Cara Mudah Membuka dan Memulai Pembicaraan

Cara Mudah Membuka dan Memulai Pembicaraan

Berbicara dengan orang yang baru dikenal atau mungkin belum dikenal sama sekali memang rada-rada susah. Apalagi bagi orang yang punya sifat pendiam dan pemalu. Untuk memulai percakapan dibutuhkan ketrampilan untuk membuat percakapan menjadi lebih nyaman. Tak bisa dipungkiri kita sering menjumpai orang baru dan kita ingin mengobrol dengannya tapi bingung bagaimana cara memulai pembicaraan
Daripada kebanyakan mikir cara memulai pembicaraan , lebih baik kamu simak tips memulai percakapan berikut. Kamu bisa mempraktekannya untuk mendapatkan teman baru ataupun bahkan pacar baru.

cara memulai pembicaraan

Tips Memulai Pembicaraan

Perhatikan Penampilan
Kamu gak harus jadi orang paling cantik atau ganteng sedunia kok untuk membuka pembicaraan dengan orang yang gak kamu kenal, tapi jangan sampe bentuk kamu menakuti lawan bicara kamu juga.
Kalau kamu baru pulang dari hidup di gua selama 6 tahun terakhir ya ada baiknya kamu mandi dulu baru membuka pembicaraan dengan orang lain.
Lakukan Dengan Spontan
Kita sering kali memang susah membuka pembicaraan. Pikiran seperti “ngomong apaan ya” atau “kalo ganggu dia gimana ya” atau “kalo dicuekin gimana ya” pasti sering terlintas di pikiran kamu. Tapi ini bakal bikin kamu terlihat sungguh creepy.
Lakukan dengan spontan, seolah-olah kamu gak punya pikiran-pikiran di atas, jadi kamu gak dianggap creepy dan kesempatan kamu untuk sukses membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal akan menjadi bertambah besar.
Pilih Topik Yang Ringan
Jangan pernah membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal menggunakan topik-topik berat seperti afiliasi politik dan agama atau topik-topik sensitif seperti besar gaji dan besar buah dada.
Topik yang ringan memungkinkan lawan bicara kamu untuk memberikan jawaban tanpa berpikir terlalu panjang, dari situ pembicaraan bisa mengalir.
Cek Bau
Ini mustinya jadi poin nomer dua sih, cuma tadi lupa, baru inget sekarang, jadi gak apa apa deh ditaruh di sini aja. Kalau kamu mau membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal sebelumnya, pastikan kamu bebas bau. Baik bau badan, bau kaki maupun bau mulut. Sungguh, jika kamu bau, kemungkinan pembicaraan kalian akan berhasil berada di level 0%.
Sampaikan Pesan yang Positif
Sebisa mungkin ceriakan hari orang yang ingin kamu ajak bicara, biar dia juga jadi semangat nanggepin kamu ngobrol. Pesan yang positif itu pesan yang seperti apa sih? Ya yang isinya baik-baik misalnya “wah cerah banget ya hari ini” atau “eh tas kamu keren banget”.
Jangan pilih pesan-pesan yang negatif seperti “Gila hari ini capek banget nih” atau “itu muka atau sandal refleksi?”. Pesan-pesan negatif tidak akan diterima dengan baik oleh lawan bicara kamu.
Nah itu tadi gimana caranya membuka pembicaraan dengan orang yang tidak kamu kenal. Sekali-kali ngobrol dong kalau di tempat umum. Masa main hp terus.

Contoh Kalimat Cara Memulai Pembicaraan

1. Menurutmu, apa jawaban soal nomor 5 ?
saat = si target sedang duduk dibelakangmu pada jam pelajaran matematika dan sedang meneliti pekerjaannya
2. Kamu sudah nonton film terbaru apa akhir-akhir ini ?
saat = kamu dan si target sedang berdiri bersebelahan saat mengantri tiket
3. Apa tadi kamu liat siapa yang mencetak gol.nya ?
saat = si target berada di dekatmu saat menonton pertandingan sepakbola, dll
4. Lingkunganmu yang dulu seperti apa ?
saat = si target baru saja pindah ke kotamu dan kamu ingin menyapanya
5. Mengapa mereka tidak bisa menyajikan sesuatu yang lebih cepat ?
saat = kamu berada di toko jus, cafe, atau tempat makan lainnya dan si target duduk disebelahmu.
6. Baju yang keren !
saat = kapan saja kau ingin mengajak si target mengobrol
7. Kamu tau dimana ada toko buku di daerah sini ?
saat = kamu sedang ingin mengobrol dengan seseorang di dekatmu (bisa saja kamu ajak dia pergi bersama ke toko buku itu.
semakin lama waktumu untuk mengobrol #jika dia mau menemanimu ke toko buku 😀 )
8. Apakah kau punya 5 lembar uang seribuan ?
(sementara si target sedang mencari-cari, teruslah berbicara)
9. Kamu pernah kesini sebelumnya ?
saat = kamu berada di suatu tempat baru contohnya lokasi wisata, stadion sepak bola, maupun tempat umum lainnya)
10. Handphonemu keren ! tipe apa itu ?
(sambil berbicara condongkan badanmu pada si target dan dia akan menunjukkannya kepadamu #pilihan lain “dia akan
mengira kau pencopet” jagalah sikap dan penamilan. tetap ramah )
11. Biasanya kamu lari berapa jauh ?
saat = kamu berhasil menyusul larinya di stadion dan mungkin sekarang kamu bisa lari satu putaran lagi dengan dia
12. Boleh pinjam pulpen/penghapus/pensil ? (asal jangan kamu bertanya “bolehkan ku pinjam bahumu” dia pasti mengizinkan
#kalau dia benar-benar punya barang yang kamu sebutkan)
13. Sekarang jam berapa ya ?
(paling ampuh dan paling sering digunakan, saat dia menjawab pertanyaanmu katakanlah “jam tanganmu keren” atau “aduh
untung saja, aku kira sudah lebih dari itu” dan katakan mengapa kamu merasa lega)
14. Kok bisa hujan lagi sih ?
(menanyakan cuaca memang seru)
15. Sudah lama disini ?
saat = kamu sedang berada di antrian panjang, halte bus, atau didalam angkutan umum)
16. Aku pernah melihatmu sebelumnya. apa kamu pernah ke ……. ? (sebutkan tempat dimana kamu pernah menemuinya)
pertanyaan kuno ini membuat kamu dan dia saling mengetahui latar belakang masing-masing. dari hobby misalnya
17. Kamu pernah diajar oleh guru itu ?
saat = kamu sedang menerima jadwal pelajaran baru. apabila dia menjawab “iya” lanjutkan pembicaraan seperti “bagaimana
suasana mengajarnya ?”
18. Dimana kamu belajar menggambar sebagus itu ? (atau juga main gitar, lempar cakram, memfoto, dll)
saat = kamu sedang benar-benar melihat dia melakukannya
19. Apa kamu sudah membaca peraturan baru yang ditetapkan sekolah kemarin ?
saat = kamu dan dia sedang berada di kantin, koperasi sekolah, aula, dll
20. Kamu kemarin tidak masuk ya ?
(mengapa kamu tidak membiarkan dia tau bahwa di kelas rasanya lain tanpa kehadirannya)
21. Kamu kakaknya ……  bukan ? (kata kakaknya dapat diubah menjadi yang kau inginkan contohnya teman, adik, saudara, dll)
(isilah titik-titik dengan nama yang memang bersangkutan dengan dia. ucapkan seolah kamu ragu-ragu dan inilah
kesempatan bagi dia untuk bertanya tentang dirimu)
22. Apa kejadian ini tidak mengingatkanmu dengan adegan di …… ?
(isilah titik-titik dengan nama film, buku, dsb)
23. Materi apakah yang diujikan di ujian akhir kemarin ?
saat = esoknya kamu akan menghadapi mata ujian yang kemarin telah dihadapinya

sebagian artikel dikutip dari MBDC

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *