Cara Memperbaiki Memory DDR Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Memory DDR Dengan Mudah

Memori dalam setiap ponsel memang ada dua yakni RAM dan MicroSD. Lalu dapatkah kalian membayangkan apa yang akan terjadi bila memory ini rusak? Apalagi memory RAM, yang notabene menjadi otak di setiap ponsel. Didalam RAM tersimpan banyak sekali kebutuhan ponsel terutama adalah aplikasi ponsel. Bila RAM tersebut mengalami kerusakan, pastilah akan sangat mengganggu kinerja ponsel. Bila kita membawanya ke tukang servis, pasti berakhir dengan RAM yang baru. Tetapi mengapa kalian tidak mencoba memperbaikinya? Ada kok cara memperbaiki memory DDR caranya juga sangat mudah dan dapat dilakukan dengan sendiri dirumah.

Apa itu DDR?

cara memperbaiki memory ddr 1

Sebelum berlanjut menuju cara memperbaiki memory DDR, kita sebaiknya mengenal RAM sedikit lebih dalam lagi. RAM yang memiliki kepanjangan dari Random Access Memory merupakan salah satu perangkat keras atau yang dikenal dengan Hardware dalam sebuah PC, laptop hingga ponsel. Dimana hardware tersebut memiliki peranan yang begitu penting untuk menunjang kinerja serta performa PC, laptop atau ponsel kalian. Paham bukan peranan penting dari sebuah RAM ini, maka bila RAM ini mengalami kerusakan sebaiknya kita melakukan cara memperbaiki memory DDR sendiri dirumah. RAM sendiri memiliki jenis yang beragam seperti DDR, DDR2, DDR3, dan SDRAM.

Awalnya personal komputer masih menggunakan memory jenis Single Data Rate atau SDRAM. Setelah perkembangan yang lebih maju dan mutakhir lagi SDRAM bergeser dengan Double Data Rate atau DDR. Pengertian dan fungsi DDR sendiri kini semakin meningkat kualitasnya menjadi DDR2 dan DDR3, dimana kemampuan disetiap DDR memiliki kemampuan 2x hingga 3x lebih cepat daripada SDRAM. Jadi DDR ini merupakan perkembangan dari SDRAM atau DDR versi sebelumnya, saat ini kebanyakan ponsel, PC, ataupun laptop telah menggunakan DDR3 dan masih juga ditemukan DDR2.

Langkah memperbaiki memory dengan DDR

cara memperbaiki memory ddr 3

Setelah mengetahui DDR, kini saatnya kita mengetahui cara memperbaiki memory DDR dengan mudah. tetapi yang perlu dipersiapkan sebelum memperbaikinya kita membutuhkan alat ‘Avometer’, jadi persiapkan terlebih dahulu ‘Avometer’ nya.

  1. Langkah awal untuk cara mudah memperbaiki memory RAM adalah kita bersihkan terlebih dahulu memory tersebut, dengan cara menggosokkan pin memory dengan kain yang lembut. Kita dapat memberikan sedikit tiner pada kain tadi agar debu hilang dan lebih bersih, serta pin yang tergosok tadi memicu ion pada pin memory lebih terstimulasi dan konduktof lebih aktif lagi.
  2. Arahkan skala avometer pada skala Ohm untuk mengukur hambatan yang ada, kalian bebas memposisikan avometer tersebut pada posisi 1K, 10K, 100K dan seterusnya.
  3. Bila sudah cara memperbaiki memory DDR dengan mudah selanjutnya adalah dengan mengambil jarum negative (-) avometer, yang biasanya berwarna hitam. Kemudian tempelkan jarum negative tersebut pada salah satu pin atau kaki memory. Dilanjutkan dengan mengambil kabel positive avometer yang berwarna merah, dan coba gesekkan pada kumpulan kaki kaki IC atau chipset memory. Bila memory tersebut memiliki 8 buah IC, maka gesekkan jarum positive tadi ke kaki kaki 8 IC tersebut.
  4. Bila semua cara memperbaiki memory DDR telah kalian lakukan, cobalah pasang memory tersebut ke slot di mainbroad kalian.

Selesai sudah pembahasan kita mengenai cara memperbaiki memory ini dengan mudah. Bagaimana guys, ternyata setiap tahapan tahapannya begitu mudah bukan. Tetapi bila cara memperbaiki memory DDR ini belum berhasil untuk memulihkan RAM kalian, ada kemungkinan kerusakan yang lebih dari itu. Dan dengan terpaksa kita harus menggantikannya dengan yang baru. Itulah sedikit informasi yang dapat kita bahas, semoga dapat menambah informasi kalian dan bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba dan terima kasih.

Deskripsi : cara memperbaiki memory DDR dengan mudah dan cepat dapat dilakukan sendiri dirumah dengan peralatan yang sederhana.

One Comment

  1. Pengertian RAM (Random Acces Memory)
    Adalah Sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan intruksi program yang akan dan sudah di eksekusi oleh Prosesor. Penyimpanannya bersifat sementara, Artidari bersifat sementara adalah ketika komputer di matikan ram akan dikosongkan lalu akan diisi dengan data baru yang di perlukaan saat komputer hidup kembali.
    Berbeda dengan hardidsk, Hardisk besifat tetap.
    Terkadang RAM sering di sebut sebagai memory utama atau main memory.
    Kesimpulannya RAM adalah Sebuah perangkat keras komputer yang hanya penyimpanannya bersifat sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *