dan tidak memakan banyak biaya. Salah satu bahan yang digunakan adalah smartphone.

Memang, sekarang ini mulai bermunculan banyak smartphone yang menyediakan fitur menarik berupa proyektor mini untuk memenuhi kebutuhan penggunanya namun tentu saja harga yang ditawarkan sangatlah mahal. Bagi Anda yang belum memiliki cukup dana atau bahkan tergugah untuk membeli smartphone berfitur proyektor tersebut, maka membuat proyektor sendiri adalah pilihan terbaik. Oleh karena itu, kali ini akan diulas bagaimana membuat sebuah proyektor mini sederhana dan juga mudah.

Cara Membuat Proyektor Sederhana dan Mudah

Cara membuat proyektor sederhana 1

1 ) Persiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan

Cara membuat proyektor sederhana yang pertama adalah mempersiapkan semua bahan, diantaranya adalah kotak sepatu, styrofoam, Lem PVA atau Lem Fox, kaca pembesar (Loop), lem kertas, pisau Pensil (X-ACTO), gergaji besi, pisau cutter, lem panas dan penggaris.

2 ) Kaca Pembesar

Langkah kedua adalah memotong kaca pembesar yang nantinya akan digunakan sebagai lensa proyektor. Oleh karena itu, gagang dari lensa harus dibuang karena memang tidak dibutuhkan. Untuk dapat memotongnya dengan rapih, Anda gunakan gergaji besi yang telah dipersiapkan.

3 ) Kotak sepatu

Untuk membuat proyektor lebih kuat, gunakan lem PVA atau lem kertas di setiap sudutnya. Selanjutnya, dibuat pola berbentuk bulat sesuai dengan ukuran dari kaca pembesar yang telah dipotong. Posisikan kotak sepatu pada posisi tegak agar lensa bisa berdiri dengan benar. Disamping itu, jangan lupa untuk membuat sebuah lubang pada tutup kotak setengah lingkaran. Untuk membuat pemotongan menghasilkan lubang yang sempurna, potong kotak dengan pisau pensil (X-ACTO).

4 ) Lensa

Setelah membuat lubang di kotak sepatu untuk penempatan lensa, cara membuat proyektor sederhana selanjutnya adalah lem lensa yang telah diposisikan pada kotak sepatu dengan rapih. Selanjutnya direkatkan kembali menggunakan lem panas. Lem ini terbilang cukup kuat, sehingga Anda harus berhati-hati agar tidak mengenai kulit.

5 ) Membuat stand ponsel

Cara membuat proyektor sederhana selanjutnya adalah membuat stan untuk ponsel. Stand sangatlah dibutuhkan untuk membuat smartphone dapat berdiri di dalam proyektor. Untuk membuatnya, Anda cukup menggunakan styrofoam yang telah disediakan. Jangan lupa untuk membuat stand yang stabil, tidak mudah goyah dan dapat berdiri dengan baik.

6 ) Pengaturan ponsel

Setelah membuat proyektor dari kotak sepatu ini, langkah terakhir adalah melakukan setting pada ponsel terkait tingkat kecerahan. Pilih angka maksimal pada pengaturan tingkat kecerahan ponsel dan posisikan pada kotak proyektor dengan tepat. Pengaturan ini dilakukan agar gambar yang dihasilkan lebih jelas.

7 ) Matikan lampu

Terakhir, Anda matikan semua lampu dalam ruangan dan mulailah memutar video atau film kesayangan. Dengan begitu, Anda akan merasakan sensasi seperti sedang menonton di bioskop.

Bagaimana mudah bukan? Apalagi bahan dan alat yang diperlukan juga sangat mudah dicari dimana saja dengan harga yang terjangkau. Sekian ulasan mengenai cara membuat proyektor sederhana. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati menonton berbagai film layaknya seperti berada di bioskop. dan video dibawah juga akan memperlihatkan tutroial membaut proyektor, yang memlki cara pembuatan yang hammpir sama.

source video : techno zone 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *