Cara Setting DVR ke Internet Mudah bisa Dilakukan Sendiri

Cara Setting DVR ke Internet Mudah bisa Dilakukan Sendiri

Cara setting dvr ke internet sangatlah dibutuhkan untuk Anda yang ingin meningkatkan keamanan menggunakan sistem kamera CCTV. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika kita mengintegrasikan kamera CCTV ke internet. Salah satunya adalah Anda dapat melihat rekaman dimana dan kapan saja hanya dengan melalui perangkat mobile ataupun gadget. Kebanyakan masyarakat yang belum paham mengira bahwa melihat rekaman CCTV hanya bisa dilakukan melalui PC. Padahal seiring berkembangnya jaman seperti saat ini, semua hal bisa dilakukan hanya dengan jaringan internet termasuk live video CCTV.

CARA SETTING DVR KE INTERNET

Tak perlu meminta bantuan orang lain untuk melakukannya, Anda yang masih awam pun bisa mengintegrasikan video keamanan CCTV ke internet dengan mengikuti petunjuk yang ada pada buku manual. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan setting DVR ke media internet sendiri, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan.

1 ) Pengaturan IP Addres pada DVR

cara setting dvr ke internet 1

Cara setting dvr ke internet yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menyambungkan DVR pada router. Anda harus menyesuaikan pengaturan antara DNS, Gateway, Port dan Netmask dengan cara mengklik DVR menu. Dipilih Advance config dan kemudian klik Network. Setelah itu, akan muncul tabel yang harus Anda isi dengan benar. Jika sudah diisi, Anda harus mengecek DVR lagi apakah benar-benar sudah tersambung ke PC atau belum. Jika sudah tersambung dengan baik, selanjutnya buka web browser kemudian ketikkan IP milik DVR. IP ini bisa Anda lihat dari buku manual yang diperoleh saat pembelian.

2 ) Pengaturan modem

cara setting dvr ke internet 2

Langkah selanjutnya dalam tata cara setting dvr ke internet adalah melakukan pengaturan pada modem. Perlu diingat bahwa Anda bisa memakai modem apa saja untuk mengintegrasikan antara DVR ke internet, salah satu modem yang bisa digunakan adalah Speedy. Pengaturan modem ini diawali dengan mengetikkan IP DVR pada web browser. Setelah diketik dan klik enter maka akan muncul jendela login pada layar browser Anda. Kemudian diisi kolom yang muncul dengan User serta pasword modem yang digunakan. Apabila sudah terisi, akan muncul pada layar tampilan interface modem.

3 ) Advanced Setup

cara setting dvr ke internet 3

Setelah Anda berhasil login, klik opsi Advanced Setup kemudian pilih Nat di PVC4 yang ada pada layar. Jika opsi tersebut tidak muncul, Anda bisa memilih PVC3, PVC2 atau PVC1. Langkah selanjutnya adalah klik opsi Virtual Server dan langsung diisi kolom yang tersedia mulai dari Rule index dengan angka 1, Application diisi dengan SMTP, Protocol diisi All, hingga Local IP Address.

4 ) Mendaftar DynDNS

Cara setting dvr ke internet 4

Setelah semua kolom diisi dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah mendaftar pada DynDNS. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat DynDNS pada web browser dan klik pada bagian menu login. Kemudian diisi data yang diperlukan termasuk alamat email yang aktif. Selanjutnya ikuti langkah yang diminta hingga selesai. Cara setting dvr ke internet yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan aktivasi melalui email dengan mengklik link yang ditautkan. Lanjutkan dengan mengklik Add host services, dipilih Hostname kemudian CCTV dan Add To Cart dan klik next. Jika sudah pilih Activate Services dan finish.

5 ) DVR internet

Langkah terakhir adalah melakukan pengaturan dari DynDNS ke PC yang Anda miliki dengan mengisi kolom User, Password serta kode verifikasi yang sesuai dengan data saat Anda mendaftar. Pengisian data ini juga berlaku untuk konfigurasi pengaturan DVR internet.

Jika sudah terisi, maka semua live video yang terekam pada kamera CCTV sudah bisa diakses melalui internet. Demikian tulisan mengenai cara setting dvr ke internet, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *