Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Besi, Logam, dan Pakaian

Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Besi, Logam, dan Pakaian

Cara Menghilangkan karat emang gampang-gampang susah. Gampang jika kamu tau tekniknya dan akan terasa susah jika kamu memang tidak punya wawasan / pengetahuan tentang bagaimana cara menghilangkan karat. Karat umumnya menempel pada logam seperti besi. Tetapi ada juga beberapa logam yang bisa berkarat. Untuk menghilangkan karat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar benda berkarat kembali seperti semula.
Berikut tips cara menghilangkan karat dengan mudah. Bisa langsung kamu praktekkan pada pisau, gunting atau benda apapun yang sudah berkarat dan kamu berniat untuk membersihkannya.

Karat Pada Besi

Cara Mudah Menghilangkan Karat

  1. Bila taplak meja makan atau serbet terkena noda karat, gosoklah dengan air jeruk yang diberi garam. Kemudian jemur di bawah terik matahari. Bila telah kering, beri lagi air jeruk. Lakukan terus hingga noda hilang.
  2. Karat yang melekat pada gunting atau pisau dapat dihilangkan dengan merendam benda tersebut di dalam air cuka yang dicampur abu gosok. Sesudah direndam semalaman, gosoklah pisau atau gunting dengan abu gosok kering atau amplas.
  3. Mencegah agar barang logam tidak berkarat ketika disimpan, terlebih dahulu olesilah dengan cairan anti karat. Bahan untuk membuatnya terdiri dari: 15 gr borax, 30 gr phenol liquiefact, 20 gr sol farmaldehya, dan 935 cc aqua. Cara membuatnya: larutkan borax di dalam aqua. Kemudian ke dalam larutan borax tadi masukkan phenol dan formaldehyd. Aduk dan campurlah sampai merata.
  4. Karat gunting dapat dihilangkan dengan merendamnya dalam cairan amoniak berkadar tinggi. Selanjutnya, lap gunting tersebut dengan lap lembab.
  5. Cara sederhana  menghilangkan noda karat pada pakaian: buatlah pasta dari garam dan sari jeruk, lalu oleskan banyak-banyak pada noda karat tersebut. Keringkan pada sinar matahari selama 2 atau 3 jam. Setelah itu dibasuh.
  6. Oleskan sari jeruk pada noda-noda karat pada pakaian sambil merenggangkan pakaian itu kuat-kuat di atas ketel terbuka yang berisi air mendidih. Dengan cara ini, noda karat akan hilang dalam beberapa detik.

Cara Membersihkan Karat Dengan Aluminum Foil

Alumunium foil
  1. Siapkan Alumunium foil secukupnya sesuai besar objek. Makin besar objek yang akan dibersihkan karatnya, maka semakin lebar juga alumunium foil yang disiapkan.
  2. Basahi dengan air secukupnya
  3. Persiapkan bahan berkarat yang akan dibersihkan
  4. Gosokkan Alumunium foil pada permukaan benda yang berkarat
  5. Setelah beberapa saat, karat lenyap dan permukaa benda kembali seperti semula sebelum berkarat.

10 Comments

  1. jangan biarkan kulit keriput, jerawat dan bisul-bisul mengganggu penampilan anda, segera obati dengan gluta drink.
    manfaat susu gluta drink sudah terbukti nyata dan gluta drink yang asli hanya bisa anda dapatkan di
    distributor gluta drink yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *