Cara Setting Kalibrasi Touchscreen di Android Kamu

Cara Setting Kalibrasi Touchscreen di Android Kamu

Smartphone yang ada jaman yang serba modern seperti sekarang sudah tidak menggunakan tombol keyboard lagi. Pengoperasian smartphone sudah cukup canggih dengan menggunakan layar sentuh atau yang disebut dengan touchscreen. Dengan dukungan layar sentuh ini, smartphone akan semakin mudah digunakan dan tampil lebih modern. Tetapi sayangnya, tak selalu teknologi canggih memberikan kemudahan. Terkadang, layar sering mengalami masalah kurang responsif. Anda butuh suatu cara setting kalibrasi touchscreen agar kemampuan layar kembali normal dan tepat sasaran. Masalah layar ini biasanya sering menimpa smartphone buatan China. Untuk mengetahui bagaimana mengatasi layar yang kurang responsif, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Setting Kalibrasi Touchscreen yang Simpel dan Bisa Dilakukan Sendiri

Cara setting kalibrasi touchscreen bisa dilakukan dengan dua cara mudah. Cara-cara tersebut bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan tukang service. Kedua cara ini mungkin akan berbeda pada menunya. Tetapi, intinya sama-sama akan memperbaiki kinerja smartphone Anda. Dua cara untuk mengatur kalibrasi touchscreen adalah sebagai berikut.

1 ) Metode Pertama

Cara setting kalibrasi touchscreen yang pertama adalah dengan menggunakan metode horizontal. Kalibrasi Horizontal biasanya ada pada smartphone Samsung. Cara yang dilakukan sangatlah mudah. Pertama-tama, masuklah ke “Pengaturan”, lalu klik “Tampilan”, berikutnya pilih menu “Kalibrasi Horizontal”. Cara ini dilakukan hanya untuk menyejajarkan layar agar bola penunjuk berada di posisi tengah-tengah. Bila Anda sudah merasa cukup pas, Anda tinggal klik “Kalibrasi”. Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa melakukan metode ini sebanyak dua sampai tiga kali.

Cara setting kalibrasi touchscreen 1

2 ) Metode Kedua

Cara setting kalibrasi touchscreen yang kedua dilakukan dengan melakukan dengan sentuhan di area yang ditunjuk memakai tanda “+” atau “x”. Cara kalibrasi semacam ini sangat pas untuk tablet maupun smartphone buatan Cina. Tidak hanya diaplikasikan pada msartphone Android saja, sistem operasi lain seperti Symbian dan Java pun bisa menggunakan metode yang kedua ini. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut. Pertama, pilih menu “Pengaturan”, lalu carilah pengaturan tampilan. Setelah itu masuk ke menu kalibrasi. Anda akan diminta untuk melakukan tap atau klik di area yang terdapat tanda seperti yang telah disinggung di atas. Setelah itu, sama seperti metode yang pertama, lakukanlah metode ini selama beberapa kali sampai performa layar menjadi responsif kembali.

Cara setting kalibrasi touchscreen 2

Ada satu lagi tips yang harus Anda perhatikan ketika melakukan kalibrasi layar. Untuk smartphone Sony, cara kalibrasinya mungkin sedikit berbeda. Perbedaannya ini terletak pada menu pilihan untuk melakukan kalibrasi. Langsung saja bagi pengguna smartphone Sony, Anda bisa memperbaiki layar agar kembali responsif dengan cara pilih “Menu”, lalu masuklah ke “Pengaturan”, pilih “Telepon”. Pilih “Input Sentuh” dan terakhir pilihlah “Kalibrasi Layar Sentuh”. Setelah ini, lakukan proses kalibrasi layar sampai maksimal.

Layar yang tidak responsif tentu akan mempersulit pekerjaan Anda. Misalnya, saat Anda sedang ada keperluan penting untuk SMS seseorang dan ternyata layar tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini tentu saja akan terasa sangat menjengkelkan. Menjaga layar tetap responsif dan tepat sasaran memang menjadi keharusan bagi pemilik smartphone. Oleh karena itu, terkadang Anda harus melakukan kalibrasi pada layar agar fungsi sentuhannya bisa berjalan dengan baik. Akan lebih baik jika Anda melakukan kalibrasi secara rutin. Demikian informasi mengenai cara setting kalibrasi touchscreen yang bisa segera Anda coba. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *