Cara Riset Keyword Dengan Google Adwords

Cara Riset Keyword Dengan Google Adwords

Bisnis blog memang semakin menjanjikan sekarang ini apalagi dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh internet. Salah satu kesuksesan suatu blog ditentukan oleh banyak tidaknya pengunjung yang datang ke blog Anda setiap harinya atau lebih dikenal dengan sebutan trafik pengunjung. Cara riset keyword dengan Google AdWords menjadi hal yang banyak dicari oleh para blogger pemula. Dengan menggunakan Google AdWords, Anda bisa mencari tahu kata kunci (keyword) apa saja yang paling banyak dicari. Bukan rahasia lagi bahwa cepat tidaknya blog ditemukan di mesin pencari seperti Google tergantung banyak tidaknya kata kunci yang dimasukkan dan sering tidaknya kata kunci tersebut dimasukkan oleh pengguna internet. Tertarik untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda bisa menyimak cara lengkap menggunakannya dibawah ini.

Cara Riset Keyword dengan Google Adwords dengan Beberapa Langkah Mudah

Cara riset keyword dengan Google AdWords yang pertama, Anda harus masuk ke situs google adwords dan melakukan pendaftaran terlebih dahulu atau bisa langsung log in dengan akun gmail Anda.

Langkah kedua, Anda bisa memasukan keyword yang menjadi topik utama blog Anda pada kolom word or phrase. Sebaiknya Anda memasukkan lebih dari satu keyword.

Cara riset keyword dengan Google AdWords 2

Langkah ketiga, Anda bisa mengambil ide keyword yang se-nice dengan topik Anda dari web lain pada kolom website dan memasukkan kategori yang sesuai topik pada kolom category. Tetapi melakukan kedua hal tersebut tidaklah wajib atau bisa diabaikan.

Cara riset keyword dengan Google AdWords 3

Langkah keempat, centang kotak “exact” pada match types di sisi kiri dan ganti tab Ad group ideas (Beta) menjadi Keyword ideas.

Cara riset keyword dengan Google AdWords 4

Langkah kelima, pilih lokasi negara dan bahasa yang Anda target pada kolom  advanced options and filters. Terakhir, Anda klik kolom search atau telusur dan tunggu hingga data keyword muncul.

Cara riset keyword dengan Google AdWords yang dilakukan setelah data muncul adalah mencentang beberapa keyword yang dianggap relevan dengan topik utama blog Anda. Selanjutnya, klik download  dan My Keyword ideas hingga muncul halaman download. Pilihlah format CSV for Excel sebelum didownload. Akan muncul beberapa kolom data, kolom keyword adalah kata kunci yang bisa Anda  pilih dan targetkan. Kolom competition adalah jumlah tingkat persaingan keyword oleh para pengiklan. 3 kolom berikutnya adalah jumlah pencarian dalam berbagai tempat. Sisanya adalah jumlah pencarian selama 12 bulan terakhir.

TIPS RISET KEYWORD

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebelum menerapkan cara riset keyword dengan Google AdWords, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting dalam pemilihan keyword. Pertama, Anda harus memilih keyword yang ditargetkan dengan jelas, lebih baik membuat list-list keyword dahulu. Kedua, Anda harus memilih keyword yang berpotensi memiliki trafik menguntungkan. Ketiga, Anda harus memilih keyword yang memiliki tingkat kompetisi yang bisa Anda taklukkan.

Setelah mendapatkan data dari hasil Google AdWords sebelumnya, Anda juga harus bisa merangkai keyword yang tepat untuk blog Anda agar menghasilkan trafik yang tinggi. Cara yang pertama, Anda bisa menggabungkan 2 keyword pada data dan menjadikannya judul artikel bagi blog Anda. Cara yang kedua, Anda bisa memilih satu keyword pada data dan menambahkan beberapa kata tambahan untuk dijadikan judul artikel di blog.

Demikianlah informasi mengenai Cara riset keyword dengan Google AdWords dalam meningkatkan trafik pengunjung blog beserta beberapa tips dalam membuat keyword untuk blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sedang belajar SEO dan ingin mencoba peruntungan di bisnis blog atau iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *