Cara Mengatasi Rasa Gugup/Grogi Ketika Presentasi

Cara Mengatasi Rasa Gugup/Grogi Ketika Presentasi

Setiap orang memiiki tipe dan karakter yang berbeda. Begitupun ketika sedang menghadapi presentasi baik itu di sekolah, kampus atau di kantor. Banyak orang (kebanyakan pemula) akan merasa gugup/grogi ketika melakukan presentasi. Perasaan gugup ketika melakukan presentasi merupakan kerugian bagi anda. Rasa grogi dalam presentasi akan membuat anda kehilangan konsentrasi yang berakibat fatal terhadap jalannya presentasi tersebut. Artikel ini akan membahas cara agar anda tidak gugup ketika melakukan presentasi.

melakukan presentasi

Tips Mengatasi Rasa Gugup/Grogi Ketika Presentasi

Tipe orang yang suka menghindar ketika disuruh melakukan presentasi

Orang seperti ini biasanya mulai gelisah dan berusaha menghindar ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa dirinya akan diminta maju untuk bicara. Sekalipun diberitahukan jauh-jauh hari, biasanya mereka tetap gelisah dan ada pula yang karena sangat gelisah, menjadi sulit tidur. Mereka memiliki banyak ketakutan dan menghabiskan hidupnya dengan banyak ketakutan dan kegelisahan. Pada kondisi yang lebih ekstrim, mereka bahkan menolak solusi untuk mengatasi kegugupannya sendiri.

Solusi Mengatasi Rasa Gugup

  1. Belajar memperluas pergaulan dan berkomunikasi dengan banyak tipe orang, karena akan membuatnya memiliki banyak pengalaman penting.
  2. Belajar untuk lebih terbuka pada orang lain dan terhadap kelompok.
  3. Kelompok kecil di luar dunia kerja adalah awal yang bagus untuk melatih cara bicara dengan nyaman.
  4. Bukalah hati dan pikiran untuk mau menerima masukan dari orang yang lebih berpengalaman.
  5. Bacalah buku-buku motivasi atau kisah-kisah sukses untuk membuat semakin percaya diri.
  6. Sempatkan juga untuk menghadiri seminar-seminar motivasi.

Tipe orang yang memiliki tingkat kekhawatiran tinggi

Orang seperti ini biasanya terlalu repot untuk memperhatikan hal-hal kecil, dengan detail. Harapannya agar presentasi dapat berjalan dengan sangat sempurna. Energy yang dia habiskan terlalu banyak untuk persiapan, yang kadang tidak terlalu penting.Tipe ini takut terlihat buruk didepan orang lain, sehingga sebisa mungkin mempersiapkan hal-hal detail yang menurutnya penting. Namun justru karena itu, sering kali apa yang disampaikannya menjadi tidak menarik. Kekhawatirannya menyebabkan dia lupa dengan hal-hal yang esensi dalam presentasi di lingkup dunia kerja maupun dalam lingkup lainnya, seperti komunikasi dengan audiens dan teknik penyampaian materi yang nyaman.

Solusi Mengatasi Rasa Khawatir

  1. Belajar untuk lebih toleransi pada kesalahan-kesalahan kecil yang timbul.
  2. Coba untuk mempersiapkan presentasi dengan lebih santai dan rileks, hal ini dapat dilakukan dengan memutar instrument-instrumen music yang ringan.
  3. Berdiskusilah dan minta pendapat orang untuk presentasi anda.
  4. Pelajari lebih dalam teknik-teknik presentasi yang lebih mementingkan pada aspek komunikasi dan teknik-teknik penyampaian yang berguna dalam dunia kerja maupun lainnya.

Tipe orang yang gugup sesaat tepat sebelum maju ke depan

Orang seperti ini biasanya menjadi sangat gugup sesaat sebelum bicara, atau ketika namanya dipanggil. Jantung mereka biasanya berdetak lebih kencang saat akan maju kedepan atau mendengar namanya dipanggil. Mereka biasanya juga cenderung panic saat akan tampil.Terkadang persiapan yang sungguh-sungguh membuat ketegangannya semakin memuncak menjelang detik-detik terakhir sebelum tampil untuk melakukan presentasi.
  1. Cara mengatasi  rasa gugup

  2. Belajarlah untuk mengatur nafas beberapa kali sebelum ke depan. Anda bisa melakukan dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar dan hembuskan selama mungkin.
  3. Jagalah fokus tetap untuk memberikan yang terbaik bagi audiens. Selalu bayangkan bagaimana rasanya saat tampil dengan baik
  4. Beberapa lompatan kecil, dan sedikit senam terkadang dapat membuat kita lebih segar dan tenang.

Tipe orang yang menjadi gugup ketika presentasi sedang berjalan

Mereka seringkali menganggap remeh tugas yang diberikan.Mereka hanya yakin mengerti materi yang akan digunakan dan berangan-angan untuk melakukan improvisasi ditempat. Inilah yang menyebabkan gugup ditengah-tengah presentasi, karena mereka audiens menunggu-nunggu saat mereka kehabisan ide, atau beberapa bagian dari materi pokok. Hal ini sangat berbahaya khusunya dalam presentasi di dunia kerja.

Cara Menghilangkan gugup

  1. Tegaslah dengan diri sendiri, untuk lebih rajin mempelajari materi dan melakukan latihan persiapan.
  2. Fokuslah pada tujuan saat mempersiapkan presentasi.
  3. Sediakan waktu khusus untuk persiapan, dan gunakan sebaik-baiknya.
  4. Mintalah nasihat pada orang yang ahli, tanyakan apakah persiapan anda sudah cukup.
Itulah bebarapa Cara Mengatasi Rasa Gugup/Grogi Ketika Presentasi. Setelah membaca artikel cara menghilangkan rasa grogi ketika presentasi ini diharapkan anda akan merasa rileks ketika menghadapi presentasi atau ketika tiba-tiba ditunjuk ketika tidak ada persiapan. Semakin sering anda melakukan presentasi maka rasa gugup/grogi tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Jika anda merasa artikel ini cukup memberikan pengetahuan bagi anda, silahkan klik share dan tinggalkan komentar.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *